4 Peserta UTBK-SBMPTN 2022 Terindikasi Lakukan Kecurangan

Ilustrasi suasana pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022
Sumber :
  • antara

VIVA – Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menemukan sebanyak empat peserta yang terindikasi melakukan kecurangan pada hari kedua pelaksanaan UTBK.

5.012 Peserta Ikuti UTBK Seleksi Mandiri Unimed

“Hari ini, kami temukan empat peserta yang terindikasi melakukan kecurangan dengan membawa peralatan yang membantunya dalam mengerjakan soal saat ujian,” ujar Ketua Pusat UTBK UNJ, Prof Suyono, di Jakarta, Rabu (18/5).

Dia menambahkan keempat peserta tersebut berasal dari luar daerah dan memilih program studi kedokteran. Keempat peserta tersebut menggunakan alat yang digunakan untuk berkomunikasi. Alat tersebut diletakkan di telinga.

1.861 Peserta Ikut Seleksi UTBK SMM PTN Barat 2023 Digelar di USU

“Alatnya melekat pada tubuh saja, saya tidak tahu persis bagaimana alat itu bekerja. Akan tetapi alat tersebut digunakan untuk berkomunikasi,” kata Suyono.

Peserta yang ketahuan menggunakan alat komunikasi tersebut, diminta untuk keluar dan tidak diperbolehkan mengikuti ujian. Keempat peserta itu juga diminta untuk menandatangani berita acara.

Unimed Buka Seleksi Mandiri 2023, Kuota Penerimaan 1.704 Kursi

Pihak penyelenggara sendiri telah melaporkan peristiwa tersebut ke Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). UTBK 2022 diselenggarakan dengan dua gelombang.

Gelombang pertama yakni 17 Mei hingga 23 Mei 2022 untuk gelombang I dan 28 Mei hingga 3 Juni untuk gelombang dua. UTBK merupakan persyaratan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang merupakan salah satu jalur masuk ke PTN.  (antara)

Rektor Unimed Prof. Dr. Syamsul Gultom.

1.844 Peserta Lulus Jalur UTBK SM-Unimed 2023

Pembelajaran di Unimed akan dimulai pada 21 Agustus 2023.

img_title
VIVA.co.id
22 Juli 2023