10 Kelebihan dan Kekurangan Karier Akuntansi yang Harus Anda Tahu

Ilustrasi akuntansi
Sumber :
  • www.pixabay.com/stevepb

VIVA Edukasi – Mengejar karier sebagai akuntan mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk berinvestasi dalam pendidikan Anda. Tidak dipungkiri, akan ada karir yang menjanjikan dari bidang akutansi ini. 

Prodi Akuntansi Universitas Mercu Buana Raih Akreditasi Unggul

Selain itu, Anda juga kerap mendapatkan peningkatan karier yang terjamin sehingga tidak heran jika bidang akuntansi menjadi salah satu jurusan paling digandrungi di berbagai sekolah tinggi. Akuntansi juga merupakan salah satu jurusan paling banyak diincar dan populer, terlebih khususnya untuk dunia kerja.

ilustrasi akuntansi

Photo :
  • pixabay
8 Tips Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Pasalnya, akuntansi merupakan jurusan umum yang akan sangat dipakai di berbagai perusahaan. Di jurusan ini Anda akan mempelajari seluk beluk terkait keuangan, mulai dari manajemen hingga perhitungan lainnya. Di mana nantinya akan melahirkan keterampilan mumpuni dan dibutuhkan untuk mencari pekerjaan.

Jadi, apakah akuntansi merupakan jurusan yang baik untuk Anda kejar? Lihatlah pro dan kontra karier akuntansi berikut ini untuk mengarahkan diri Anda ke arah yang benar. Berikut ini ada kelebihan dan kekurangan karier akuntansi yang perlu Anda ketahui, melansir dari rasmussen.edu:

Resmi Cerai, Ariana Grande Dituntut Bayar Tunjangan Rp19 Miliar ke Mantan Suami

Kelebihan Karier Akuntansi

Ada banyak hal yang disukai tentang karier di bidang akuntansi. Pelajari lebih lanjut tentang beberapa keuntungan yang dapat Anda harapkan dengan mengejar profesi ini.

Ada Jenjang Karier yang Jelas

Jika Anda belajar akuntansi, Anda mempelajari keterampilan praktis dan terdefinisi dengan baik yang dibutuhkan pemberi kerja untuk serangkaian peran tertentu. Ini memberi Anda jalur karier yang jauh lebih jelas dibandingkan dengan seseorang yang memilih untuk belajar bahasa Inggris atau filsafat di mana potensi hasil karier lebih terbuka.

“Saya orang yang sangat analitis, dan saya telah menemukan bahwa saya senang memiliki proses langkah demi langkah untuk diikuti,” kata Angela Christian, pengontrol keuangan di Burkland . “Akuntansi adalah bidang yang sempurna bagi orang-orang yang menghargai buku panduan yang jelas untuk diikuti.”

Jika Anda memilih untuk mengejar gelar akuntansi, Anda akan memiliki gagasan yang cukup kuat tentang ke mana karir Anda akan membawa Anda. Meskipun ada  berbagai jenis akuntan  di lapangan, tugas yang Anda miliki dan keterampilan yang akan Anda gunakan umumnya sama, artinya Anda tahu untuk apa Anda mendaftar.

Merupakan Pekerjaan yang Stabil dan Berkembang

Akuntansi bukanlah profesi yang akan hilang dalam waktu dekat. Hampir setiap bisnis membutuhkan seorang akuntan atau jasa dari kantor akuntan eksternal, dan bahkan rata-rata orang memiliki alasan untuk mempekerjakan seorang akuntan dari waktu ke waktu. Selama orang membutuhkan bantuan dengan pajak dan bisnis ada, akan ada kebutuhan akan akuntan. 

Bukan berarti akuntansi hanyalah bidang yang tetap—pekerjaan yang berhubungan dengan akuntansi bahkan diproyeksikan akan tumbuh di tahun-tahun mendatang. Biro Statistik Tenaga Kerja (BLS) memproyeksikan bahwa pekerjaan akuntan dan auditor keuangan tumbuh tujuh persen dari 2020 hingga 2030, yang berjumlah 96.000 pekerjaan baru yang diproyeksikan selama periode waktu itu. 

Jalur Karier yang Tawarkan Potensi Penghasilan yang Kuat

Meskipun uang bukanlah satu-satunya hal yang penting dalam hidup—itu masih merupakan faktor penting untuk dipertimbangkan. Seperti siapa pun, Anda menginginkan karier yang memungkinkan Anda menafkahi diri sendiri dan keluarga. Jadi bagaimana karier akuntansi menumpuk?

