Lulus SBMPTN 2022: USU 2.479 dan Unimed 3.916 Peserta

Kampus Universitas Sumatera Utara (USU)
Kampus Universitas Sumatera Utara (USU)
Sumber :
  • antaranews.com

VIVA – Sebanyak 6.395 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022, lulus masuk Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed).

Dimana, 6.395 peserta dengan perincian USU berjumlah 2.479 peserta dan Unimed berjumlah 3.916 peserta. Pengumuman disampaikan melalui laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id dan sbmptn.unimed.ac.id, Kamis sore, 23 Juni 2022.

Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU, Amalia Meutia, menjelaskan USU menerima 2.479 mahasiswa baru seleksi SNMPTN. Jumlah tersebut, terdiri dari 1.348 peserta yang lulus dari kelompok saintek dan 1.131 peserta UTBK dari kelompok soshum. 

Kemudian, adapun untuk peserta yang mengikuti Seleksi Berbasis Prestasi Unggul (SBPU Talenta) USU terdapat 11 orang yang dinyatakan lulus. SBPU Talenta merupakan jalur baru yang disediakan oleh USU untuk penerimaan mahasiswa baru 2022.

"Seluruh pimpinan Universitas Sumatera Utara menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh calon mahasiswa/i USU yang lulus melalui jalur UTBK-SBMPTN sekaligus mengucapkan selamat bergabung menjadi keluarga besar USU. Semoga ini menjadi pemacu semangat para calon mahasiswa USU tersebut untuk belajar dengan giat," sebut Amalia, Kamis malam, 23 Juni 2022.

Amalia menjelaskan Peserta SBMPTN yang lulus telah melangkah ke tahap baru kehidupan sebagai mahasiswa. Masa depan yang gemilang sudah di depan mata dalam mencapai cita-cita. 

"Semoga nantinya dapat mengaktualisasikan diri sebagai anak bangsa yang membawa dampak besar bagi USU, masyarakat dan dunia.," jelas Amalia.

Untuk program studi favorit yang tinggi peminatnya pada tahun ini di kelompok saintek terdiri dari; Pendidikan Dokter, Farmasi dan Ilmu Kesehatan Masyarakat. Sementara untuk kelompok soshum yakni Ilmu Hukum, Manajemen dan Psikologi. Secara umum, tiga besar prodi yang paling diminati adalah Ilmu Hukum (3.073), Pendidikan Dokter (2.612) dan Manajemen (2.365).

Persaingan ketat UTBK di tingkat program studi yang ada di USU adalah untuk prodi Gizi, Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komputer. Sementara itu, untuk prodi yang kurang diminati pada tahun ini adalah Prodi Sastra Cina, Sastra Daerah untuk Sastra Batak dan Sastra Daerah untuk Sastra Melayu.

Amalia menambahkan, bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, dapat melakukan pengisian data Uang Kuliah Tunggal (UKT).

"Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, selanjutnya bisa melakukan pengisian data pokok dan unggah berkas melalui laman https://registrasi.usu.ac.id yang dibuka mulai tanggal 24 hingga 30 Juni 2022.  Dilanjutkan dengan pembayaran UKT melalui virtual account mulai tanggal 7 hingga 8 Juli 2022. Untuk tata cara dan prosedur pengisian serta pembayaran UKT ini, lebih lanjut dapat dilihat pada laman www.usu.ac.id," jelas Amalia.

Terpisah, Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom mengatakan sebanyak 3916 peserta Seleksi SBMPTN lulus masuk Unimed tahun 2022. 

Untuk peserta SBMPTN di Unimed berjumlah 25.619 peserta. Sedangkan, yang lulus berjumlah 3916 orang yang tersebar dalam 51 Program Studi S1. Lima Prodi favorit di Unimed jalur SBMPTN 2022 yang peminatnya tertinggi antara lain, yakni PGSD, Manajemen, Ilmu Komputer, Gizi dan PBK.

“Kami mengucapkan selamat atas kelulusan putra-putri terbaik bangsa, dan kami sangat senang anak Bapak/Ibu telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed. Kami sampaikan kepada kedua orang tua/wali untuk mensyukuri nikmat Allah SWT,  Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan putra-putri Bapak/Ibu dapat lulus jalur SBMPTN ke Unimed," sebut Rektor Unimed, Dr Syamsul Gultom, kemarin sore.

Lanjut Dr. Syamsul Gultom, bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SBMPTN, masih ada kesempatan untuk bersaing kembali di jalur Seleksi Mandiri yang proses pendaftarannya akan ditutup pada 9 Juli 2022. 

“Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di Unimed jalur Mandiri," kata Syamsul. 

Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, Syamsul mengimbau untuk segera lah persiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan lihat jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang di website www.unimed.ac.id dan media sosial official Unimed.

"Agar tidak terlambat daftar ulangnya. Sekali lagi kami pimpinan Unimed mengucapkan selamat bergabung di kampus hijau Unimed, semoga saudara dapat sukses meniti karir yang gemilang melalui Unimed yang kita banggakan,” kata Syamsul.

Bagi siswa/i yang telah dinyatakan lulus jalur SBMPTN Tahun 2022 di Unimed diharapkan segera mempersiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk registrasi ulang. Seluruh informasi tata cara registrasi mahasiswa baru dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan dapat dilihat di laman www.unimed.ac.id. Registrasi ulang akan dilakukan secara online melalui laman bak.unimed.ac.id/registrasi. Civitas Unimed mengucapkan selamat bergabung bagi siswa/i yang telah dinyatakan lulus jalur SBMPTN Tahun 2021.

"Perlu kami sampaikan kepada semua mahasiswa Unimed bahwa perkuliahan semester ganjil 2022-2023 Insya Allah akan kita laksanakan secara luring dan memadukan daring. Keputusan akhirnya kita menunggu aturan dan pedoman sesuai keputusan Ditjen Dukti Kemdikbudristek. Semoga keputusannya adalah yang terbaik untuk kita semua warga Unimed," kata Rektor.