Untan Pontianak Bangun Pembangkit Tenaga Surya 1,5 MWP

Kegiatan peletakan batu pertama pembangkit tenaga surya di Untan Pontianak
Sumber :
  • antara

VIVA – Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menghadirkan pembangkit listrik tenaga surya sebesar 1,5 MWP di kampus terbesar di Kalimantan Barat tersebut yang ditandai dengan kegiatan peletakan batu pertama.

"Pembangunan tenaga listrik surya di Untan Pontianak ini merupakan yang ke-10 namun pembangunan di kampus ini menjadi yang terbesar di Indonesia," ujar Direktur Komersial, SUN Energy, Dion di Pontianak, Sabtu (21/5).

Ia juga menjelaskan pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di Untan Pontianak tersebut dapat memotivasi pembangunan di universitas - universitas lainnya di Indonesia.

"Ini menjadi motivasi kampus di Indonesia termasuk di Kalimantan Barat juga hadirkan pembangkit listrik tenaga surya," papar dia.

Sementara itu, Rektor Untan Pontianak, Garuda Wiko dalam kesempatan peletakan batu pertama mengatakan  hadirnya pembangkit listrik tenaga surya bisa menjadi laboratorium sendiri yang akan dirawat oleh mahasiswa.

"Sehingga hal itu juga dapat mendukung Untan Pontianak sebagai tuan rumah dari program kuliah kerja nyata dari merdeka belajar kampus merdeka," ujarnya.

Ia menjelaskan Untan Pontianak sengaja dipilih menjadi universitas penerima kapasitas terbesar karena Pontianak melewati jalur khatulistiwa serta wilayah Untan juga masih sangat luas. Kelebihan dari ini dapat digunakan energi untuk di kampus serta masyarakat sekitar.

"Untan kan terus berusaha untuk memastikan dapat menjadi mata air pembangunan bangsa," ucapnya. (antara)

Dugaan Adanya Dosen jadi Joki Mahasiswa S2, FISIP Untan Bikin Tim Investigasi
Kampus Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura Pontianak. (Istimewa)

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Salah satu dosen Untan yang nilainya dipalsukan meminta Rektorat membuka secara transparan pelanggaran kode etik berat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024