Mahasiswa President University Perkenalkan Mobil Listrik 'EGO'

Mahasiswa President University Perkenalkan Mobil Listrik 'EGO'
Mahasiswa President University Perkenalkan Mobil Listrik 'EGO'
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Mahasiwa President University program studi Teknik Mesin (Mechanical Engineering) memperkenakan mobil listrik yang diberi nama EGO (Electric GoKart) di kawasan industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat, Senin 27 Juni 2022.

Kawasan Industri Jababeka merupakan tempat berlokasinya 2000 perusahaan industri multinasional dari 30 negara sehingga memudahkan para mahasiswa Teknik Mesin President University untuk praktik langsung ke lapangan perusahaan Industri.

Saat ini, teknologi mobil listrik (Electric Vehicle) sudah banyak dikembangkan oleh berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, salah satunya adalah President University sebagai universitas bertaraf internasional yang memiliki lembaga research & development.

Sejak 2016 silam dibentuk President University Electric Vehicle Team (Tim Pengembangan Mobil Listrik) di bawah tanggung jawab Dr En. Lydia Angraini, M.Eng, selaku Kaprodi Teknik Mesin (Mechanical Engineering).

Dr Lydia, yang merupakan doktor lulusan dari Ritsumeikan University, di Kyoto Jepang mengatakan tidak perlu diragukan lagi yang merupakan satu-satu perempuan Indonesia dari 80 orang yang mendapat beasiswa Monbukagakusho dari Jepang.

"Konsep awal pengembangan mobil listrik didesain untuk mengikuti Lomba Belmawa Ristekdikti KMLI (Kompetisi Mobil Listrik Indonesia). Pada desain prototipe yang dikembangkan, adalah untuk mampu mengurangi beban dari frame agar dapat membuat baterai lebih efisien," ucap Dr Lydia.

Pada sistem transportasi terkini terdapat perkembangan dalam penggunaan energi listrik sebagai pengganti bahan bakar fosil, yang diketahui mampu mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRL = CO2).