Eduversal Gelar Pelatihan Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah

Sosialisasi program Development of Teaching Proficiency (DTP) di Medan
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Yayasan Eduversal Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Fatih Indonesia menggelar sosialisasi sekaligus pembukaan program Development of Teaching Proficiency (DTP) jenjang Sekolah Dasar di Medan yang dilaksanakan dari tanggal 17 - 20 Mei 2022.

Terbongkar Guru Ngaji di Lampung Cabuli 32 Murid, Begini Kronologinya

DTP adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi para guru dan Kepala Sekolah. Acara ini merupakan implementasi dari Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek). 

Acara DTP dimulai dengan sosialisasi dan pembukaan yang diselenggarakan di Hotel Grand Inna Medan, Sumatera Utara. Mujiono, S.E. sebagai perwakilan Dinas Pendidikan Kota Medan, dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/5),  turut mengapresiasi penyelenggaraan DTP di Kota Medan dan berharap bahwa Program Organisasi Penggerak dapat terlaksana dan menimbulkan dampak yang baik di dunia pendidikan.

Guru Ngaji di Lampung Cabuli Puluhan Muridnya, Kerap Bagikan Video Porno

Senada dengan itu, Bilman Gultom, S.pd., M.pd. selaku Pendamping Lapangan POP meyakini bahwa acara sosialisasi Program DTP POP Medan dapat terimplementasi dengan baik dengan kerjasama dan koordinasi semua pihak.

RS Dwi Prajitno Wibowo perwakilan dari Eduversal dalam sambutannya mengatakan bahwa DTP POP adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dengan tujuan agar organisasi-organisasi non-pemerintah memberikan sharing positif kepada lingkungan, maka dalam hal ini Yayasan Eduversal menyelenggarakan program DTP agar dapat menularkan pengalaman positif selama puluhan tahun yang telah dilakukan dengan sekolah-sekolah mitra Eduversal kepada guru-guru sekolah target sasaran POP.

Bus Rombongan SMP PGRI 1 Malang Kecelakaan di Tol Jombang, Guru dan Kernet Tewas

Karena itu, menurut Sabar Risdadi, perwakilan dari Yayasan Fatih Indonesia, bahwa program DTP memiliki keunggulan dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar sehingga memungkinkan untuk diterapkan oleh para guru dan kepala sekolah di sekolah mereka masing-masing.

Selanjutnya acara DTP digelar di sekolah Prestige Bilingual School selama tiga hari dari tanggal 18 - 20 Mei 2022 bertempat di SD Prestige Bilingual School dan melibatkan 20 peserta guru dan 10 peserta kepala sekolah dari 10 sekolah sasaran se-kota Medan.

Selain itu, materi yang dibawakan dalam kegiatan DTP ini antara lain: Kepemimpinan dalam Pendidikan Era 4.0 dan Schoolwide Enrichment Model for Reading (SEM-R) untuk kepala sekolah dan materi tentang Social Emotional Learning (SEL) dan Schoolwide Enrichment Model for Reading (SEM-R) untuk guru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya