Niat Puasa Ayyamul Bidh, Pahalanya Seperti Puasa Setahun Penuh

Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta
Kegiatan Bulan Puasa Ramadan di Mesjid Istiqlal Jakarta
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Puasa Ayyamul Bidh merupakan puasa sunah yang sangat dianjurkan Rasulullah selain berpuasa Senin-Kamis dan Puasa Daud.

Puasa Ayyamul Bidh biasanya berada di pertengahan bulan Hijriah, lebih tepatnya pada tanggal 13, 14, dan 15 kecuali pada hari tasyrik di tanggal 13 Zulhijjah.

Tahun 2022, tepatnya pada bulan juni ini dapat dilakukan puasa Ayyamul Bidh di bulan Hijriah yaitu bulan Dzulqaidah 1433 Hijriah.

Rasulullah bahkan menganjurkan Puasa Ayyamul Bidh yang disebutkan di dalam riwayat Bukhari dan Muslim. Rasulullah SAW menganjurkan untuk umatnya tidak meninggalkan puasa tiga hari setiap bulannya.

“Kekasihku (yaitu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam) mewasiatkan kepadaku tiga nasihat yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati: [1] berpuasa tiga hari setiap bulannya, [2] mengerjakan shalat dhuha, [3] mengerjakan shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari).

Bahkan beliau berwasiat kepada sahabatnya Abu Darda RA.:

"Rasulullah SAW berpesan kepadaku tiga hal yang aku tidak meninggalkannya hingga aku mati, yaitu setiap hari setiap tiga hari pada setiap bulannya, mengerjakan dua rakaat salat dhuha, serta salat witir sebelum tidur." (HR.Bukhori Muslim).