Simak 7 Aplikasi Translate yang Bisa Membantu Keseharian Penggunanya

Aplikasi Google Translate.
Sumber :
  • Engadget

VIVA – Aplikasi translate, bagi pengguna smartphone bukanlah sesuatu yang asing. Saat ini, translate atau menerjemahkan sebuah bahasa ke bahasa lainnya bukanlah perkara yang sulit. Justru, semakin mudah dengan adanya aplikasi translator. 

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Berlomba - lomba para inventor membuat dan selalu memperbaharui aplikasi translate yang disediakan, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Berikut 7 aplikasi translate yang bisa digunakan di smartphone : 

Google Translate

Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Google Translate adalah aplikasi penerjemah paling populer di dunia. Rasanya hampir semua pengguna smartphone pasti pernah mengakses aplikasi Google Translate untuk mengartikan suatu bahasa ke bahasa yang lainnya.

Selain bisa menerjemahkan lebih dari 100 bahasa dengan cara mengetik pada kolom translate, aplikasi ini juga memungkinkan para pengguna menerjemahkan 59 bahasa saat offline, 94 bahasa dengan input dari kamera, dan 96 bahasa dengan tulisan tangan. Tak heran memang, jika Google Translate masih menempati posisi pertama aplikasi translate. 

Daftar Lengkap Harga HP Samsung per 16 April 2024

Microsoft Translator

Microsoft Translator menawarkan dua versi yaitu business dan personal. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai software di smartphone, seperti Windows, iOS, dan Android.

Microsoft Translator dapat membantu para penggunanya untuk menerjemahkan gambar, tangkapan layar, teks, dan terjemahan suara untuk lebih dari 60 bahasa. Selain itu, terjemahan dapat diunduh dalam bentuk dokumen dan dapat pula dibaca secara offline.

Microsoft Translator menawarkan integrasi dengan aplikasi Microsoft lainnya seperti MS Office dan Skype, bahkan Microsoft Translator juga tersedia dan dapat tersambung ke smartwatch. 

Bing Translator

Salah satu aplikasi pesaing Google, yaitu Bing juga tak mau kalah dengan mengeluarkan aplikasi translate yang diberi nama Bing Translator. Bing Translator menjadi layanan penerjemah terbaik selain Google Translate bahkan beberapa pengguna menyebutkan lebih unggul Bing Translator. Ini karena keakuratan Bing Translator dalam menerjemah lebih memadai dan tepat dalam beberapa kasus penerjemahan, dibanding Google Translate.

Keunggulan Bing Translator lainnya adalah, pengguna dapat memasukkan URL dari sebuah situs yang ingin diterjemahkan. Hal ini tentu lebih praktis dan mudah untuk dilakukan.

ITranslate

Aplikasi translate selanjutnya adalah aplikasi iTranslate yang dikembangkan oleh perusahaan Sonico Mobile. Aplikasi ini membantu para pengguna untuk menerjemahkan teks, situs web atau kata - kata pencarian dengan makna bahkan konjugasi kata kerja lebih dari 100 bahasa.

Aplikasi iTranslate bisa dinikmati untuk semua pengguna software seperti Windows, iOS, Mac, Google Play, bahkan Kindle fire. Aplikasi translate ini merupakan software yang dapat menerjemahkan apa pun hanya dengan mengetik teks atau ucapan voice-to-voice. Namun, untuk mengakses fitur - fitur lengkap lainnya, pengguna harus mengupgrade ITranslate ke aplikasi berbayar. 

Naver Papago

Aplikasi translate Naver Papago mendukung setidaknya 13 bahasa dengan tingkat translate yang hampir sempurna seperti Korea, Jepang, Cina, Spanyol, Inggris, dan masih banyak lagi dan sangat mudah untuk dipahami.

Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini bisa menerjemahkan teks, gambar, suara, tulisan tangan, dan juga dari situs web. Aplikasi yang berasal dari Korea ini mendapatkan rating 4,6 dari 5. Cukup tinggi, kan? 

UDictionary

UDictionary menjadi salah satu aplikasi penerjemah terbaik saat ini, yang mana rating yang didapat adalah 4,7 dari 5. Aplikasi translate ini sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna smartphone dari seluruh dunia. 

Salah satu nilai jual dan menjadi favorit dari aplikasi translate ini adalah tersedianya kamus Oxford dalam 12 bahasa dan 58 bahasa terjemahan offline. Jadi, selain pengguna bisa menerjemahkan bahasa, juga bisa sambil melihat arti dan sinonim dari kata yang hendak diterjemahkan. Sangat menarik, bukan? 

Reverso Translate and Learn

Aplikasi translate selanjutnya adalah Reverso Translate and Learn. Namanya mungkin masih asing namun fitur - fitur yang ditawarkan aplikasi ini tak kalah lengkap. 

Para pengguna bisa menerjemahkan kata atau kalimat, melihat sinomim kata, konjungsi, bahkan hingga saran kata yang lebih baik digunakan pada sebuah kalimat. Hal ini tentunya sangat membantu pengguna.

Nah, di atas adalah 7 aplikasi translate yang dirangkum versi Viva.co.id. Semua aplikasi memiiliki keungguan masing – masing. Baiknya, sebelum mengunduh, perhatikan kapasitas dan kesanggupan smartphone terlebih dahulu. 

Ilustrasi aplikasi di smartphone

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

Dua HP (smartphone/ponsel pintar) terendus akan meluncur pada pekan ini atau dua minggu usai Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024