Edukasi Mengenal Perawatan Pohon di Hutan Kota Bogor

Edukasi Mengenal Perawatan Pohon di Hutan Kota Bogor
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Banyak cara dilakukan warga Bogor, mahasiswa dan siswa sekolah untuk menjaga lingkungan hidup khusus di kota Bogor, Jawa Barat. Sejumlah pohon dirawat dengan teknis dan edukasi cara perawatan yang baik guna menjaga kelangsungan kehidupan banyak pohon serta penghijauannya.

Korban Tewas Akibat Penembakan di Gedung Konser Moskow Bertambah Jadi 140 Orang

Diketahui, perawatan pohon di Hutan Kota Pakansari dan Pondok Rajeg melibatkan warga sekitar dan dibantu oleh karyawan dari PT Aspex Kumbong (anak usaha dari Korindo Group yang bergerak di bidang produksi kertas). Perawatan pohon dilakukan dengan cara pemberian Eco Enzym, Pemberian pupuk NPK, penyemprotan racun rumput, penambahan tanah urug untuk tanaman, pemotongan rumput dan gulma serta pembersihan gulma yang merambat ke tanaman secara manual.

Bagi pemerintah Bogor, Hutan Kota Pakansari merupakan program yang strategis dalam bidang penghijauan.
Hal ini tak lepas dari kebijakan pemerintah telah menetapkan jumlah RTH paling sedikit 30 persen dari luas wilayah kota. 

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

Kebijakan ini dituangkan melalui pasal 29 ayat 2 Undang-undang 26 nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

“Ini sangat membantu. Karena pemerintah kabupaten kota itu kan sebetulnya diamanatkan oleh Undang-undang tata ruang bahwa kabupaten kota itu punya tugas untuk memenuhi ruang terbuka hijau itu sebanyak 30 persen. 20 persen itu untuk RTH publik yang 10 persen RTH private. Dengan adanya program ini maka secara otomatis menambah persentase RTH yang ada di (lingkungan) kita,” jelas Tika Effendy, Kepala Sub. Bidang Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Kabupaten Bogor dalam keterangannya, Sabtu (18/6).

SMI Bakal Tambah Kepemilikan Saham di Tol Bocimi Jadi 55 Persen Tahun Ini

Uung, seorang warga yang tinggal di dekat Hutan Kota Pondok Rajeg mengatakan bahwa dirinya kini bisa merasakan dampak dari penghijauan di sana. 

“Pertama, masyarakat sekitar sebagian bisa dipekerjakan untuk bantu merawat pohon. Adanya penghijauan, kawasan sini jadi tidak terlalu gersang, udara jadi lebih segar,” ujarnya.

Deretan pohon-pohon Eucalyptus Deglupta berdiri menjulang tinggi, ranting daunnya yang rindang memayungi tanah basah kecokelatan tempatnya tumbuh. Seperti itulah kiranya keadaan Hutan Kota Pakansari saat ini, begitu asri dan hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya