Ada Liberty, Inilah 7 Patung Tertinggi di Dunia

Patung Persatuan di India
Sumber :
  • wikimedia

VIVA – Sudah tidak asing lagi dengan patung di beberapa tempat. Patung tertinggi di dunia banyak tersebar dipenjuru bumi. Patung-patung yang lebih tinggi sudah dibangun sejak zaman kuno dan menempatkan ruang yang signifikan dalam industri pariwisata negara masing-masing. Sebagian besar patung yang lebih tinggi di seluruh dunia ini memiliki kepribadian yang hebat atau terkait dengan beberapa peristiwa penting dalam sejarah. Struktur ini memiliki ketinggian yang membuat mereka menjadi daya tarik utama kota. Banyak orang memiliki informasi bahwa Patung Liberty adalah patung tertinggi di dunia tetapi tidak masuk dalam urutan patung paling tinggi di dunia. Inilah tujuh patung tertinggi di dunia.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

1. Patung Kristus Sang Penebus

Patung Kristus Sang Penebus di Brazil

Photo :
  • pixabay
5 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia, Depok Termasuk?

Patung Kristus Sang Penebus masuk dalam urutan patung tertinggi di dunia yang terletak di Brasil. Patung Kristus Sang Penebus menghadap Gunung Sugarloaf dan Teluk Guanabara di atas Rio de Janeiro, Brasil. Patung ini di bangun pada 4 April 1922. Meskipun monumen ini berdiri di puncak Gunung Corcovado setinggi 2.300 kaki (710 meter) di Taman Nasional utan Tijuca, patung itu sendiri berukuran 98 kaki (38 meter) tinggi, dan masuk urutan No. 135 dalam daftar patung tertinggi.

2. The Motherland Calls

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

The Motherland Calls, Rusia

Photo :
  • unsplash,com

Panggilan Tanah Air atau The Motherland Calls adalah salah satu patung tertinggi di dunia. Menurut easemytrip, patung ini adalah gambaran alegoris dari Tanah Air yang memanggil anak-anaknya untuk melawan musuh dan melanjutkan serangan mereka lebih lanjut. Patung ini sangat kompleks dari sudut pandang teknik, karena strukturnya yang unik dengan pedang terangkat tinggi di tangan kanan sementara tangan kiri dijulurkan untuk memanggil seseorang. Tinggi patung ini 85 meter (279 kaki). Terletak di Mamayev Kurgan in Volgograd, Rusia.

3. Patung Liberty

Patung Liberty

Photo :
  • unsplash,com

Patung Liberty masuk ke dalam urutan patung tertinggi di dunia. Menurut The Atlantic, patung Liberty yang terletak di New York City menempati urutan ke-47 dalam daftar patung tertinggi di dunia, dengan tinggi 151 kaki (46 meter). Dalam bahasa Inggris patung ini disebut Liberty Enlightening the World atau dalam bahasa Indonesia artinya Patung Kemerdekaan menerangi dunia. Patung ini merupakan hadiah dari Prancis untuk Amerika Serikat di akhir abad ke-19. Patung Liberty merupakan simbol selamat datang. 

4. Patung Guan Yin

Patung Guan Yin

Photo :
  • flickr

Patung Guan Yin masuk urutan patung tertinggi di dunia. Guan Yin of Nanshan adalah patung bodhisattva Guanyin alias Dewi Kwan Im. Menurut Touropia, patung ini memiliki tinggi 108 meter (354 kaki) terletak di pantai selatan pulau Hainan, Tiongkok, China. Patung ini memiliki tiga aspek dengan satu sisi menghadap ke daratan dan dua lainnya menghadap ke Laut Cina Selatan. Satu sisi menggambarkan Guan Yin menggendong sutra di tangan kiri dan memberi isyarat pada Vitraka Mudra, yang kedua telapak tangan bersilang, memegang tasbih dan yang terakhir memegang teratai. Patung ini membutuhkan waktu 6 tahun untuk dibangun dan selesai pada tahun 2005. Patung Guan Yin dibangun untuk merepresentasikan sifat welas asih yang dimiliki Dewi Kwan Im. 

5. Patung Buddha Kuil Musim Semi

The Spring Temple Buddha

Photo :
  • flickr

Patung Buddha Kuil Musim Semi atau The Spring Temple Buddha adalah patung juga masuk dalam urutan patung tertinggi di dunia. Dilansiri dari Touropia, tinggi total monumen ini adalah 153 meter (502 kaki) termasuk takhta teratai 20 meter (66 kaki) dan bangunan 25 meter (82 kaki). Pembangunan Kuil Buddha Musim Semi direncanakan segera setelah Buddha Bamiyan diledakkan oleh Taliban di Afghanistan. Patung itu selesai dibangun pada tahun 2008 dan menggambarkan Buddha Vairocana.

6. Hokaido Kannon

Hokaido Kannon

Photo :
  • wikimedia

Hokkaido Kannon juga termasuk di antara patung tertinggi di dunia yang juga dikenal sebagai Taman Dai Kannon dari Kita no Miyako. Ini adalah patung tertinggi ketiga di Jepang. Pembangunan patung ini dimulai pada tahun 1975 dan selesai hingga tahun 1989. Patung ini memiliki lebih dari 20 lantai dengan lift. Sebagian besar lantai memiliki tempat pemujaan dan tempat pemujaan serta panggung yang menawarkan pemandangan spektakuler ke sekitarnya. Dilansir dari easemytrip, tinggi patung ini 88 meter (289 kaki). Letaknya di Ashibetsu, Hokkaido, Jepang.

7. Patung Persatuan

Patung Persatuan di India

Photo :
  • wikimedia

Patung Persatuan yang lokasinya di Distrik Narmada, Gujarat, India. Menggambarkan negarawan India dan aktivis kemerdekaan Sardar Vallabhbhai Patel, Patung Persatuan adalah urutan nomor satu patung tertinggi di dunia saat ini dikutip dari easemytrip. Tinggi patung ini mencapai 182 meter (597 kaki) termasuk dasar setinggi 240 meter (790 kaki). Terletak di pulau sungai di seberang Bendungan Sardar Sarovar di koloni Kevadiya, patung itu diresmikan oleh Perdana Menteri India Narendra Modi pada 31 Oktober 2018 - ulang tahun ke-143 kelahiran Tuan Patel.

Itulah tujuh patung tertinggi di dunia. Ketujuh patung itu tersebar di beberapa titik di dunia. Patung-patung tertinggi di dunia ini memiliki tujuan dibangun yang berbeda-beda. Beberapa ada yang dibangun sebagai simbol keagamaan, ada pula yang dibangun untuk orang yang berjasa di negara tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya