Tersisa Delapan Spesies, Ini 8 Fakta Menarik Tentang Beruang

beruang kutub
Sumber :
  • AWeith/Wikimedia

VIVA – Beruang merupakan hewan yang tergolong dalam kelas mamalia, binatang ini juga masuk dalam hewan karnivora atau pemakan daging, diluar ciri fisiknya yang umum seperti memiliki bulu tebal, memiliki cakar yang tajam dan bermoncong panjang, nyatanya hewan ini memiliki keunikan dan fakta tersendiri yang menarik untuk diketahui.

Cara Baru Merayakan Ulang Tahun, Inovasi dari Didimax

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut rangkuman beberapa sumber terkait 8 fakta menarik tentang beruang

8 Fakta beruang

6 Tradisi Unik Merayakan Hari Paskah dari Berbagai Negara

1. Hanya tersisa 8 spesies di dunia

Sejarah mencatat, di masa lalu terdapat ratusan spesies beruang di seluruh penjuru dunia. Namun kabar menyedihkannya saat ini, hanya tinggal delapan spesies beruang yang tersisa, beberapa diantaranya yaitu

Pengalaman Unik Seorang Mualaf saat Pertama Kali Bukber Ramadhan

Beruang kutub, panda, beruang cokelat, beruang sloth, beruang kacamata (spectacled bear), beruang asia hitam, beruang hitam asal Amerika Utara dan beruang madu.

Lidah Beruang Madu

Photo :
  • U-Report

2. Ukuran beruang

Pada semua spesies beruang, ukuran jantan lebih besar daripada betina (yang masih dalam spesies yang sama). Perbedaan antar jenis kelamin ini, semakin besar pada spesies yang lebih besar.

Beruang kutub jantan berbobot dua kali lebih besar daripada betinanya, sedangkan pejantan pada spesies beruang yang lebih kecil berbobot hampir sama dengan betinanya. Selain itu, beruang dapat hidup sekitar 25 tahun hingga 40 tahun.

Beruang kutub

Photo :
  • U-Report

3. Hibernasi

Hibernasi atau rahat adalah kondisi ketidak aktifan dan penurunan metabolisme pada hewan yang ditandai dengan suhu tubuh rendah, pernapasan yang lebih perlahan, serta kecepatan metabolisme yang lebih rendah.

Hewan yang melakukan hibernasi berusaha menghemat energi, terutama selama musim dingin sewaktu terjadi kelangkaan makanan, membakar cadangan energi, lemak tubuh, dengan perlahan. Hibernasi dapat terjadi selama beberapa hari atau minggu, tergantung dari spesies, suhu sekitar, dan waktu. Hewan yang terkenal suka melakukan hibernasi adalah "beruang”.

Panda Raksasa

Photo :
  • U-Report

4. Di Indonesia beruang madu hampir punah

Seperti yang tertuang dalam Keputusan Menteri Pertanian No. 66/Kpts/Um/2/1973 tanggal 4 Februari 1973. Tentang beruang madu merupakan satwa yang dilindungi dan terancam punah di Indonesia.

5. Fungsi telapak tangan

Beruang memiliki telapak tangan yang dipenuhi cakar yang tajam dan tak dapat ditarik masuk, cakar atau kuku tersebut dapat mereka gunakan untuk memanjat pohon, menyobek sarang lebah atau serangga lain, menggali tanah atau menerkam mangsanya.

Dengan menggunakan kekuatan tangan dan kakinya, beruang tercatat dapat berlari hingga 50 km/jam, dengan kakinya dan bobot tubuhnya yang berat, hewan ini juga dapat bergerak secara fleksibel ketika berlari.

Ilustrasi beruang.

Photo :
  • Pixabay/Schmid-Reportagen

6. Memiliki penglihatan yang sama seperti manusia

Hewan yang memiliki nama latin Ursus ini memiliki penglihatan yang hampir sama dengan penglihatan manusia. Beruang hitam dan sejenisnya tidak buta warna dan dapat melihat dengan jelas warna yang ada di depannya.

7. Jumlah gigi

Bermoncong yang panjang. Giginya digunakan untuk bertahan dan alat dan tergantung pada makanannya. Jumlah gigi bervariasi tergantung pada spesiesnya, beruang dapat memiliki 32 hingga 42 gigi.

Susunan Gigi beruang tidak dikhususkan untuk membunuh mangsa mereka, karena gigi taring beruang relatif kecil dan umumnya digunakan untuk pertahanan diri atau alat. Bentuk gigi geraham beruang itu cukup lebar dan datar, gigi tersebut digunakan untuk memotong dan mengunyah tumbuhan menjadi potongan lebih kecil supaya dapat dicerna.

8. Memiliki bulu yang berbeda

Berbulu panjang dan kasar. Dengan warna bulu yang bervariasi tergantung pada spesiesnya, ada yang berwarna putih, blonde atau krem, hitam dan putih, sampai hitam semua atau cokelat semua. Warna bulu beruang juga bervariasi walaupun mereka masih dalam satu spesies.

Sebagai contoh, Beruang Amerika hitam mungkin saja berbulu hitam, cokelat, cokelat kemerahan, atau hitam kebiruan. Beberapa spesies, seperti Beruang madu dan spectacled bear memiliki dada yang berwarna cerah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya