Pengertian Arsitektur, dari Sejarah hingga Unsur

Contoh desain arsitektur
Sumber :
  • the architectural review

VIVA Edukasi – Artisitektur dan arsitek adalah kedua hal yang berbeda. Arsitektur adalah ilmu yang dipelajari dan diterapkan, sementara arsitek adalah orang yang melakukan pekerjaan arsitektur. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu arsitektur, berikut pengertian, sejarah, tugas dan raung lingkup, hingga unsur arsitektur.

Gempa M 7,4 di Taiwan, 4 Orang Tewas dan 711 Luka-luka

Pengertian Arsitektur

Contoh desain arsitektur

Photo :
  • the architectural review
Potret Istana Versailles Disulap Jadi Arena Olimpiade 2024

Arsitektur adalah proses dan produk dari perencanaan, perancangan, dan konstruksi bangunan atau struktur lainnya. Karya arsitektur, dalam bentuk bangunan atau struktur, dianggap sebagai simbol kultural dan sebagai karya seni. Peradaban-peradaban bersejarah terkadang diidentifikasikan melalui pencapaian-pencapaian arsitektur mereka yang masih bertahan.

Arsitektur ialah ilmu seni Teknik Sipil atau praktik perancangan dan pembangunan struktur dan konstruksi bangunan. Dalam arti yang lebih luas, arsitektur dapat mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan level makro, misalnya perencanaan kota, tidak hanya satu bangunan dan pelengkapnya saja.

Bekas Hunian Lapas Kelas IIA Kerobokan Bali Ludes Terbakar

Arsitektur Menurut Ahli

Bangunan Islam yang masuk nominasi Festival Arsitektur Dunia

Photo :
  • Dok. World Architecture Festival

Mangunwijaya dan Wastu Citra 

Mengungkapkan bahwa arsitektur berasal dari bahasa Yunani “archee” dan “tectoon”. Archee berarti yang asli, yang utama, yang awal. Sementara Tectoon berarti  kokoh, tidak roboh atau stabil. Maka archeetectoon berarti orisinal dan kokoh.

Francis DK Ching

Arsitektur membentuk suatu tautan yang mempersatukan ruang, bentuk, teknik dan fungsi.

Amos Rappoport 

Arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia, yang lebih dari sekadar fisik, tapi juga menyangkut pranata-pranata budaya dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan budaya masyarkat, yang diwadahi dan sekaligus mempengaruhi arsitektur.

Djauhari Sumintardja

Arsitektur merupakan  sesuatu yang dibangun manusia untuk kepentingan badannya (melindungi diri dari gangguan) dan kepentingan jiwanya (kenyamanan, ketenangan, dll).

Benjamin Handler

Arsitek  adalah  seniman  struktur yang  menggunakan  struktur  secara  estetis  berdasarkan  prinsip-prinsip struktur itu sendiri.

Sejarah Arsitektur

Arsitektur bangunan khas Maroko selalu menjadi daya tarik wisatawan.

Photo :
  • en.wikipedia.org

Praktiknya yang dimulai pada masa prasejarah digunakan sebagai salah satu cara untuk mengekspresikan budaya pada tiap peradaban di semua benua. Dengan alasan ini, arsitektur dianggap sebagai salah satu bentuk kesenian. Teks-teks mengenai arsitektur telah ditulis sejak zaman kuno. 

Teks paling tua mengenai teori arsitektur adalah terdapat di sebuah risalah dari abad ke-1 yang berjudul De architectura oleh arsitek romawi, Vitruvius. Menurutnya, bangunan yang baik harus memiliki firmitas (kekuatan), utilitas (kegunaan), dan venustas (keindahan). Pada abad ke-19, Louis Sullivan membuat pernyataan "form follows function" yang memiliki arti "bentuk mengikuti fungsi". 

