UT Terapkan RPL untuk Capai Minimal 500.000 Mahasiswa

Universitas Terbuka
Universitas Terbuka
Sumber :
  • Twitter@Universitas Terbuka

VIVA – Universitas Terbuka (UT) menerapkan sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk mencapai target Angka Partisipasi Kasar (APK) yang sudah ditetapkan.

“Dengan adanya RPL diharapkan dapat mencapai target minimal 500.000 mahasiswa,” ujar Wakil Rektor IV Universitas Terbuka (UT) Rahmat Budiman PhD dalam taklimat media di Kampus UT, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (24/5).

Dia menjelaskan, dengan adanya sistem RPL atau alih kredit diharapkan dapat menarik minat lulusan SMA/SMK untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

RPL merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal maupun pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal. Aturan terkait RPL tersebut tertuang dalam Permenristekdikti Nomor 26 Tahun 2016.
 

RPL tersebut bertujuan memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk masuk dalam sistem pendidikan formal atau disetarakan dengan kualifikasi tertentu berdasarkan pada pendidikan formal, nonformal informal maupun pengalaman kerja.

“Data BPS, ada setidaknya 3,6 juta lulusan SMA/SMK sederajat pada tahun ini. Ini yang menjadi target kita karena banyak dari mereka tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi,” kata dia.

Dia memberi contoh salah seorang mantan atlet nasional Chandra Wijaya dengan prestasinya sebagai peraih medali emas bulu tangkis ganda putra pada Olimpiade Sydney.