26 Mahasiswa Vokasi UI Lolos Program IISMAVO Kuliah di Luar Negeri

Kampus Universitas Indonesia.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan

VIVA – Sebanyak 26 mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) berhasil lolos dalam program Indonesian International Mobility Awards for Vocational Students (IISMAVO) 2022 untuk kuliah di berbagai kampus top dunia.

Direktur Program Pendidikan Vokasi UI Padang Wicaksono, dalam keterangannya, berharap nantinya para mahasiswa yang telah mendapatkan ilmu baru dari kampus-kampus tersebut dapat membagikan pengalamannya dan menerapkannya dalam praktik industri di Tanah Air.

"Selain itu, program ini juga akan menjadi awal bagi kami untuk terus menciptakan lulusan vokasional yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan industri, tidak hanya dalam skala nasional, melainkan juga dalam skala global," katanya, Selasa (21/6).

Kampus-kampus tersebut antara lain National Taiwan Normal University, Taiwan, Cranfield University, Inggris, La Trobe University, Australia, University of Pécs, Hungaria, Arts University Bournemouth, Inggris.

Program IISMAVO 2022 merupakan program yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud-Ristek RI) sebagai bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Terima kasih juga kepada segenap tim pendidikan dan kemahasiswaan di Vokasi UI yang telah mendampingi para mahasiswa, mulai dari proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman kelulusan," katanya.

Program IISMAVO bertujuan memfasilitasi mahasiswa vokasi untuk lebih dekat dengan dunia industri internasional. Pengalaman belajar di luar negeri dapat memberikan pemahaman yang lebih luas dalam menghadapi isu-isu global.

Kegiatan international outbound mobility yang diadakan selama satu semester di luar negeri ini akan berfokus pada pembelajaran yang berorientasi langsung dengan industri. Kegiatan yang dilakukan meliputi full time internship, kombinasi magang dan kelas, serta full sit-in di kelas dengan pembelajaran berbasis industri.

"Program IISMAVO sebagai program belajar di kampus luar negeri khusus vokasi pertama di Indonesia menjadi pengalaman pertama juga bagi kami untuk mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaik di Vokasi UI belajar ke luar negeri," katanya.

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para mahasiswa yang telah berusaha keras melewati berbagai tahapan untuk mendapat program beasiswa di kampus ternama di dunia," demikian Padang. (antara)

Viral Dugaan Pelecehan Seksual Mahasiswa Undip, Korban Curhat Malah Dicekoki Miras
Kampus Magister Ilmu Sosial Universitas Tanjungpura Pontianak. (Istimewa)

Awal Mula Dosen Untan Diduga Joki Nilai Mahasiswa S2: Tak Pernah Kuliah Tapi Ada Nilainya

Salah satu dosen Untan yang nilainya dipalsukan meminta Rektorat membuka secara transparan pelanggaran kode etik berat

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024