10 Fakta Juneteenth, Perayaan Anti Perbudakan di Amerika

Juneteenth atau hari kebebasan adalah peringatan nasional di AS
Sumber :
  • battlefields

VIVA – Juneteenth atau hari kebebasan adalah peringatan nasional tertua dari berakhirnya perbudakan di Amerika Serikat yang dimulai pada tahun 1865, yang merujuk kepada emansipasi ras Afrika-Amerika di seluruh Amerika Serikat.

Israel Bombardir Perbatasan Mesir, Presiden Amerika Ikut Ikut Campur

Istilah kata Juneteenth berasal dari gabungan kata June dan Nineteenth dan diakui sebagai hari libur di kebanyakan negara bagian. Melansir dari laman American Battlefield Trust, berikut 10 fakta dan sejarah hari libur nasional AS ini yang dirayakan setiap tahun pada tanggal 19 Juni

1. Diawali Proklamasi Emansipasi pada 1 Januari 1863, tidak semua orang yang diperbudak langsung mendapatkan kebebasan.

Joe Biden Dikecam karena Diam Saat Israel Menghadapi Ancaman Surat Perintah Penangkapan

Proklamasi Emansipasi ini dibuat untuk membebaskan budak di negara bagian yang saat itu memberontak melawan Amerika Serikat, pasukan serikat pekerja yang beroperasi di negara-negara bagian tersebut sangat mendukung Proklamasi tersebut, namun, Proklamasi ini tidak berlaku untuk negara-negara perbatasan.

2. Perang Saudara berakhir pada musim panas 1865. Jenderal Persatuan Gordon Granger dan pasukannya pergi ke Galveston Texas untuk mengumumkan Perintah Umum (PU) No. 3 pada 19 Juni 1865 yang sejak saat itu 19 Juni akan dikenal dan diperingati sebagai Juneteenth.

Joe Biden Sahkan Undang-undang yang Membuat Tiktok Terancam Diblokir

Perintah Umum No. 3 menyatakan: “Rakyat Texas diberitahu bahwa, sesuai dengan proklamasi dari Eksekutif Amerika Serikat, semua budak akan dibebaskan. PU ini melibatkan persamaan mutlak hak pribadi dan hak milik antara mantan majikan dan budak, juga hubungan yang ada sebelumnya di antara mereka menjadi hubungan antara majikan dan pekerja upahan."

PU No. 3 pada 20 Juni 1865, sehari setelah dikeluarkan. Koleksi Koran Texas

Photo :
  • battlefields

3. Bagian dari Perintah Umum No. 3 mendorong orang-orang yang baru dibebaskan untuk tetap dengan pemilik masa lalu mereka.

“Orang-orang yang dibebaskan disarankan untuk tetap diam di rumah mereka saat ini dan bekerja untuk mendapatkan upah. Mereka diberitahu bahwa mereka tidak akan diizinkan untuk mengumpulkan di pos-pos militer dan bahwa mereka tidak akan didukung dalam kemalasan baik di sana atau di tempat lain.”

4. Periode setelah Juneteenth dikenal sebagai 'Scatter.'

Tidak terpengaruh oleh rekomendasi untuk tetap di tempat, banyak mantan budak meninggalkan daerah tersebut selama pembacaan awal. Dalam minggu-minggu berikutnya orang-orang yang sebelumnya diperbudak meninggalkan Texas dalam jumlah besar untuk mencari anggota keluarga dan pergi ke Amerika Serikat.

5. Juneteenth telah dirayakan dengan banyak nama.

Hari Kemerdekaan, Hari Jubilee, dan Hari Pembebasan Sel, Hari Kemerdekaan Kedua, dan Hari Emansipasi dan masih banyak lagi.

Juneteenth atau hari kebebasan adalah peringatan nasional di AS

Photo :
  • battlefields

6. Taman Emansipasi di Houston, Texas dibeli khusus untuk merayakan Juneteenth.

Sebidang tanah seluas 10 hektar dibeli oleh mantan budak, Richard Allen, Richard Brock, Jack Yates, dan Elias Dibble seharga $800 pada tahun 1872.

7. Awal abad ke-20, perayaan Juneteenth menurun.

Pemberlakuan undang-undang Jim Crow meredam perayaan kebebasan. Selain itu, Depresi Hebat memaksa banyak keluarga petani kulit hitam menjauh dari daerah pedesaan menuju ke lingkungan perkotaan untuk mencari pekerjaan.

8. Perayaan Juneteenth dihidupkan kembali selama gerakan hak-hak sipil.

Pawai Rakyat Miskin yang direncanakan oleh Martin Luther King sengaja dijadwalkan bertepatan dengan tanggal tersebut. Peserta Maret membawa perayaan itu kembali ke negara asal mereka dan segera hari libur itu terlahir kembali.

Juneteenth atau hari kebebasan adalah peringatan nasional di AS

Photo :
  • battlefields

9. Perayaan Juneteenth berlanjut.

Tradisi termasuk pembacaan Proklamasi Emansipasi di depan umum, menyanyikan lagu-lagu tradisional, dan membaca karya-karya penulis Afrika-Amerika yang terkenal. Perayaan ini dirayakan dengan berbagai kegiatan seperti pameran jalanan, acara masak-memasak, reuni keluarga, pesta taman, peragaan sejarah, dan kontes Miss Juneteenth.

10. Pada 17 Juni 2021, Presiden Biden menandatangani Undang-Undang Hari Kemerdekaan Nasional Juneteenth, yang secara resmi menjadikan Juneteenth sebagai hari libur federal.

Hari libur ini merupakan hari libur pertama yang disetujui sejak Presiden Ronald Reagan menandatangani RUU tahun 1983 yang menyetujui Hari Martin Luther King Jr. sebagai hari libur federal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya