Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM 2022-2027

Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM 2022-2027
Ova Emilia Terpilih Jadi Rektor UGM 2022-2027
Sumber :
  • Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA – Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Ova Emilia terpilih menjadi Rektor UGM Periode 2022-2027. Ova terpilih untuk menggantikan Panut Mulyono sebagai Rektor UGM dalam pemilihan yang digelar di Balai Senat UGM pada Jumat 20 Mei 2022.

Dalam pemilihan Rektor UGM ini, Ova unggul jauh dalam perolehan suara atas dua calon lainnya yaitu Deendarlianto dan Bambang Agus Kironoto yang keduanya berasal dari Fakultas Teknik UGM.

Dari 25 suara yang diperebutkan, Ova unggul telak dengan meraih 21 suara. Sementara Deendarlianto meraih 3 suara dan Bambang Agus mendapatkan 1 suara.

"Selamat atas terpilihnya Ova Emilia dengan suara terbanyak pada pemilihan Rektor ini," kata anggota Majelis Wali Amanat UGM yang juga Mensesneg Pratikno.

Pratikno menerangkan bahwa Ova akan dilantik pada 27 Mei 2022 mendatang. Hal ini dikarenakan masa jabatan Panut Mulyono sebagai Rektor UGM akan habis pada 28 Mei 2022.

Pratikno berharap dengan terpilihnya Ova akan banyak lompatan-lompatan kemajuan untuk UGM. Pratikno juga berharap agar Ova menjalin kerjasama dengan calon Rektor lainnya.

"Kami sangat berharap Prof. Ova untuk dapat memimpin UGM dan membuat banyak lompatan kemajuan ke depan. Kami sarankan kepada Prof. Ova untuk bekerjasama memanfaatkan ide dan gagasan dari calon Rektor yang lain," tutur Pratikno.

Dalam pemilihan Rektor UGM ini selain Pratikno hadir pula sejumlah menteri kabinet Presiden Jokowi lainnya. Diantaranya adalah Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.