Mengenal Jurusan Teknik Informatika Secara Mendalam

warna warni server google
Sumber :
  • Google

VIVA Edukasi – Teknik Informatika (TI) merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (Software), dan kinerja komputer.

Prudential Indonesia Bayarkan Klaim Asuransi 17 Triliun Selama 2023

Dalam prosesnya, kamu juga akan banyak membuat flowchart atau bagan alur guna mengetahui bagaimana sebuah sistem dapat berjalan sesuai dengan fungsi dan logikanya. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter dasar yang harus kamu miliki untuk berkuliah di jurusan ini.

Warna-warni server milik Google (foto ilustrasi)

Photo :
  • Google
Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia

Lantas, kenapa harus memilih jurusan Teknik Informatika?

Jurusan ini cocok untukmu yang mempunyai pemahaman dan logika yang kuat, teliti, tekun, memiliki orientasi pada detail, terbiasa berpikir secara sistematis, terstruktur, menyukai hitungan atau matematika, gemar melakukan analisis, dan menyukai tantangan.

Alasan Kejaksaan Agung Izinkan 5 Smelter Timah Tetap Beroperasi Meski Disita

Salah satu keuntungan lain berkuliah di jurusan teknik informatika adalah lapangan pekerjaannya yang sangat luas. Saat ini hampir semua perusahaan menggunakan teknologi informasi. Tim IT bahkan menjadi salah satu tulang punggung keberhasilan suatu bisnis.

Bahkan tidak hanya di Indonesia, sarjana teknik Informatika juga banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan dunia sejalan dengan perkembangan teknologi. Selain itu, sebagai sarjana TI kamu juga dapat mendirikan software house hingga membangun startup sendiri.

Prospek Kerja Sarjana Teknik Informatika
Mengutip laman Universitas Pasundan, alumni Teknik Informatika bisa kerja di bidang industri manapun, seperti yang diketahui jika saat ini era industri sudah mencapai era industri 4.0 dan sebentar lagi akan memasuki era industri 5.0, dimana teknologi yang digunakan membutuhkan tenaga IT profesional yang sangat banyak untuk membangun dan mengelolanya. Berikut pilihan karir bagi lulusan Teknik Informatika.

1. Karyawan IT
Menjadi Karyawan IT adalah pekerjaan paling umum di bidang IT, untuk menjadi karyawan IT kamu tidak perlu memiliki kualifikasi tertentu atau jago di bidang tertentu, untuk menjadi Karyawan IT setidaknya kamu harus paham dasar-dasar tentang IT dan dapat menyesuaikan saat mengambil berbagai macam pekerjaan IT di dunia kerja.

2. Programmer
Menjadi programmer adalah salah satu karir yang berkaitan erat dengan jurusan Teknik Informatika. Pekerjaan ini termasuk yang paling banyak dicari saat ini, untuk menjadi programmer kamu harus menguasai bahasa pemrograman dan andal menggunakannya.

3. Konsultan IT
Konsultan IT bertindak sebagai jembatan antara klien dan tim teknis, Konsultan IT membantu klien untuk mengatasi permasalahan IT terkait sistem, aplikasi, dan penerapan operasional di perusahaan Konsultan IT harus mengetahui banyak hal karena levelnya yang terkesan seperti penasehat terkait IT dalam perusahaan.

4. Data Scientist
Data Scientist merupakan pekerjaan yang paling banyak dicari saat ini, tugasnya adalah bertanggung jawab mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data untuk menghasilkan informasi yang dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan.

5. Web Developer
Web Developer menjadi salah satu pekerjaan yang paling banyak diminati, selain populer, bayaran atau gaji dari pekerjaan ini terbilang cukup tinggi. Tugas Web Developer adalah membangun produk website atau sistem web.

Mulai dari mengatur domain, membuat basis data, mendesign web, hingga mengelola dan memelihara situs web.

Mata Kuliah yang Dipelajari
Mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini terbilang menantang. Namun, dalam penerapannya ilmu ini sangat dibutuhkan di era digital seperti sekarang. Mahasiswa akan diajarkan mata kuliah berupa:

Algoritma & Struktur Data
Sistem Operasi
Logika Informatika
Strategi Algoritma
Probabilitas dan Statistika
Pemrograman Berorientasi Objek
Rekayasa Perangkat Lunak
Artificial Intelligence
Pemrograman Internet
Kalkulus
Dasar Dasar Pemrograman
Sistem Komputer
Teori Komputasi
Metode Pengembangan Software
Sistem Jaringan
Data Mining
Database dan Sistem Informasi
Kriptografi
Etika & Hukum Cyber
Intelegensia Buatan
Basis Data

Dirjen Binwasnaker dan K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Haiyani Rumondang

Lindungi Kesehatan Pekerja, Kemnaker Ajak Perusahan Aktif Tanggulangi Tuberkolosis di Tempat Kerja

Kemnaker mengajak perusahaan untuk memiliki komitmen yang tinggi sekaligus terlibat partisipasi aktif dalam menanggulangi Tuberkolosis di tempat kerja.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024