4 Cara Pertama Selamatkan Diri saat Hanyut di Sungai

Sungai Aare
Sumber :
  • bern.com

VIVA – Berenang di sungai merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan. Air sungai yang sejuk dengan pohon rindang di sekeliling membuat aktifitas alam ini menjadi pilihan banyak orang. Namun, berenang di sungai juga memiliki kekurangan yaitu tubuh bisa hanyut di sungai karena arus sungai yang besar dan sulit diprediksi. 

Terungkap, Penyebab Tewasnya Wanita Muda yang Ditemukan Mengambang Di Kali Mookervart Cengkareng

Nah, untuk berjaga - jaga, sebelum memutuskan untuk berenang di sungai, simak 4 cara untuk menyelamatkan diri saat merasa akan hanyut di sungai : 

Raih Suatu Benda di Sekitar Sungai

Warga Dikejutkan Penemuan Mayat Bayi Laki-laki di Kali Cikeas

rute arung jeram Sungai Aare dari Thun ke Bern

Photo :
  • bern.com

Ketika merasa akan hanyut dan mulai terbawa arus, meski susah, usahakan diri tetap tenang. Cara pertama menyelamatkan diri saat hanyut di sungai adalah dengan meraih sesuatu atau benda apa pun di sekitar sungai. 

Polisi Sebut Wanita yang Ditemukan Tewas di Dermaga Pulau Pari Kerja Open BO

Usahakan tubuh terlentang atau menghadap ke atas agr mempermudah cara ini. Amati keadaan sekitar dan cobalah untuk meraih atau menjangkau benda apa pun yang ada di sekitar sungai. Misalnya coba lah raih dahan pohon atau daun yang panjang. Setelah berhasil meraih benda tersebut, cobalah tarik diri kearah benda tersebut hingga berhenti terhanyut.

Jangan Mencoba Melawan Arus

Ilustrasi bakat berenang.

Photo :
  • U-Report

Hal ini banyak dilakukan karena berfikir dengan berenang melawan arus, maka tubuh akan bisa kembali maju ke titik awal. Hal ini adalah salah. Karena, melakukan cara tersebut malah akan membuat energi tubuh makin terkuras dan memperparah kondisi hingga akhirnya tenggelam. 

Hal ini juga sia - sia karena tubuh sangat sulit untuk melawan arus sungai sehingga dapat menyebabkan tubuh berputar-putar di air dan bisa menyebabkan tenggelam. 

Usahakan Kepala Tetap Berada di Atas Air

Ilustrasi kolam renang/berenang.

Photo :
  • Pixabay/Pexels

Ini adalah bagian yang terpenting, yaitu usahakan agar kepala tetap berada di atas permukaan air. Hal ini bisa membantu agar air tidak masuk ke dalam mulut dan malah akan membuat tenggelam. 

Menurut para ahli, pelampung di paru paru manusia bisa menampung air sebesar 6 liter. Jadi, jika seseorang tidak terminum terlalu banyak air, maka ia tak akan tenggelam. Mengapung dengan wajah menghadap ke atas juga bisa membantu. Dengan ini, lakukan teriakan untuk meminta tolong sebesar mungkin. Jadi, usahakan agar kepala selalu berada di atas. 

Berenang Secara Diagonal

Berenang Diagonal

Photo :

Cara terakhir adalah dengan berenang secara Diagonal. Berenang secara diagonal atau secara miring 30 derajat dinyatakan bisa menyelamatkan diri ketika terseret arus atau hanyut di sungai beraliran yang deras. Disebutkan, berenang dengan cara ini akan membantu untuk mencapai ke pinggir sungai.

Seperti pada bagian pertama disebutkan, jangan panik dan cobalah berenang secara perlahan secara diagonal menuju pinggiran sungai. Ingat untuk tidak berenang secara horizontal karena dapat menyebabkan tubuh berputar - putar dan bisa memperparah kondisi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya