46 Kampus Dunia Tertarik Jadi Mitra IISMA Vokasi

Ilustrasi Beasiswa Pelatihan dan Kesempatan Kerja Developer Muda
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto menyebut ada 46 kampus dunia tertarik menjadi mitra International Student Mobility Awards (IISMA) Vokasi.

Kunjungi Station F di Paris, Anindya Bakrie Ungkap Rencana Bangun Kampus Startup di IKN

“Saat ini sudah ada 46 perguruan tinggi di Australia, Taiwan, Inggris, Korea Selatan, Malaysia, Jerman, dan lainnya yang tertarik untuk menjadi mitra perguruan tinggi vokasi,” ujar Wikan dalam taklimat media di Jakarta, Rabu (18/5).

Dia menambahkan saat ini terdapat 3.175 mahasiswa vokasi yang sudah mendaftar pada program IISMA Vokasi 2022 yang ditutup pada 22 Mei 2022. Wikan berharap program tersebut dapat memantik gairah industri di luar negeri untuk menggaet siswa vokasi di Tanah Air.

Universitas Maranatha Terakreditasi Unggul dan Berkelas Internasional

“Program IISMA ini juga diharapkan menjadi pancingan agar pengiriman mahasiswa vokasi ke luar negeri tidak selalu menggunakan anggaran negara. Program ini berkolaborasi dengan kampus vokasi dunia dan juga industri,” terang dia.

Pada 2021 lalu, sebanyak 50 mahasiswa vokasi telah diberangkatkan ke Hungaria untuk mengikuti program magang atas biaya industri di Hungaria. Melalui program itu,diharapkan terbuka kesempatan mahasiswa vokasi untuk berkuliah di luar negeri.

Kemendikbudristek Ngabuburit Bareng Insan Film di 10 Kampus, Rayakan Kreativitas Film Indonesia

“Mahasiswa vokasi yang mengikuti program IISMA akan tetap mengalami pengalaman pendidikan vokasi di negara lain,” kata Wikan lagi. (antara)

Gedung FMIPA Universitas Indonesia (ui.ac.id)

Daftar 10 Kampus Terbaik Indonesia 2024 Versi SIR, Bisa Jadi Panduan Calon Mahasiswa Baru

Scimago Institutions Rankings (SIR) merilis peringkat kampus terbaik Indonesia 2024. Dalam penentuan peringkat ini, Scimago menilai berdasarkan tiga indikator.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024