Pernyataan ini sering diasosiasikan sebagai konsep modern dari arsitektur. Unsur "fungsi" di sini tidak hanya mencakup kegunaan saja namun juga estetika, psikologis, dan dimensi kultural. Ide arsitektur berkelanjutan mulai diperkenalkan pada akhir abad ke-20.

Selama bertahun-tahun, bidang konstruksi arsitektur telah berkembang mencakup segala hal mulai dari desain kapal hingga dekorasi interior.

Tugas & Ruang Lingkup Arsitek

Contoh desain arsitektur

Photo :
  • the architectural review

Seorang yang melakukan pekerjaan arsitektur disebut arsitek. Menurut IAI yang merupakan singkatan dari Ikatan Arsitektur Indonesia, tugas dan ruang lingkup pekerjaan seorang arsitek adalah sebagai berikut.

Mengonsep Rancangan
Pada tahap ini arsitek melakukan persiapan perancangan yang meliputi pemeriksaan seluruh data serta informasi yang diterima, membuat analisis dan pengolahan data.

Pra Rancangan (Membuat Skematik Desain)
Di sini, arsitek menyusun pola dan gubahan bentuk arsitektur yang diwujudkan dalam gambar-gambar berdasarkan konsep rancangan yang telah disusun.

Pengembangan Rancangan
Pada tahap ini, arsitek bekerja atas dasar prarancangan yang telah disetujui oleh pengguna jasa untuk menentukan: sistem konstruksi & struktur bangunan, bahan bangunan, dan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Pembuatan Gambar Kerja
Arsitek menerjemahkan konsep rancangan yang terkandung dalam pengembangan pancangan tersebut ke dalam gambar-gambar dan uraian-uraian teknis yang terinci, sehingga semua pihak yang dilibatkan dapat menjelaskan proses pelaksanaan dan pengawasan konstruksi.

Pengadaan Pelaksanaan Konstruksi
Pada tahap ini, arsitek mengolah hasil pembuatan gambar kerja ke dalam bentuk format dokumen pelelangan yang dilengkapi dengan tulisan uraian Rencana kerja dan syarat-syarat teknis pelaksanaan pekerjaan-(RKS) serta rencana anggaran biaya (RAB) termasuk daftar volume (Bill of Quantity/BQ).

Pengawasan Berkala
Arsitek melakukan peninjauan dan pengawasan secara berkala di lapangan dan mengadakan pertemuan secara teratur dengan pengguna jasa dan pelaksana pengawasan terpadu atau MK yang ditunjuk oleh pengguna jasa.

Unsur Arsitektur 

Arsitektur unik hotel di dunia.

Photo :
  • http://daftarhotelmewah.blogspot.com/

Unsur-unsur arsitektur terdiri dari tiga penggolongan utama, yaitu: unsur fisik, penerimaan, dan konseptual. Di bawah ini adalah penjabaran masing-masing unsur tersebut.

Unsur Fisik
Dalam arsitektur, unsur fisik berupa bentuk dan ruang, di sini harus diperhatikan bagaimana sistem dan struktur yang diterapkan, apa saja teknologi yang dipakai.

Unsur Penerimaan
Berlawanan dengan unsur fisik, ini adalah unsur psikologis dari suatu arsitektur. Apakah manusia akan nyaman menghuni bangunan ini? Apakah jalan masuk dan keluar seseorang mengalir dan mudah untuk ditebak?

Unsur Konseptual
Unsur konspetual berarti, apakah selain dapat diterima dengan baik bangunan/lingkungan ini juga ingin menyampaikan suatu makna? Atau ingin membuat simbol tertentu 

Viral Tukang Bangunan Pasang Ubin hingga Tutup Jendela, Dibilangin Ngeyel

Viral Tukang Bangunan Pasang Ubin Sampai Tutup Jendela, Dibilangin Ngeyel

Aksi tukang bangunan memasang ubin di dinding hingga menutup jendela, viral di media sosial sejak Selasa 2 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
4 April 2024