Cara Membuat Google Drive dan Mengenal Beragam Fungsinya

Google Drive
Sumber :
  • Tangkap layar

VIVA – Google drive, sebagai pengguna google kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan satu ini, seperti yang sama-sama kita ketahui google menyediakan berbagai layanan yang memiliki keterkaitan satu sama lain antar layanan tersebut, hal ini dibuat untuk mempermudah para penggunanya untuk tersinkronisasi dengan bermacam layanan yang dimiliki google.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Google drive sendiri adalah salah satu layanan dari google yang dibuat untuk memudahkan pengguna menyimpan berbagai macam file dengan basis online, file yang dapat disimpan di layanan ini juga cukup beragam.

Membuat google drive mungkin dapat menjadi alternatif jika kamu ingin menyimpan file dengan aman, di sini kamu dapat menyimpan dokumen, foto dan video di internet melalui google drive.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

Google menyediakan gratis 15GB kepada para pengguna, kamu juga dapat menentukan ukuran kapasitas sesuai keinginanmu, jika kamu ingin menambah kapasitas yang diberikan, tentu ada biaya yang harus kamu keluarkan.

Namun bagi kamu yang masih belum mengetahui tentang google drive dan ingin mencoba layanan ini, berikut  cara membuat google drive dengan mudah:

Momen Lebaran, Bos Pos Indonesia Tegaskan Nonstop Layani Transaksi Masyarakat

Masuk ke akun google drive

  1. Pertama kamu buka browser, lalu login di alamat accounts.google.com/signin, masukan email dan kata sandi akun gmailmu.
  2. Kemudian buka alamat https://www.google.com/intl/in/drive/
  3. Klik buka drive untuk membuat akun google drive kamu. Dan kamu akan dibawa ke halaman google drive milikmu

Jika kamu ingin upload file berikut caranya:

  1. Klik + Baru. Menu ini terletak dibagian paling kiri atas
  2. Pilih upload file untuk memilih file yang ingin kamu unggah
  3. Pilih file yang tersimpan di dokumen komputer atau ponsel kamu, kemudian tekan open atau ok
  4. File berhasil di unggah. Mungkin akan memakan waktu agak lama jika kamu mengunggah file dengan kapasitas besar.

Selain menyimpan file, apa saja fungsi google drive?

Tahukah kamu, fungsi google drive sendiri tidak hanya untuk menyimpan file. Ada beberapa fungsi lain yang dimiliki oleh layanan google drive tersebut. Beberapa fungsi mungkin sudah kamu ketahui, namun ada juga yang mungkin belum kamu ketahui. berikut fungsinya dilansir dari berbagai sumber:   

Berbagi file

Selain dapat digunakan untuk berbagi file, layanan google drive dapat kamu gunakan juga untuk berbagi file, kamu dapat berbagi file tertentu kepada satu orang atau beberapa orang, atau kamu juga dapat membuka file tersebut secara umum agar orang dapat melihat file yang kamu bagikan.

Mengedit file

Fungsi ini jarang diketahui banyak orang, google drive menyediakan layanan edit file yang dapat kamu gunakan untuk mengedit power point, excel, dan word. Untuk prosesnya kamu cukup pilih file yang perlu kamu edit, kemudian buka file dengan layanan serupa, misalnya kamu memilih word maka kamu akan diarahkan menggunakan google docs, dan menariknya hasil editan kamu akan otomatis tersimpan di google drive.

Menyimpan link

Fitur lain yang juga jarang diketahui dan pastinya akan menjadi keuntungan jika kamu mengetahuinya, cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan memasang ekstensi di akun google drive kamu. Klik ikon segitiga yang terdapat di browser untuk menyimpan link yang tengah kamu buka saat itu, kemudian klik kanan pilih ‘save link to google drive

Backup chat whatsapp

WhatsApp.

Photo :
  • Unsplash

Layanan yang satu ini juga dapat digunakan sebagai backup akun whatsapp kamu. Artinya kamu dapat mencadangkan chat dan media yang ada di whatsApp pada akun google drive. Jadi ketika kamu mengganti ponsel, atau ponsel kamu rusak, tentunya riwayat chat dan media yang ada di whatsapp tidak akan hilang.

Keamanan google drive

File yang kamu simpan pada layanan google drive akan disimpan pada pusat data yang aman, sekalipun ponsel atau laptop kamu hilang, kamu tetap dapat membuka file yang telah kamu simpan di google drive. 

Ilustrasi Google.

Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel

Google telah memecat 28 karyawan yang berpartisipasi dalam protes perang Gaza pada hari Selasa 16 April 2024 di fasilitasnya

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024