PSBI akan Gelar Pelestarian dan Edukasi Budaya Batak

PSBI akan Gelar Pelestarian dan Edukasi Budaya Batak
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Organisasi Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) kembali akan menggelar acara pelestarian Bolon Simbolon  yang ke-4 tahun  2022 di Pulau Dewata, Bali.

Kearifan Masyarakat Bali Sejalan dengan Semangat World Water Forum ke-10

Ketua umum PSBI Effendi M.S. Simbolon mengatakan jumlah peserta yang akan datang nantinya akan mencapai 7 ribu orang lebih. Mereka akan berangkat dari berbagai penjuru Nusantara, khususnya dari Samosir, Sumatera Utara.

"Mereka akan naik bus, ada kapal juga ada yang naik pesawat,” tutur Effendi saat jumpa pers di Gedung Serba Guna DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (31/5).

Agussani Kembali Dilantik Sebagai Rektor UMSU, Ini Pesan Ketum PP Muhammadiyah

Effendi Simbolon juga menegaskan bahwa Kongres PSBI akan dihadiri oleh seluruh pengurus pusat dan pengurus wilayah se-Indonesia. Jumlahnya pesertanya adalah 1.000 orang dari 149 wilayah.

Dalam rapat akan dilaksanakan rapat kordinasi pengurus wilayah. Sedangkan untuk kegiatan Pesta Bolon IV, kegiatan akan terpusat di Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan Pantai Kuta.

Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam

"Kami berjalan harmonis karena berdomisili rantau jadi beradaptasi dengan budaya setempat, itulah asimilasi kami khususnya simbolon,” jelas Effendi.

Effendi juga menegaskan acara ini tidak akan ada kaitannya dengan politik, tapi semata untuk budaya. "Selain mengenalkan budaya Batak juga untuk merangkul kekeluargaan keturunan Simbolon dari seluruh penjuru Indonesia dan yang tinggal di luar negeri," ucap Effendi.

Effendi juga mengatakan, dalam acara ini pihaknya turut mengundang Presiden Joko Widodo. “Mudah-mudahan beliau tidak sibuk. Karena tanggal 1 Juli, ia kebetulan juga ada di Bali menghadiri suatu acara," ucapnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo juga pernah hadir di acara lima tahunan Budaya Batak ini pada pada 2017 yang digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta Selatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya