Mengenal Unsur Intrinsik Karya Sastra Beserta Penjelasannya

Ilustrasi membaca buku.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Dalam sebuah karya sastra terdapat unsur yang esensial yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Keduanya berperan penting supaya sebuah karya sastra bisa tercipta dengan rapi dan cerita dapat tersampaikan dengan jelas ke para pembaca.

Cerita Sherly TKW yang Berhasil Taklukan Pejabat Arab Saudi, Kini Hidup Bergelimang Harta

Unsur intrinsik adalah unsur yang membentuk dan mempengaruhi struktur yang berasal dari dalam karya sastra itu sendiri. Unsur intrinsik dalam karya sastra antara lain alur, tema, latar, gaya bahasa, tokoh dan penokohan, sudut pandang, serta amanat.

Di sisi lain unsur ekstrinsik merupakan unsur yang mempengaruhi karya sastra yang berasal dari luar karya sastra itu sendiri seperti kondisi pembuatan sebuah karya, latar belakang penulis, serta nilai dan norma yang terkandung di sebuah cerita.

Cerita Mencekam Warga Deli Serdang soal Tawuran Geng Motor: Kami Mati Ketakutan

Dihimpun VIVA dari berbagai sumber, mari kita bahas tentang unsur intrinsik karya sastra lebih dalam.

Alur 

Dibintangi Son Suk Ku dan Kim Da Mi, Drama Nine Puzzles Bakal Tayang 2025 Mendatang

Ilustrasi Membaca

Photo :
  • Bukuqu

Alur atau plot adalah rangkaian peristiwa dari awal sampai akhir yang saling berhubungan sehingga membentuk satu kesatuan cerita utuh dan padu. Terdapat tiga jenis alur yaitu:

  • Alur maju: alur cerita yang menjelaskan peristiwa secara berunut dari awal hingga akhir.
  • Alur mundur: menuliskan peristiwa akhir sebagai pembuka cerita dan mengisahkan peristiwa-peristiwa tokoh pokok melalui kenangan masa lalu salah satu tokoh.
  • Alur campur: alur yang menggabungkan alur maju dan mundur dalam satu cerita. Lazimnya alur ini digunakan untuk karya sastra yang lebih kompleks seperti cerita suatu tokoh di masa lalu berpengaruh dengan masa kini.

Tema

Ilustrasi menulis sebuah kisah.

Photo :
  • U-Report

Inti masalah atau pokok pikiran dari sebuah karya sastra disebut dengan tema. Unsur tema memiliki dua jenis, mereka adalah:

  • Tema mayor: tema yang sangat menonjol dan berpengaruh besar terhadap alur cerita serta tokoh-tokohnya.
  • Tema minor: tema yang tidak terlalu berpengaruh namun tetap mempunyai dampak bagi sebuah karya sastra. 

Latar 

Ilustrasi tempat hiburan.

Photo :
  • U-Report

Latar dalam karya sastra adalah keadaan atau kondisi yang mempengaruhi tokoh. Latar biasanya diketahui dengan latar tempat dan latar waktu. 

Latar tempat merupakan lokasi di mana cerita tersebut terjadi. Misalnya di sebuah kota, negara, di pesawat, kapal, atau tempat-tempat lainnya yang berhubungan dengan karya sastra.

Sementara latar waktu adalah kapan sebuah karya sastra terjadi. Bisa berupa runutan waktu, periode, atau indikator waktu lainnya seperti tahun, bulan, jam, dan lain-lain.

Gaya bahasa

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • U-Report

Gaya bahasa atau gaya penulisan dalam karya sastra dapat disebut sebagai ciri khas dari seorang penulis. Penulisan gaya bahasa dibedakan melalui penggunaan majas, diksi, serta pemilihan kalimat. 

Tokoh dan penokohan

Ilustrasi tokoh.

Photo :
  • U-Report

Tokoh adalah karakter-karakter yang diciptakan oleh penulis dalam karya sastra. Unsur tokoh terbagi menjadi empat macam, yakni:

  • Tokoh protagonis: tokoh utama dalam karya sastra
  • Tokoh antagonis: tokoh yang berlawanan atau menentang dari tokoh utama
  • Tokoh tritagonis: penengah dari tokoh protagonis dan antagonis
  • Tokoh figuran: tokoh yang hanya muncul sementara atau sebentar pada sebuah cerita

Penokohan dalam karya sastra meliputi bagaimana watak sebuah tokoh yang dideskripsikan melalui percakapan, pola pikir, atau narasi. Tujuan penokohan yaitu untuk membuat karakter terlihat ‘hidup’ supaya menarik perhatian, terlepas disukai atau tidak oleh pembaca.

Sudut pandang

Ilustrasi pria menulis.

Photo :
  • U-Report

Dalam sebuah karya sastra, sudut pandang merupakan posisi atau kedudukan seseorang dalam menceritakan sebuah kisah. Sudut pandang terbagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Sudut pandang pertama: pada umumnya ditulis dengan kata ganti orang pertama seperti saya, aku, gue, dan lain-lain.
  • Sudut pandang kedua: cerita dideskripsikan dengan kata ganti orang kedua. Misal: kamu, kau, engkau, kalian, dan sebagainya.
  • Sudut pandang ketiga: karya sastra digambarkan dengan kata ganti orang ketiga, penulis menjadi serba tahu. Cerita dituangkan dengan kata ganti dia, mereka, atau dengan nama-nama tokoh.

Amanat

Ilustrasi menulis

Photo :
  • pixabay

Setiap cerita tentu mempunyai pesan moral, baik dalam bentuk tersirat maupun tersurat. Hal inilah yang dinamakan amanat dalam karya sastra. Sering kali amanat disebut juga sebagai makna cerita. 

Film Monster

Tanpa Dialog, Film Thriller 'Monster' Tayang di Netflix Mulai 16 Mei 2024

Film thriller Monster karya sutradara Rako Prijanto dan penulis Alim Sudio akan segera hadir di layanan streaming Netflix mulai tanggal 16 Mei 2024.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024