Unpad Terima 2.688 Calon Mahasiswa Baru Lulus Jalur SBMPTN 2022

Gedung Rektorat Unpad Jatinangor. Sumber: youtube.com
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Universitas Padjadjaran (Unpad) menyatakan menerima sebanyak 2.688 calon mahasiswa baru yang lulus lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) menurut hasil pengumuman yang keluar pada Kamis, 23 Juni 2022 kemarin. 

Unpad Bakal Buka Program Beasiswa Bagi Para Aktivis

Dikutip dari laman resmi Unpad, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof Arief S Kartasasmita mengatakan, pada tahun ini jumlah pendaftar calon mahasiswa yang memilih Unpad lewat jalur SBMPTN adalah sebanyak 56.529 orang. 

“Ada beberapa program studi kelompok Saintek dan Sosiohumaniora di Unpad dengan jumlah peminat terbanyak. Untuk kelompok Saintek, lima prodi dengan jumlah peminat terbanyak, yaitu: Pendidikan Dokter (3.544 orang), Psikologi (3.309 orang), Teknik Informatika (2.906 orang), Farmasi (2.544 orang), serta Ilmu Keperawatan (2.101 orang),” ungkap Prof Arief, Kamis (23/6).

Guru Besar dan Alumni Unpad Sentil Jokowi Lewat Petisi: Kita Suarakan Terus Menerus

Sementara itu, untuk kelompok Sosio Humaniora (Soshum) lima program studi dengan jumlah peminat terbanyak adalah Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, dan Bisnis Digital. 

Menurut data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang telah diumumkan dalam Konferensi Pers Pengumuman Hasil Seleksi SBMPTN 2022 pada Kamis, 23 Juni 2022, Unpad juga berhasil masuk 10 besar PTN dengan nilai rerata paling tinggi di SBMPTN. 

Yandex Bersama 2 Kampus Gelar Diskusi Kecerdasan Buatan

Untuk kelompok Sains Teknologi (Saintek) Unpad menduduki peringkat 8 dengan nilai rata-rata UTBK 619,94. Sedangkan untuk kelompok Sosio Humaniora (Soshum) menduduki peringkat 5 dengan rata-rata nilai UTBK 649,07. 

Lebih lanjut, Arief mengimbau kepada calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos melalui jalur SBMPTN Unpad tahun akademik 2022/2023 untuk segera melakukan registrasi dan mengunggah dokumen secara online.

“Seluruh registrasi dilakukan secara daring,” ucap Prof. Arief.

Menurut dia, masa pengisian biodata dan mengunggah dokumen akan dibuka mulai 25 Juni hingga 30 Juni di laman students.unpad.ac.id/peserta/. Unpad juga akan melakukan verifikasi data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa mulai 28 Juni hingga 11 Juli 2022.

Calon mahasiswa baru Unpad juga bisa mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman Students Unpad. Pembayaran uang kuliah ini bisa dilakukan lewat perbankan mitra mulai 4 Juli sampai 11 Juli 2022. 

Setelah pembayaran diterima, menurutnya Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa yang dilengkapi dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) digital kepada setiap mahasiswa paling lambat 12 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya