Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Penjelasan dan Fakta-faktanya

Pembelajaran Tatap Muka  (PTM) di Kota Tangerang.
Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Tangerang.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)

VIVA Edukasi – Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Iwan Syahril mengatakan, penerapan Kurikulum Merdeka Belajar akan semakin mempercepat pemulihan dan peningkatan kualitas pendidikan nasional.

“Dengan menerapkan tahapan penting yaitu asesmen awal pembelajaran dan pembelajaran terdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka, maka akan berfokus terhadap peserta didik karena mengimplementasikan pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai minat, kebutuhan, serta karakteristik siswa,” kata Iwan dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, dikutip VIVA Selasa, 5 Juli 2022.

Kemendikbudristek memprioritaskan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar untuk memulihkan pendidikan nasional dengan menggunakan Kurikulum Merdeka yang disesuaikan kondisi saat ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada sekolah-sekolah dan para guru yang telah menerapkan program ini dan berharap minat belajar para siswa semakin tinggi sehingga kualitas pendidikan nasional turut meningkat,” kata Iwan.

Apa itu Kurikulum Merdeka Belajar?

Kurikulum Merdeka Belajar merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. 

Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran bisa disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.