PPDB Zonasi Kota Bandung Tahap II, Pendaftar SD Hanya 3 Siswa

Ilustrasi siswa
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

VIVA Edukasi - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung mengungkapkan, empat Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung minim pendaftar dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 via zonasi tahap II. 

Di antaranya, SD Putraco Indah di Jalan Rajamantri Kaler, Lengkong, Kecamatan Buah Batu, Kota Bandung hanya terdapat 3 pendaftar. Kemudian, SDN Cidadap hanya 6 pendaftar yang lolos seleksi dari kuota 56 kursi dan SDN Sukaraja dengan 10 pendaftar yang lolos seleksi. Kemudian SDN Cilandak dengan sembilan pendaftar yang lolos seleksi. SDN 217 Sarijadi dengan tujuh pendaftar yang lolos seleksi. 

"Nah ini Putraco Indah baru 3 orang," Ketua Tim PPDB Kota Bandung, Edy Suparjoto, Selasa 12 Juli 2022.

Antisipasi disiapkan meski animo masyarakat masih kurang. "Kita sudah antisipasi dengan mengurangi rombel sekolah sekitar, SD Pelita dan Karang Pawulang itu sudah dikurangi agar Putraco bisa penuh oleh peserta didik," katanya. 

Menurutnya, lokasi SDN Putraco berdekatan dengan dua SDN besar bahkan dipicu dengan anggapan merupakan sekolah inklusi yang diisi peserta didik berkebutuhan khusus. 

"Putraco itu ada bebeberapa peserta difasilitasi dari peserta didik kebutuhan khusus sebetulnya bukan (khusus) kebutuhan khusus. Stigma masyarakat Putraco itu sekolah inklusi," katanya.

Kawasan Lembang Padat Merayap, Antrean Kendaraan Mengekor hingga Kota Bandung
Ilustrasi siswa sekolah dasar, siswa SD, murid sekolah dasar, murid SD

Sekolah Dilarang Lakukan Pungutan PPDB

Seluruh satuan pendidikan yang diselenggarakan pemerintah Kotawaringin Timur dilarang memungut biaya apapun dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB).

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024