Jenis-jenis Surat Niaga dan Contohnya untuk Kebutuhan Bisnis

Ilustrasi Menulis
Sumber :
  • pixabay.com

VIVA – Jenis-jenis surat niaga dan contohnya tentu harus dipahami oleh semua orang karena mempunyai kaitan erat dengan dunia bisnis. Surat niaga sendiri merupakan salah satu jenis surat resmi yang bisa mendatangkan keuntungan dari berbagai kegiatan bisnis atau hal-hal yang berkaitan dengan beberapa aktivitas pebisnis. Pihak yang membuat surat niaga ini biasanya adalah perseorangan, perusahaan, atau badan usaha. 

Presdir P&G: Konsumen Adalah Bos

Dengan kehadiran jenis surat ini bisa mempermudah komunikasi. Isi dari surat niaga berhubungan penawaran barang, jual beli, atau jasa-jasa yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Lantaran termasuk ke dalam jenis surat resmi, maka contoh surat niaga juga mempunyai struktur khusus. Kamu sebagai pebisnis perlu mengikuti struktur tersebut supaya klein bisnis kamu bisa memahami maksud yang hendak disampaikan. 

Surat niaga ini tidak hanya dipakai untuk keperluan eksternal antara pihak pebisnis dengan klien. Melainkan juga mempunyai fungsi dalam hal internal sebagai media komunikasi antara pihak tertentu dalam sebuah bisnis yang sama, baik dari tingkat pusat hingga ke cabang-cabangnya. Nah, berikut adalah ulasan tentang jenis-jenis surat niaga dan contohnya yang dirangkum VIVA dari berbagai sumber. 

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Definisi Surat Niaga

Menurut para ahli, surat niaga adalah sebuah surat yang dibuat atau dikeluarkan oleh seseorang maupun untuk keperluan niaga atau bisnis. Surat niaga ini bisa mempermudah kegiatan berkomunikasi perniagaan antar bisnis maupun perusahaan. Bisa disebut juga bahwa surat niaga merupakan salah satu jenis surat resmi. 

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Biasanya surat niaga ini isinya berkaitan dengan penawaran, jual-beli barang atau jasa sehingga sering dinamakan sebagai surat dagang maupun surat bisnis. Dengan kata lain, surat niaga merupakan surat resmi yang dibuat oleh seseorang maupun badan usaha guna mencari keuntungan dari kegiatan berbisnis. 

Fungsi Surat Niaga

Sebelum menjelaskan tentang jenis-jenis surat niaga dan contohnya, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya fungsi dari surat niaga tersebut. Fungsi-fungsi dari surat niaga ini cukup banyak dan berkaitan erat dengan urusan jual-beli sampai tawar menawar dengan pemilik bisnis atau pihak perusahaan lain. 

Salah satu fungsi surat niaga tersebut adalah sebagai bukti sah adanya perjanjian kerjasama untuk kegiatan niaga dengan pihak lain. Bukti tersebut nantinya akan bermanfaat untuk laporan keuangan bisnis yang disusun di akhir periode perhitungan akuntansi bisnis. Selain itu, ada pula beberapa fungsi surat niaga berikut ini. 

  • Menjadi bukti nyata hitam di atas putih tentang surat-surat perjanjian.
  • Menjadi pedoman kerja dalam melaksanakan tugas.
  • Menjadi bahan untuk mengambil sebuah keputusan.
  • Menjadi alat pengingat, sebab surat bisa diarsipkan dan bisa dilihat lagi bila memang dibutuhkan.
  • Menjadi perwakilan dari pihak pembuat surat dalam pertemuan dengan partner
  • Menjadi alat promosi.
  • Menjadi bukti sejarah perjalanan bisnis.

Jenis-jenis Surat Niaga

1. Surat Perkenalan

Surat perkenalan adalah salah satu jenis-jenis surat niaga dan contohnya yang dibuat oleh perusahaan dengan tujuan untuk memperkenalkan usahanya, baik barang maupun jasa, untuk pihak lain. Surat ini biasanya berisi tentang penjelasan mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan secara lengkap dan juga terperinci. 

2. Surat Permintaan Penawaran

Jenis surat niaga yang satu ini adalah surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada perusahaan penjual. Isinya adalah tentang permintaan untuk menawarkan sebuah produk yang dimiliki perusahaan itu secara terperinci tentang katalog produk, harga, promosi, dan lain sebagainya. 

