Tertua Bukan di Jawa, Ini 5 Kota Tertua di Indonesia

Peta Indonesia.
Sumber :

VIVA Edukasi –  Negara Kesatuan Republik Indonesia telah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tahun ini Indonesia akan merayakan ulang tahun kemerdekaannya yang ke 77 tahun.

7 Negara Paling Beragam di Asia, Indonesia Nomor Segini

Sebelum negara Indonesia merdeka, ternyata ada berbagai kota yang sudah ada di Indonesia dan usianya lebih tua dari kemerdekaan. Lantas, Kota apa saja yang sudah ada tersebut dan tergolong berumur tua? Simak ulasan Viva yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Palembang, Sumatera Selatan

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Jembatan Ampera, ikon kota palembang

Photo :
  • U-Report

Palembang adalah kota tertua di Indonesia yang berusia sekitar 1337 tahun. Usia kota ini dikukuhkan berdasarkan prasasti Sriwijaya atau prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan oleh Arkeolog. Usia prasasti itu bertanggal tahun 16 Juni 683 masehi. .

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Kota Palembang didirikan oleh penguasa kerajaan Sriwijaya. Ketika itu, sebagian kota dikelilingi oleh air. Menurut data statistik tahun 1990, sekitar 52,24% tanah tergenang air.

Asal usul nama kota Palembang berasal dari bahasa Melayu. Kata Pa atau Pe dalam Melayu adalah kata penunjuk untuk tempat atau keadaan. Sedangkan lembang artinya tanah yang rendah, lembah akar yang makin lama membengkak karena terendam air. Jadi, nama Palembang artinya suatu tempat yang digenangi air.

2. Salatiga, Jawa Tengah

Gerbang Tol Salatiga

Photo :
  • U-Report

Beberapa sumber menemukan asal-usul kota Salatiga berdasarkan prasasti. Di mana, hari jadi kota Salatiga, prasasti Plumpungan dibakukan tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi. Ini sekaligus menjadikan Salatiga sebagai salah satu kota tertua di Indonesia.

Prasasti Plumpungan tertulis di batu besar. Ukuran batu sekitar 170 cm dan lebar 160 cm. Prasasti tersebut saat ditemukaan beberada di dukuh Plumpungan, kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo.

Adapun tulisan prasasti adalah ketetapan hukum status tanah daerah yang disebut perdikan. Pemberian perdikan ini dilakukan oleh seorang raja. Perdikan menjelaskan tentang suatu daerah yang dibebaskan dari pajak atau upeti. karena desa tersebut berjasa pada seorang raja.

3. Kediri, Jawa Timur

Kediri Eco Park

Photo :
  • Instagram @kediri_ecopark

Kota Kediri berada di urutan ketiga kota tertua di Indonesia. Sejarah berdirinya Kediri berdasarkan prasasti Kwak di dusun Kwak Desa Ngadirejo. Tanggal prasasti 27 Juli 879 Masehi ditetapkan oleh Rakai Kayuwangi sebagai daerah perdikan. Diperkirakan usia kota Kediri ini mencapai 1.142 tahun.

4. Magelang, Jawa Tengah

Silancur Highland Magelang

Photo :
  • U-Report

Kota Magelang juga ditetapkan sebagai perdikan atau daerah istimewa. Penetapan prasasti Mantyasih tertulis tanggal 11 April 907 Masehi, oleh Raja Dyah Balitung. Penetapan prasasti kini menjadi hari jadi kota Magelang, sekaligus penanda bahwa Magelang bagian dari kota tertua di Indonesia.

Asal usul kota Magelang berasal dari kisah datangnya orang Keling (Kalingga) ke Jawa. Orang Keling memakai hiasan gelang di hidung mereka. Awan kata "ma" artinya memakai atau menggunakan. Jika diartikan kota Magelang adalah daerah yang didatangi orang-orang memakai gelang.

5. ?Banda Aceh, NAD

Jamaah salat id di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Photo :
  • VIVA/Dani Randi

Banda Aceh termasuk kota tua di masa kerajaan Aceh Darussalam. Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah, pada 1 Ramadhan 601 Hijriah atau 22 April 1205 Masehi. Banda Aceh menjadi kota Islam tertua di Asia Tenggara.

Selain itu kota yang dikenal sebagai Serambi Mekah ini berperan dalam penyebaran agama Islam. Ketika masa kerajaan, kota Bandar Aceh Darussalam dikenal sebagai pusat pendidikan Islam. Kota ini banyak dikunjungi pelajar dari Timur Tengah, India, dan negara lainnya.

Demikian informasi yang dapat Viva berikan mengenai kota tertua di Indonesia yang rata-rata bersumber dari data prasasti yang menjelaskan kelahiran kota tersebut dan ditemukan di wilayah kota yang saat ini masih berdiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya