Ulas Jurusan Akuntansi, Ada 10 Alasan Memilih Jurusan Ini

ilustrasi akuntansi
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Akuntansi adalah bidang yang terus berkembang seiring dengan perkembangan dunia bisnis di dunia. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang senang bekerja di kantor dengan minat yang tinggi terhadap keteraturan. Bagi yang ingin mengambil jurusan kuliah akuntansi, pastikan diri kamu sudah mantap. Nah, simak ulasan dari VIVA mengenai Jurusan Akuntansi berikut ini.

AirAsia Indonesia Bukukan Pendapatan Rp 6,62 Triliun pada Tahun 2023

Pengertian Jurusan Akuntansi

Ilustrasi akuntansi

Photo :
  • www.pixabay.com/stevepb
IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

Jurusan akuntansi adalah cara memelihara keuangan. Ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi akuntan dengan mengajarkan mereka tentang prinsip-prinsip akuntansi seperti audit, pelaporan, penganggaran dan peraturan pajak. Akuntansi adalah sarana yang digunakan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan informasi keuangannya.

Akuntansi yang mencakup pembelajaran tentang keuangan, pelaporan informasi keuangan organisasi, dan akuntansi manajerial. Penggunaan data itu untuk mengukur kinerja entitas dan informasi keputusan tentang masa depan dan kontrolnya. Jurusan akuntansi mempelajari bagaimana catatan keuangan perusahaan yang dibuat dan dipelihara. Ia mempelajari perpajakan, audit, dan pelaporan keuangan.

Kinerja Membaik, Fitch Kerek Rating Bank Mandiri Jadi AAA (Idn)/‘BBB’; Outlook Stable

Spesialisasi Akuntansi

Ilustrasi seorang akuntan.

Photo :
  • BusinessInsider

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, akuntansi juga mengalami perkembangan cukup pesat yang didukung pertumbuhan ekonomi dunia. Hal ini kemudian memunculkan berbagai bidang spesialisasi akuntansi yang berfokus pada bidang-bidang tertentu.

Berikut 10 bidang spesialisasi akuntansi yang patut diketahui:

Akuntansi keuangan (financial accounting)
Akuntansi pemeriksaan (auditing)
Akuntansi biaya (cost accounting)
Akuntansi manajemen (Management accounting)
Akuntansi pajak (tax accounting)
Akuntansi anggaran (budgeting accounting)
Akuntansi internasional (international accounting)
Akuntansi lembaga nirlaba (non-profit accounting)
Akuntansi pemerintah/sektor publik (government accounting)
Sistem akuntansi (Accounting system)
Tidak Ada Bisnis tanpa Akuntansi

Ilustrasi bisnis

Photo :
  • pixabay

Agar menjadi profesional yang andal, anak Akuntansi harus belajar tentang pelaporan keuangan, audit, peraturan pajak, penganggaran pajak, dan berbagai prinsip Akuntansi lainnya.

Menjadi anak Akuntansi itu berarti Anda tidak hanya belajar tentang penyusunan laporan keuangan dan pelaporan informasi keuangan perusahaan. Akan tetapi, kuliah juga harus belajar tentang bagaimana menggunakan data keuangan tersebut untuk mengatur kinerja perusahaan.

Akuntansi punya peran yang sangat penting sebagai sarana perusahaan untuk menyampaikan informasi keuangannya. Bahkan, Akuntansi kerap disebut sebagai bahasa bisnis.

Alasan Mengapa Memilih Jurusan Akuntansi
Memiliki esensi tinggi
Setiap perusahaan pasti membutuhkan sistem keuangan yang baik. Kamu bisa menggunakan keahlian akuntansi kamu dalam peluang ini. Maka dari itu kamu harus benar-benar serius belajar mengenai akuntansi, jangan asal lulus saja.

Jurusan Paling Tepat bagi Pecinta
Matematika Memang jika kamu tidak terlalu bisa menghitung-hitung seharusnya perlu Kembali untuk mendaftar. Akuntansi sangat dibutuhkan hitung dan hitung, maka dari itu kamu yang passionnya di matematika sangat cocok dalam jurusan ini.

Memiliki Karier yang Cerah
seseorang yang memiliki keahlian dalam ilmu akuntansi pasti memiliki karier yang cerah. Karena dalam akuntansi kita bukan hanya dapat menjadi akuntan saja, melainkan kita dapat menjadi manajer, audit,banker, dosen bahkan jadi guru.

Mengajarkan Sikap Tanggung Jawab
Kamu akan diajari bagaimana untuk belajar bertanggung jawab dalam suatu hal, khususnya dalam laporan keuangan yang dikerjakan. Jadi jangan heran sikap tanggung jawab ini akan membantu kamu dalam mencari kerja nanti.

Memiliki beberapa Cabang Ilmu Akuntansi
Akuntansi memiliki cabang ilmu yang luas, jadi kamu dapat memilih apa yang menjadi kesukaan kamu. Diantaranya adalah Akuntansi Pendidikan, Akuntansi Keuangan, Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Manajemen dan lain-lain.

Memiliki Pribadi Lebih Disiplin, Rapi dan Teratur
Anak akuntansi cenderung menjadi orang-orang yang disiplin, rapi dan teratur. Lihat saja bagaimana mereka membuat laporan keuangan dengan baik. Dalam bidang akademik saja sudah menerapkan keteraturan, apalagi dalam kehidupan nyata.

Memiliki Pribadi yang Kreatif
Akuntansi bukan hanya berhitung, anak akuntansi juga harus pandai mengambil keputusan. Maka dari itu kamu akan belajar menjadi pribadi yang kreatif.

Latar Belakang yang Mendukung Bisnis
Bukan hanya bekerja pada orang lain, untuk menjadi pebisnis kita juga harus menganalisis untung dan rugi suatu usaha. Jadi sebagai anak akuntansi kamu juga bisa membuka lapangan kerja.

Dapat Bekerja di Industri Apa Pun
Akuntan mencatat, mengklasifikasikan, meringkas, melaporkan dan mengomunikasikan informasi keuangan tentang suatu bisnis. Kamu dapat menerapkan di perusahaan manapun, bidang apapun, industri dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Luas
Lulusan akuntansi memiliki prospek kerja yang sangat luas, di setiap bidang bisnis pasti membutuhkan seorang akuntan.

Jurusan Akuntansi di Universitas Top Indonesia

Universitas Indonesia

Photo :
  • ui.ac.id

Sebagaimana disebutkan di atas, kuliah Akuntansi saat ini ditawarkan pada Program D3, D4, dan S1. Untuk Program S1, Prodi Akuntansi ada di Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Jember, dan kampus-kampus lain.

Untuk Program D4, Prodi Akuntansi ada di Politeknik Negeri Padang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Makassar, Politeknik Negeri Bandung, dan lain sebagainya. Kalau kamu mau kuliah di Program D3 Akuntansi, beberapa rekomendasi pilihan kampusnya antara lain Politeknik Harapan Bersama, Universitas Tidar, Universitas Sebelas Maret, Universitas Sriwijaya, dan lain-lain.

Profesor di ASU lecehkan wanita muslim (Doc: MEMO)

Profesor Pro-Israel Lecehkan Wanita Berhijab di Kampus AS, Langsung Dipecat!

Arizona State University (ASU), pada Kamis, 9 Mei 2024, mengumumkan pemecatan profesor yang melakukan pelecehan verbal terhadap seorang wanita berhijab di kampus AS

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024