3. Surat Penawaran

Surat penawaran merupakan salah satu jenis-jenis surat niaga dan contohnya yang dibuat oleh penjual dengan untuk menawarkan produknya baik barang maupun jasa. Surat penawaran ini biasanya dibuat atas inisiatif perusahaan untuk membalas surat permintaan penawaran. 

4. Surat Pesanan

Selain itu, ada pula yang dinamakan sebagai surat pesanan. Surat pesanan merupakan surat yang dibuat oleh calon pembeli kepada perusahaan penjual yang berisi mengenai informasi tentang sebuah produk maupun layanan yang kan mereka beli. 

5. Surat Konfirmasi Pesanan

Dari namanya, sudah dapat dipastikan bahwa surat konfirmasi pesanan merupakan surat balasan sebagai bentuk respons dari pihak penjual yang ditujukan kepada calon pembeli. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa barang maupun jasa apa saja yang dipesan dengan harga total pesanan, cara pembayaran, maupun detail pemesanan. 

6. Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang

Surat pemberitahuan pengiriman barang merupakan jenis-jenis surat niaga dan contohnya yang dibuat oleh penjual setelah menyetujui dan sepakat dengan aturan pemesanan yang dilakukan oleh pihak pembeli. Surat ini memiliki fungsi untuk memberitahukan kepada pembeli bahwa barang siap untuk dikirimkan dengan tambahan informasi tentang kondisi barang dan asuransi bila ada. 

7. Surat Penagihan

Surat penagihan dibuat bila proses jual-beli barang maupun jasa bersifat utang. Surat ini akan dibuat oleh pihak penjual untuk memberitahukan kepada pembeli kapan saatnya melaksanakan pembayaran maupun waktu jatuh tempo. 

8. Surat Pembayaran

Surat pengiriman pembayaran dibuat oleh pembeli setelah menerima barang yang dipesan. Biasanya surat ini juga disertai dengan jumlah uang yang akan dibayarkan, metode pembayaran yang akan dipakai, dan bukti pembayaran. 

9. Surat Penangguhan Pembayaran

Jenis-jenis surat niaga dan contohnya adalah surat penangguhan pembayaran. Surat ini dibuat oleh pembeli atas surat tagihan yang dikirim oleh pihak penjual. Biasanya surat penangguhan pembayaran ini dibuat lantaran pembeli tidak dapat membayar pada waktu tertentu dan penjelasan lain yang menyebabkan kegiatan pembayaran ini tidak bisa dilaksanakan. 

Contoh Surat Niaga

PT. Megah Jaya Perkasa

Handphone dan Elektronik

Jl. Bogor No. 1, Jakarta

Telp. 021-123456, Email: megajayaperkasa@gmail.com

 

Jakarta, 13 Juni 2022

Nomor: 001/ABCD/13/2022

Perihal: Penawaran Barang

Lampiran: 1 Berkas

 

Kepada Yth,

Pimpinan PT. Sukses Makmur

Jl. Jend. Sudirman 123

Jakarta

 

Dengan hormat,

PT. Megah Jaya Perkasa adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi perangkat ponsel dan elektronik. Perusahaan kami sudah berdiri sejak tahun 2009 lalu dan telah mempunyai banyak pelanggan. Begitu juga dengan produk yang disediakan, adalah sebuah perangkat ponsel dan elektronik dengan spesifikasi terbarukan dan dibutuhkan oleh banyak pihak.

 

Sehubungan dengan hal itu, bersama ini kami bermaksud untuk menawarkan produk yang kami miliki kepada saudara. Ke depannya, kami berharap dapat menjadi salah satu penyalur perangkat ponsel dan elektronik untuk perusahaan saudara. Maka dari itu, bersama ini kami  melampirkan satu berkas tentang produk kami.

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

 

Hormat Kami,

Direktur PT. Megah Jaya Perkasa,

 

Ahmad Bagus

RA Kartini.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang

Lantas apa saja isi dari buku Habis Gelap Terbitlah Terang? Berikut ini sejumlah fakta mengenai buku Habislah Gelap Terbitlah Terang dilansir dari berbagai sumber.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024