Penerimaan Mahasiswa Baru UI Jalur Prestasi Tutup 4 Juni 2022

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia
Sumber :
  • ui.ac.id

VIVA – Universitas Indonesia (UI) membuka jalur penerimaan mahasiswa baru bagi siswa/siswi yang lulus di Tahun 2022 untuk mengikuti seleksi masuk UI melalui jalur prestasi.

"Jalur prestasi ini merupakan skema penerimaan mahasiswa baru UI untuk lulusan SMA/sederajat yang memilih program pendidikan S1 reguler dengan menggunakan nilai rapor dan sertifikat prestasi," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya di Depok, Jawa Barat, Jumat (27/5).

Amelita menjelaskan untuk pendaftaran jalur prestasi ini telah dibuka pada 12 Mei 2022 dan akan berakhir sampai dengan 4 Juni 2022 melalui tautan https://penerimaan.ui.ac.id/.

"Ada lima bidang jenis prestasi yang diterima dalam jalur prestasi, yakni sains dan teknologi; ilmu kesehatan; ekonomi dan kewirausahaan; seni, bahasa, literasi dan keagamaan serta olahraga," katanya.

Lebih lanjut Amelita mengatakan bagi yang memiliki prestasi di bidang sains dan teknologi dapat memilih program studi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Teknik (FT), dan Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM).

Lalu untuk yang memiliki prestasi di bidang kesehatan, dapat memilih program studi dari Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), Fakultas Farmasi (FF), dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM).

Sementara itu, siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang ekonomi dan kewirausahaan, dapat memilih program studi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA).

Bagi yang memiliki prestasi di bidang seni, bahasa, literasi, dan keagamaan, dapat memiliki program studi dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Hukum (FH), dan Fakultas Psikologi.

"Jenis prestasi yang akan menjadi bahan pertimbangan saat proses seleksi adalah minimal penerima medali perunggu atau juara tiga di kejuaraan kompetisi tingkat nasional dan internasional," tutur Amel.

Menurut dia, prestasi yang diperoleh merupakan prestasi yang diterima saat masih menjadi siswa/siswi aktif SMA/sederajat selama tiga tahun terakhir. Sertifikat kejuaraan yang diperoleh diperlukan dalam syarat untuk pendaftaran.

Persyaratan lainnya adalah pendaftar memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi.

Pendaftar mengunggah scan rapor (halaman data diri dan nilai pengetahuan semester 1 sampai semester 5) dan sertifikat bukti prestasi dalam bentuk file PDF dengan maksimal 2 MB. Pendaftaran jalur prestasi gratis, peserta tidak dipungut biaya.

"Bagi yang telah mendaftar, hasil seleksi dapat dilihat pada 24 Juni 2022. Setelah itu, dalam prosesnya nanti akan ada tahapan wawancara oleh fakultas," demikian Amelita. (antara)