Gaji tahunan rata-rata untuk akuntan dan auditor pada tahun 2021 adalah $77.250,  menurut BLS . Sebagai perbandingan, gaji tahunan rata-rata tahun 2021 untuk semua pekerja adalah $45.760. Potensi penghasilan yang kuat itu bisa menjadi lebih kuat lagi bagi mereka yang mampu maju ke peran manajemen. BLS melaporkan gaji tahunan rata-rata 2021 untuk manajer keuangan adalah $ 131.710 . 

Meskipun tentu saja tidak ada jaminan Anda akan maju ke posisi kepemimpinan, jelas bahwa pemberi kerja menghargai pengetahuan keuangan teknis yang dibutuhkan oleh para profesional akuntansi.

Anda Dapat Bekerja di Mana Saja

Di mana Anda ingin tinggal? Pantai Barat, Pantai Timur atau di antara keduanya? Kota besar atau kota kecil? Di pegunungan atau di tepi laut? Dengan beberapa bidang kareir, Anda mungkin perlu mencabut kehidupan Anda dan pindah ke pusat industri untuk memiliki kesempatan mencari pekerjaan.

Sementara peluang secara alami cenderung terkonsentrasi di pusat populasi besar, masih ada kebutuhan akan profesional akuntansi di tempat lain. Dari petani hingga organisasi pemerintah hingga perusahaan pengembang perangkat lunak, tampaknya semua orang dapat menggunakan jasa akuntan. Ini memberi akuntan cukup banyak fleksibilitas dalam memilih di mana mereka ingin menetap.

“Setiap jenis bisnis membutuhkan akuntan, sehingga Anda dapat menemukan cara untuk bekerja di industri atau jenis perusahaan apa pun yang Anda inginkan,” kata Nate Hansen, CPA dan pendiri di SuperfastCPA .

Ada Kesempatan Membantu Orang Lain

Meskipun akuntansi mungkin bukan profesi pertama yang muncul di benak orang-orang yang menemukan kepuasan dalam membantu orang lain, peran tersebut masih memiliki momen yang dapat memberikan kepuasan.

“Saya sangat senang membantu orang dan bisnis lebih memahami pajak mereka, cara penghitungannya, faktor apa yang memengaruhinya, dan cara efisiensi pajak dapat dioptimalkan,” kata Josh Leyenhorst, CPA dan penasihat di BasePoint Accounting and Finance .

Membantu individu dan bisnis mengatasi situasi keuangan mereka dengan lebih baik sehingga mereka dapat menavigasi langkah selanjutnya dengan percaya diri adalah perasaan yang menyenangkan—siapa yang tidak suka menjadi ahli tepercaya?

Dapatkan Potensi Wirausaha

Impian menjadi bos bagi diri sendiri adalah hidup dan sehat dalam profesi akuntansi. Jika Anda memiliki semangat kewirausahaan, memulai sebuah kantor akuntan bisa menjadi cara yang bagus untuk tumbuh dalam karir Anda.

“Banyak akuntan akhirnya membuka perusahaan mereka sendiri atau bahkan bisnis mereka sendiri yang tidak terkait dengan akuntansi,” kata Hansen. “Bekerja sebagai akuntan, Anda akan menjadi akrab dengan cara kerja dalam menjalankan bisnis, jadi ini adalah keuntungan besar jika Anda memutuskan untuk memulai bisnis sampingan atau bisnis Anda sendiri.”

Memulai firma akuntansi, seperti memulai bisnis apa pun, memiliki risikonya sendiri dan mungkin tidak untuk semua orang, tetapi bagus untuk memiliki ini sebagai pilihan.

Kekurangan Karier Akuntansi

Sama seperti industri lainnya, bekerja di bidang akuntansi memang memiliki kekurangan. Rasakan beberapa faktor yang kurang menarik sehingga Anda dapat memutuskan apakah itu cocok.

Potensi Tuntutan Pendidikan Berkelanjutan

Meskipun menyelesaikan program akuntansi akan membangun dasar yang kuat bagi Anda untuk membangun karier, bidang ini tidak membeku dalam waktu. Apakah itu dalam bentuk perbaikan besar atau perubahan kecil, undang-undang dan peraturan yang mempengaruhi pekerjaan Anda sebagai seorang akuntan dapat berubah.

Agar sukses dalam karir Anda, Anda harus merencanakan untuk memasukkan beberapa bentuk pendidikan berkelanjutan untuk mengikuti perubahan ini. Selain itu, banyak akuntan memilih untuk mengejar kredensial profesional seperti Certified Professional Accountant (CPA), Certified Management Accountant ® (CMA) dan Chartered Financial Accountant (CFA). Semua kredensial ini akan membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk awalnya diperoleh dan mungkin termasuk memenuhi persyaratan pendidikan berkelanjutan untuk mempertahankan status itu.

