12 Kutipan Nabi Muhammad yang Terkenal di Dunia

Nabi Muhammad SAW.
Sumber :
  • republika

VIVAKutipan Nabi Muhammad SAW, di dalam Islam kutipan-kutipan dapat menuntun kamu dan dapat juga kamu jadikan sebagai bentuk nasihat serta pedoman hidup. Kutipan ini memang memiliki sifat yang berguna untuk menyejukkan hati, bahkan dapat memperkuat iman serta taqwa kita kepada Sang Pencipta, yaitu Allah SWT.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

Kutipan dalam Islam tidak hanya datang dari kitab suci nya saja, yaitu Al-Qur’an, tetapi berasal juga dari perkataan dan perbuatan yang dilakukan Rasul Umat Islam, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Kutipan yang berasal dari Nabi tentunya berisikan penuh dengan pesan-pesan untuk umat nya untuk menuntun ke kehidupan yang sesuai dengan ketentuan Allah SWT.

5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Berikut 10 kutipan terkenal yang berasal dari hadis Nabi Muhammad Saw yang Viva kutip dari kanal YoutTube FTD Facts dan berbagai sumber lainnya, ini berguna untuk kamu jadikan sebagai perenungan dan pedoman kehidupan;

  1. "Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu menghapusnya, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang luhur". (HR. Tirmidzi)
  2. "Saad bin Abi Waqqash berkata, 'Aku bertanya kepada Rasulullah SAW, 'Ya Rasulullah, siapakah orang yang paling berat ujian dan cobaannya?' Nabi SAW menjawab, 'Para nabi, kemudian yang menyerupai mereka, dan yang menyerupai mereka. Seseorang diuji menurut kadar agamanya. Kalau agamanya tipis (lemah), dia diuji sesuai dengan itu (ringan), dan bila imannya kukuh, dia diuji sesuai itu (keras). Seorang diuji terus-menerus sehingga dia berjalan di muka bumi bersih dari dosa-dosa". (HR. Bukhari)
  3. "Aku menjamin dengan sebuah istana di bagian tepi surga bagi orang yang meninggalkan debat, meski dia berada di pihak yang benar. Sebuah istana di bagian tengah surga bagi orang yang meninggalkan dusta, meski dia sedang bercanda. Dan istana di bagian atas bagi seseorang yang memperbaiki akhlaknya." - (HR. Abu Daud)
  4. "Barang siapa menahan amarah, padahal dia mampu melakukannya, pada hari kiamat Allah akan memanggilnya di hadapan seluruh makhluk, kemudian Allah menyuruhnya untuk memilih bidadari yang dia sukai." - (HR. Ahmad)
  5. "Sebaik-baik manusia ialah orang yang senantiasa mengingat Allah, dan seburuk-buruk manusia adalah orang yang suka mengadu domba, suka memecah belah antara orang-orang yang saling mengasihi, suka berbuat zalim, suka mencerai-beraikan manusia, dan selalu menimbulkan kesusahan". (HR. Ahmad)
  6. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - (HR. Muslim)
  7. "Tidaklah suatu kegalauan, kesedihan, kebimbangan, kekalutan yang menimpa seorang mukmin atau bahkan tertusuk duri sekalipun, melainkan karenanya Allah akan menggugurkan dosa-dosanya". (HR Bukhari dan Muslim)
  8. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan". (HR Tirmidzi)
  9. "Barangsiapa membaca Al-Qur'an dan mengamalkan isi kandungannya, maka kedua orangtuanya akan dipakaikan mahkota pada hari kiamat, yang sinarnya lebih terang daripada cahaya matahari jika sekiranya matahari itu berada di rumah-rumah kamu di dunia ini. Bagaimana menurut perkiraan kalian mengenai orang yang mengamalkannya sendiri?" (HR Abu Daud)
  10. "Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan laksanakanlah urusan akhiratmu seakan-akan kamu akan mati besok". (HR. Ibnu Asakir)
  11. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat berkah dan keberuntungan." - (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)
  12. "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu." - (HR Muslim)
MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar, Istana: Mari Bersatu Kembali Wujudkan Indonesia Lebih Baik

Nah itulah 12 kutipan Nabi Muhammad yang dapat kamu jadikan pedoman ketika kamu sedang terpuruk atau bahkan di dalam keadaan-keadaan yang membuat kalian membutuhkan pencerahan. Semoga bermanfaat?

Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024