5 Mitos Sehari-hari yang Ada di Indonesia, Masih Percaya?

Mitos
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia merupakan salah satu negara yang masih menjunjung tradisi yang sudah ada sejak lama. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia juga tak jarang masih dihubungkan dengan suatu mitos

Siap Layani Arus Balik, Posko Mudik BRImo Hadir di Rute Strategis

Sebenarnya tak ada yang salah dari hal ini, mengingat mitos tersebut sudah ada sejak zaman dahulu. Namun, karena kemajuan teknologi dan segala hal, tak ada salahnya untuk mengetahui bahwa hal-hal ini termasuk mitos yang tidak ada dasar ilmiahnya.

Nah, berikut 5 mitos sehari-hari yang perlu diketahui :

Karsa, Kriya, dan Karya, 3 Unsur Penting dalam Peningkatan Kompetensi Perempuan Indonesia

Tidak Boleh Duduk di Depan Pintu

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah mendengar mengenai mitos yang satu ini. Khususnya anak perempuan, duduk di depan pintu adalah hal yang pantang dan tidak boleh dilakukan. Jika anak perempuan duduk di depan pintu, maka kelak perempuan tersebut akan sulit mendapat jodoh. 

Viral Penipuan File APK Surat Panggilan Polisi, Begini Respons Polda Metro Jaya

Mitos ini sebenarnya dibuat agar anak perempuan berlaku sopan. Duduk di depan pintu tentunya akan meghalangi bagi orang yang ingin masuk atau keluar dan akan menganggu. Jika dipikiran, tidak ada hubungann sebuah pintu dengan jodoh. 

Tidak Boleh Memotong Kuku di Malam Hari

Hal kedua adalah adanya larangan untuk tidak boleh memotong kuku saat malam hari, karena jika tetap melakukannya maka umur orang tersebut akan menjadi lebih pendek. 

Tentunya, tidak ada hubungan memotong kuku dengan umur seseorang. Hal ini hanya dilakukan agar tidak memotong kuku pada malam hari karena untuk menghindari melukai kuku dan jari. Pada jaman dahulu, penerangan tentu belum sebaik sekarang dan hanya ada segelintir cahaya, maka dari itu ditakutkan akan melukai jika menggunting kuku saat cahaya redup.

Mendapat Suami Brewokan Jika Menyapu tak Bersih

Mitos yang satu ini juga banyak disematkan untuk para perempuan muda, yaitu jika menyapu dengan tidak bersih, maka suaminya kelak adalah orang yang brewokan. Padahal jika dipikirkan, menyapu dengan mendapat calon suami yang brewokan sangat tidak ada hubungannya. 

Mitos ini sengaja dibuat dengan tujuan agar para perempuan muda menyapu dengan bersih dan juga bisa membersihkan rumah dengan baik, agar nanti ketika sudah menikah bisa mengurus rumah dengan baik dan tidak kagok lagi. 

Malam Jumat Banyak Hantu Berkeliaran

Malam Jumat dipercayai adalah malam yang menyeramkan karena pada malam tersebut banyak hantu dan makhluk halus berkeliaran. pada malam ini pula diyakini banyak aktivitas ilmu hitam yang dilakukan. Karena hal tersebut, banyak orang tua yang melarang anaknya untuk keluar pada malam Jumat. 

Masih menjadi misteri bagaimana mitos ini berkembang di masyarakat, namun kepercayaan ini masih banyak dipercayai oleh masyarakat Indonesia. Di agama Islam, malam jumat adalah malam yang baik untuk beribadah dengan mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW. 

Jangan Menyapu pada Malam Hari

Mitos yang terakhir adalah adanya larangan untuk menyapu pada malam hari jika tidak mau kehilangan rejeki. Memang untuk masyarakat modern seperti saat ini, hal ini tidak masuk akal. Namun, untuk masyarakat jaman dahulu hal ini ada benarnya. Karena, pada zaman dahulu, penerangan belum merata seperti sekarang dan pada malam hari, cahaya yang ada hanya cahaya yang redup.

Ditakutkan jika menyapu pada malam hari ketika penerangan redup, jka ada barang berharga yang jatuh di bawah tidak akan kelihatan dan ikut tersapu keluar bersama sampah lainnya. 

Nah, di atas adalah 5 mitos sehari-hari yang ada di sekitar kita. Mempercayai atau tidak mempercayai hal tersebut kembali lagi pada individu masing - masing. Namun, satu hal yang benar adalah bahwa mitos mitos tersebut dibuat adalah untuk kebaikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya