UIN Surabaya Punya Rektor Baru, Ini Rekam Jejaknya

Wasekjen PBNU Akhmad Muzakki Dilantik Jadi Rektor Baru UIN Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kini punya rektor baru. Namanya Akhmad Muzakki. Dia resmi menggantikan Masdar Hilmy sebagai Rektor UINSA sebelumnya setelah dilantik oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di kantor Kementerian Agama, Jakarta, pada Senin, 6 Juni 2022.

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Muzakki lahir di Sidoarjo pada 9 Februari 1974 silam. S1-nya diselesaikan di Fakultas Tarbiyah UINSA Surabaya. Dia juga menamatkan diri di Graduate Diploma in Southeast Asian Studies dari Fakultas Asian Studies The Australian National University (ANU) Canberra, Australia. Setelah itu dia mengabdi di UINSA.

Karier akademik suami dari Erna Mawati mulus. Gelar guru besarnya di bidang Sosiologi Pendidikan diraih pada tahun 2015 dalam usia relative muda, 37 tahun. Sebelum jadi rektor, Muzakki diamanahi tugas sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UINSA dari tahun 2018 hingga 2022.

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Di luar dunia akademik, Muzakki juga aktif di beberapa organisasi. Saat menempuh studi di Negeri Kanguru, dia mengaktifkan diri menjadi pengurus di Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama Australia. Pulang dari sana, dia menjadi Ketua PW LP Maarif NU Jawa Timur. Dia kemudian menjadi Sekretaris PWNU Jatim dan kini menjadi Wakil Sekretaris Jenderal PBNU.

Muzakki mengaku apa yang diraihnya sekarang tak lepas dari gemblengan madrasah. “Saya dari kecil sekolah di madrasah. Zaman dulu mana ada madrasah yang keren, hingga kuliah di UINSA, dulu masih IAIN. Karena tidak keren itu, saya diejek dan dicibir, mana mungkin bisa sekolah tinggi, sekolahnya saja tidak mutu. Tapi itu membuat saya termotivasi untuk terus belajar,” tutur putra dari pasangan Imam Syafii  dan Zulaicha itu.

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras

Justru karena dicibir itulah semangat belajar Muzakki kian terpompa. Alhasil, beasiswa pun dia peroleh selama kuliah. “Madrasah yang mengajari saya bagaimana menjadi individu yang pinter dan benar sebagai kerangka kesempurnaan seorang hamba yang ideal," tandasnya.

Gedung Kampus UNU Gorontalo. (Foto: UNU Gorontalo).

Rektor UNU Gorontalo Resmi Dilaporkan Polisi atas Kasus Dugaan Pelecehan Seksual

Kasus dugaan pelecehan yang dilakukan rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo, Amir Halid kini terus berlanjut dan belasan korbannya sudah melapor ke Polisi.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024