Pekerjaan yang Terlihat Membosankan

Berapa banyak akuntan terkenal di dunia yang Anda kenal? Jika Anda kesulitan memikirkannya, ada alasannya—akuntansi biasanya tidak dilihat sebagai bidang yang "glamor". Tapi pengakuan dan kemewahan bukanlah segalanya. Pekerjaan sehari-hari membutuhkan banyak penyelidikan dan matematika, yang bisa membosankan bagi sebagian orang tetapi menarik bagi yang lain.

“Jujur saja, ini bisa membosankan,” kata Hanson. “Pasti akan ada saat-saat di mana Anda melakukan penghitungan angka yang membosankan atau tanpa berpikir di Excel®, tetapi ada juga banyak pemecahan masalah dan evaluasi yang terlibat, yang dapat merangsang dan menarik.”

Ini adalah salah satu pertanyaan di mana Anda harus melihat ke dalam diri sendiri dan menjawab dengan jujur ??tentang apa yang cocok untuk Anda. Mempelajari lebih banyak tentang apa yang dilakukan akuntan setiap hari akan membantu Anda menentukan apakah pekerjaan itu menarik bagi Anda atau tidak. Lihat “ Apa yang Dilakukan Akuntan? A Look at Life Behind the Ledger ” untuk perspektif tambahan.

Ada Musim Sibuknya

Akuntansi biasanya merupakan pekerjaan standar 9-ke-5, kecuali untuk waktu-waktu tertentu dalam setahun dengan tenggat waktu yang akan datang. Batas waktu yang paling menonjol adalah 15 April untuk akuntan pajak. Bagi sebagian besar akuntan pajak, pengangkatan berat dimulai setelah Hari Tahun Baru hingga 15 April.

Leyenhorst menggambarkan saat-saat ini sebagai "gelombang kiriman" yang semakin diperumit oleh klien yang cenderung memberikan informasi pada menit terakhir.

“Meskipun dinamika ini dapat menyebabkan stres dan tantangan, ada langkah-langkah yang dapat mengurangi hal ini, seperti menetapkan tanggal target bagi klien untuk mengirimkan apa yang dibutuhkan dan melengkapi mereka dengan alat yang bermanfaat, seperti daftar periksa, untuk memastikan Anda menerima semua yang dibutuhkan. untuk melakukan pekerjaan itu,” kata Leyenhorst.

Selama musim sibuk, hari-hari yang panjang dan pekerjaan akhir pekan menjadi hal biasa karena akuntan bekerja untuk mengatur keuangan klien mereka. Tetapi sisi positifnya adalah segalanya melambat secara signifikan setelah periode waktu itu. Dengan cara ini, karir akuntansi menawarkan beberapa variasi dalam jadwal tahunan.

Pekerjaan yang Bisa Membuat Stres

Ketika Anda bertanggung jawab atas keuangan organisasi, pasti ada tekanan. Tetapi tekanan dan stres itu dapat berdampak pada kesehatan mental Anda secara keseluruhan dan patut dipertimbangkan.

Pengalaman negatif ini banyak berkaitan dengan tempat seorang akuntan bekerja dan secara spesifik peran mereka. Ini adalah taruhan yang aman untuk mengatakan, semakin penting posisi Anda dan semakin banyak uang yang Anda gunakan, semakin banyak tekanan yang akan Anda hadapi dalam pekerjaan. Tetapi apakah tekanan itu menghasilkan tingkat stres yang lebih tinggi tergantung pada kepribadian Anda.

Cobalah untuk secara jujur menilai sikap Anda terhadap tekanan dan beban kerja yang berat. Jika Anda tidak mudah stres atau tidak keberatan menjadi sedikit tegang, bekerja sebagai akuntan mungkin tidak mengganggu Anda. Jika Anda tahu bahwa Anda mudah lelah, mungkin karier akuntansi bukanlah pilihan yang ideal untuk Anda.

Jadi, apakah akuntansi merupakan pilihan karier yang baik untuk Anda?

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang pro dan kontra dari karier akuntansi, luangkan waktu untuk mengevaluasi apakah ini bidang yang cocok untuk Anda. Jika pro lebih besar daripada kontra, Anda mungkin ingin melihat lebih dekat bagaimana mempersiapkan diri untuk pekerjaan di bidang ini.

Apakah Anda masih bertanya, haruskah saya menjadi seorang akuntan? Mungkin membantu untuk mengetahui jenis komitmen apa yang terlibat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya