Begini Cara Cek Pengumuman UM-PTKIN 2022 Lengkap dengan Waktunya

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Sumber :
  • uinjkt.ac.id

VIVA – Pengumuman UM-PTKIN 2022 tentu sangat dinanti-nanti oleh para siswa SMA/Sederajat lulusan tiga tahun terakhir 2020, 2021, dan 2022 yang telah mendaftarkan sebagai calon mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Rencananya, pengumuman UM-PTKIN 2022 akan dirilis pada hari ini, Rabu 20 Juni 2022. 

KPU Sebut Penetapan Hasil Pemilu 2024 Kemungkinan Malam Ini, Setelah Buka Puasa

UM-PTKIN sendiri adalah Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Sementara itu, pola seleksi yang telah dilaksanakan memakai sistem ujian berbasis SSE (Sistem Seleksi Elektronik) yang sudah dilaksanakan sejak tanggal 14 hingga 17 Juni lalu. 

Seleksi UM-PTKIN ini ditujukan untuk para siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), serta Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Peserta yang sudah mengikuti ujian tersebut tentu saja sudah tidak sabar melihat pengumumannya. 

Polisi Prediksi Ribuan Orang Bakal Demo di KPU Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Pengumuman UM-PTKIN

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Photo :
  • uinjkt.ac.id
Komjen Fadil Imran Tegaskan Polri Siap Amankan Pengumuman Hasil Pemilu 2024

Hasil dari pengumuman UM-PTKIN ini bisa dilihat secara langsung oleh siswa yang telah mengikuti seleksi di http://um-ptkin.ac.id/ atau di https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ pada 30 Juni 2022 mulai pukul 13.00 WIB. Dengan kata lain, peserta bisa melihat hasil ujian kemarin pada siang hari ini. 

Cara Melihat Pengumuman UM-PTKIN

Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Photo :
  • Dokumentasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Melansir laman UM-PTKIN 2022, peserta bisa langsung mengakses informasi kelulusan dengan membuka laman pengumuman di atas. Setelah itu, peserta seleksi memasukkan nomor peserta atau username dan password yang sebelumnya sudah dibuat ketika membuat akun pendaftaran. 

Selanjutnya, peserta memasukan kode verifikasi yang ada setelah sebelumnya memasukan username dan password lalu klik login atau sign in. Setelah berhasil log in, peserta bisa mengetahui langsung lulus atau tidak. Bila dinyatakan lulus, maka peserta bisa langsung melakukan daftar ulang di PTKIN yang dituju. 

Untuk peserta seleksi yang dinyatakan lolos, diharapkan untuk selalu melakukan daftar ulang dan meng-update informasi dari masing-masing PTKIN yang dituju yaitu website atau sosial media. 

Kelompok Ujian dan Syarat Program Studi

Suasana di Masjid UIN Sunan Kalijaga

Photo :
  • Repro Instagram

Untuk kelompok ujian UM-PTKIN ini terbagi menjadi tiga, yaitu Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang terdiri atas Tes Potensi Akademik, Bahasa, Keisalam dan Al Quran. Kemudian ada Tes Kemampuan Bidang IPA dan Tes Kemampuan Bidang IPS. Dalam UM-PTKIN ini juga sudah diatur ketentuan kelompok program studi dan jumlah pilihan.

Pertama kelompok ujian peserta akan ditentukan menurut pilihan prodi peserta. Semua kelompok ujian bisa memilih minimal 1 prodi dan maksimal 3 prodi. Kemudian urutan dalam pemilihan prodi dinyatakan menurut prioritas. Terakhir, setiap peserta bebas memilih lokasi ujian di salah satu PTKIN seluruh Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya