7 Contoh Surat Niaga Beserta Penjelasannya

ilustrasi negosiasi
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Surat niaga adalah surat resmi yang dibuat oleh perusahaan untuk keperluan bisnis. Para pebisnis dapat membuat surat niaga untuk memenuhi keperluan usaha mereka. Dalam penulisannya, surat niaga terdapat beberapa perbedaan sesuai kebutuhan yang diperlukan.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Pembuat surat niaga ini biasanya dilakukan oleh pemilik usaha, baik perorangan maupun perseroan. Adapun manfaatnya, surat niaga dapat menjadi media komunikasi antara perusahaan dan klien serta pihak-pihak stakeholder yang terhubung dalam bisnis.

Dalam artikel kali ini, VIVA akan membahas 7 contoh surat niaga yang memiliki fungsi berbeda-beda satu sama lain. Melansir dari beberapa sumber, berikut pemaparannya

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

1. Surat Penawaran

Contoh Surat Niaga - Surat Penawaran

Photo :
  • scribd
BRI Cetak Laba Rp 15,98 Triliun di Kuartal I-2024, Penyaluran Kredit Tembus Rp 1.308 Triliun

Surat penawaran adalah surat yang dibuat oleh perusahaan untuk keperluan penjualan atau pemasaran. Surat ini ditujukan kepada calon pembeli, selain itu, surat ini juga dapat dibuat dengan permintaan penawaran dari perusahaan yang tertarik dengan produk yang kamu jual.

2. Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Contoh Surat Niaga - Surat Perjanjian Sewa Menyewa

Photo :
  • scribd

Surat ini berisikan perjanjian tertulis tentang kesepakatan sewa menyewa, identitas resmi perusahaan, hak dan kewajiban yang harus dipatuhi, dan juga tanda tangan dari kedua belah pihak yang melakukan transaksi sewa menyewa.

3. Surat Kuasa

Contoh Surat Niaga - Surat Kuasa

Photo :
  • scribd

Surat kuasa merupakan surat pelimpahan wewenang perusahaan atau pejabat tertentu kepada perusahaan lain yang diberikan wewenang, seperti surat kuasa tanah atau surat kuasa sebuah perusahaan. Surat ini wajib dilengkapi dengan tanda tangan dan bermaterai.

4. Surat Pemesanan

Contoh Surat Niaga - Surat Pemesanan

Photo :
  • scribd

Jika setelah menerima surat penawaran calon pembeli tertarik untuk membeli, jenis surat yang akan mereka kirim selanjutnya yaitu surat pesanan. Surat pesanan berisi tentang informasi dan rincian produk yang akan mereka beli.

5. Surat Perjanjian Jual Beli

Contoh Surat Niaga - Surat Perjanjian Jual Beli

Photo :
  • scribd

Surat perjanjian jual beli adalah surat yang dibuat oleh dua pihak yang sepakat untuk melakukan kerjasama dalam bisnis, tujuan ini dibuat tentu untuk meningkatkan keuntungan yang lebih besar bagi kedua pihak.

6. Surat Pengaduan

Contoh Surat Niaga - Surat Pengaduan

Photo :
  • scribd

Jika pesanan atau pelayanan yang kamu terima tidak sesuai harapan, kamu bisa mengirim surat pengaduan atau komplain jika menerima barang rusak atau cacat maupun barang yang datang tidak sesuai pesanan. Dalam hal ini, fungsi surat niaga adalah mengajukan pengaduan.

7.  Surat Penawaran Paket Wisata  

Contoh Surat Niaga - Surat Penawaran Paket Wisata

Photo :
  • scribd

Surat paket wisata biasanya dibuat oleh perusahaan atau agen wisata yang akan menawarkan paket liburan kepada sebuah perusahaan. Dalam penawarannya biasanya paket ini akan menyediakan bis, tiket masuk wisata dan makanan selama wisata.

Konferensi Pers Prudential Indonesia dan Prudential Syariah

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

PT Prudential Life Assurance membukukan, pendapatan premi dan kontribusi dengan total sebesar Rp 22 triliun pada 2023 melalui Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024