Manfaat Saffron, Rempah Dengan Harga Mahal yang Banyak Khasiat

Saffron
Sumber :
  • Dokumentasi

VIVA – Sejak tahun 2020, saffron sering kali diagungkan sebagai rempah yang kaya manfaat bagi tubuh. Saffron atau bunga saffron adalah sejenis rempah - rempah yang berasal dari bunga Crovus sativus atau bunga pacar. 

Berapa Lama Rata-rata Umur Hidup Orang Indonesia? Ternyata Sampai Angka Ini

Meski harga saffron terbilang cukup mahal, namun tak sedikit yang membeli dan mengkonsumsi saffron secara rutin demi menjaga kesehatan. Bahkan, harga saffron yang berkualitas pernah mencapai 49 juta rupiah hingga 2.2 milliar rupiah per kilonya. 

Bagimana saffron bisa dijual dengan sangat mahal? Harga saffron yang tinggi juga sebanding dengan kandungan yang kaya akan kebaikan. 

Ramalan Zodiak Kamis 18 April 2024: Taurus Alami Krisis Keuangan, Virgo Harus Menjauhi Orang Negatif

Saffron memiliki kandungan utama crocin, crocetin, picrocrotin dan safranal. Selain itu zeaxanthin, likopen, karoten, dan vitamin terutama riboflavin, serta tiamin terkandung pada saffron.

Saffron di Indonesia sendiri tak kalah tenar. Orang berlomba - lomba membeli dan mengonsumsi rempah ini, dan meyakini bahwa manfaatnya untuk tubuh sangat baik. 

Sidak Layanan Kesehatan Usai Libur Lebaran, Pj Wali Kota Tangerang Minta Jam Operasional Ditambah

Berikut 5 Manfaat Saffron :  

a. Mencegah Diabetes

saffron

Photo :
  • U-Report

Penyakit Diabetes atau penyakit kencing manis adalah penyakit yang mengakibatkan terlalu banyaknya kadar gula dalam darah. Penyakit diabetes bisa menyerang siapa saja, tak pandang umur. Nah, mengonsumsi bunga saffron diyakini bisa mencegah penyakit diabetes. 

Saffron memiliki kemampuan untuk meningkatkan sensitivitas dari hormon insulin yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat berguna untuk mencegah risiko penyakit diabetes dan juga pengobati penyakit tersebut.

b. Menyehatkan Wajah

Perawatan wajah

Photo :
  • Pinkvilla

Perawatan untik kulit wajah bisa menghabiskan berjuta - juta agar wajah tetap terawat, kenyal, sehat, bersinar dan hal baik lainnya. Memang benar menjaga dari luar adalah hal yang baik, namun menjaga dari dalam juga akan berefek lebih baik. 

Saffrom memiliki manfaat untuk mencerahkan, menyehatkan, membuat kulit wajah kenyal, melembabkan, menghilangkan kerutan, menghilangkan jerawat dan bekasnya, menghilangkan mata panda, dan manfaat bagus lainnya. 

Hal ini karena kandungan antioksidan yang tinggi serta vitamin c yang tinggi. Tak hanya untuk dikomsumsi, lho. Saffron juga bisa digunakan dari luar, misalnya mencampur saffron dengan masker, menjadikan saffron sebagai face mist, mencampurkan saffron dengan bahan alami lainnya sebagai pencegah jerawat, dan lainnya. 

c. Mengurangi Lemak Dalam Tubuh

Tubuh langsing wanita

Photo :
  • U-Report

Saffron memiliki kemampuan untuk meningkatkan kolesterol naik atau HDL. 

Hal tersebut membuat safron baik untuk kesehatan. Meskipun hanya melalui cerita dari mulut ke mulut, namun tetap dibutuhkan penelitian lebih lanjut oleh para ahli terhadap manfaat saffron yang satu ini.

d. Mengurangi Stress dan Depresi

Ilustrasi Bahagia

Photo :
  • pixabay

Untuk penyakit yang satu ini, saffron dikonsumsi sebagai pil atau dalam bentuk suplemen. 

Suplemen yang terbuat dari saffron alami akan membantu meringankan gejala depresi dan stress karena kandungan alami di dalamnya. 

e. Mengurangi nyeri haid

Ilustrasi sakit perut

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki

Sejak dulu, rempah memang bisa diyakini untuk mengurangi nyeri saat haid salah satunya adalah kunyit. Padahal tak hanya kunyit, saffron pun bisa mengurangi nyeri haid. 

Selain dapat mengurangi nyeri saat haid, manfaat saffron lainnya adalah bisa menjaga perubahan emosional pada perempuan yang sedang mengalami pra menstruation syndrome atau PMS. 

 

Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024