Simak, Ini Dia Konsep Dasar Akuntansi yang Perlu Diketahui

Ilustrasi keuangan.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Edukasi - Dasar-dasar akuntansi merupakan salah satu ilmu yang sudah seharusnya dikuasai oleh seseorang yang memiliki profesi di bidang keuangan. Dasar-dasar akuntansi sangat berguna diketahui untuk berbagai hal, seperti Anda yang ingin merintis usaha, merekap maupun mengatur keuangan sehari-hari, dan masih banyak lainnya.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Memahami konsep dasar-dasar akuntansi tentunya dapat membantu Anda membuat keputusan keuangan yang lebih cerdas dalam jangka panjang dan dari hari ke hari.

Akuntansi sendiri merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan analisis, pencatatan, transaksi suatu entitas bisnis dengan tujuan agar bisa memberikan informasi  yang akurat pada pihak-pihak berkepentingan agar dapat mengambil suatu keputusan. 

Ramalan Zodiak Rabu 24 April 2024, Sagitarius: Hubungan dengan Kekasih Tidak Sehat Hari Ini

Akuntansi juga sebuah proses pencatatan, analisis, dan interpretasi informasi keuangan bisnis Anda secara sistematis. Pemilik bisnis menggunakan akuntansi untuk melacak operasi keuangan mereka, memenuhi kewajiban hukum, dan membuat keputusan bisnis yang lebih kuat.

Akuntansi adalah bagian penting dalam menjalankan bisnis. Ini adalah tugas yang harus Anda kuasai atau outsourcing atau keduanya. 

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

Dasar-dasar Akuntansi

Terlepas dari siapa yang mengelola akuntansi bisnis Anda, adalah bijaksana untuk memahami dasar-dasar akuntansi. Jika Anda dapat membaca dan menyiapkan dokumen dasar ini, Anda akan memahami kinerja bisnis dan kesehatan keuangan Anda sebagai hasilnya, Anda akan memiliki kendali yang lebih besar atas perusahaan dan keputusan keuangan Anda.

Berikut adalah dasar-dasar akuntansi kami sarankan untuk Anda kuasai, bahkan jika Anda bekerja dengan profesional, agen konsultan, atau telah menyewa akuntan publik bersertifikat (CPA), melansir dari blog.hubspot.com:

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi menunjukkan profitabilitas perusahaan Anda dan memberi tahu Anda berapa banyak uang yang dihasilkan atau hilang dari bisnis Anda.

Neraca Keuangan

Neraca adalah potret posisi keuangan bisnis Anda pada satu titik waktu. Neraca juga akan menunjukkan kepada Anda laba ditahan bisnis Anda, yang merupakan jumlah laba yang telah Anda investasikan kembali dalam bisnis Anda (bukan dibagikan kepada pemegang saham).

Laporan Laba Rugi (P&L)

Laporan laba rugi (P&L) adalah gambaran pendapatan dan pengeluaran bisnis Anda selama periode waktu tertentu (misalnya triwulanan, bulanan, atau tahunan). Perhitungan ini juga akan tercermin pada dokumen pajak Jadwal C bisnis Anda.

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas menganalisis aktivitas operasi, pembiayaan, dan investasi bisnis Anda untuk menunjukkan bagaimana dan di mana Anda menerima dan membelanjakan uang.

Rekonsiliasi Bank

Rekonsiliasi bank membandingkan pengeluaran tunai Anda dengan laporan bank Anda secara keseluruhan dan membantu menjaga catatan bisnis Anda tetap konsisten. (Ini adalah proses rekonsiliasi saldo buku Anda dengan saldo kas bank Anda.)

Istilah Akuntansi Dasar

Terdapat beberapa istilah dasar akuntansi yang bisa menciptakan fondasi di mana Anda akan membangun pengetahuan Anda tentang akuntansi bisnis. Meskipun beberapa istilah ini mungkin tidak berlaku untuk bisnis Anda saat ini, penting untuk mengembangkan pemahaman holistik tentang subjek ini jika Anda memperluas atau pindah ke jenis bisnis lain.

Debit & Kredit

Jangan bingung dengan kartu debit dan kredit pribadi Anda, debit dan kredit adalah istilah akuntansi dasar yang perlu diketahui. Debit adalah catatan semua uang yang diharapkan masuk ke rekening. Kredit adalah catatan semua uang yang diharapkan keluar dari suatu rekening.

Pada dasarnya, debit dan kredit melacak dari mana uang dalam bisnis Anda berasal, dan ke mana perginya. Banyak bisnis beroperasi dari rekening kas atau rekening bank bisnis yang menyimpan aset likuid untuk bisnis.

Ketika sebuah perusahaan membayar biaya sendiri, akun kas dikreditkan, karena uang bergerak dari akun untuk menutupi biaya. Ini berarti biaya didebit karena dana yang dikreditkan dari rekening kas menutupi biaya pengeluaran itu.

Piutang & Utang Usaha

Piutang adalah uang yang orang berutang Anda untuk barang dan jasa. Ini dianggap sebagai aset di neraca Anda. Misalnya, jika pelanggan memenuhi faktur mereka, jumlah piutang perusahaan Anda berkurang karena lebih sedikit uang yang terutang.

Utang adalah uang yang Anda berutang kepada orang lain dan dianggap sebagai kewajiban di neraca Anda. Misalnya, katakanlah perusahaan Anda membayar sewa sebesar $5.000 setiap bulan. Inilah cara yang akan dicatat dalam catatan keuangan Anda sebelum jumlah itu dibayarkan.

Akrual

Akrual adalah kredit dan utang yang sudah Anda catat tetapi belum terpenuhi. Ini bisa berupa penjualan yang telah Anda selesaikan tetapi pembayarannya belum terkumpul atau pengeluaran yang telah Anda lakukan tetapi belum dibayar.

(Mengapa tidak menunggu untuk mencatat aktivitas sampai pembayaran selesai? Kami akan menjawab pertanyaan ini saat kami menjelaskan metode akuntansi akrual nanti.)

Aset

Aset adalah segala sesuatu yang dimiliki perusahaan Anda — berwujud dan tidak berwujud. Aset Anda dapat mencakup uang tunai, peralatan, properti, hak cipta, paten, dan merek dagang.

Tingkat Pembakaran

Tingkat pembakaran Anda adalah seberapa cepat bisnis Anda menghabiskan uang. Ini adalah komponen penting saat menghitung dan mengelola arus kas Anda.

Untuk menghitung tingkat pembakaran Anda, cukup pilih periode waktu (seperti seperempat atau satu tahun). Kurangi jumlah uang tunai Anda di akhir periode itu dari uang tunai Anda di awal, lalu bagi angka itu dengan jumlah bulan dalam periode tersebut (atau dengan irama pilihan Anda).

Modal

Modal mengacu pada uang yang harus Anda investasikan atau belanjakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Biasanya disebut sebagai "modal kerja," modal mengacu pada dana yang dapat diakses (yaitu uang tunai di bank) dan tidak termasuk aset atau kewajiban.

Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan (COGS) atau biaya penjualan (COS) adalah biaya untuk memproduksi produk Anda atau memberikan layanan Anda.

COGS atau COS adalah pengeluaran pertama yang akan Anda lihat pada laporan laba rugi (P&L) dan merupakan komponen penting saat menghitung margin kotor bisnis Anda. Mengurangi COGS Anda dapat membantu Anda meningkatkan laba tanpa meningkatkan penjualan. kurangi biaya barang Anda untuk meningkatkan laba tanpa meningkatkan penjualan.

Depresiasi

Penyusutan mengacu pada penurunan nilai aset Anda dari waktu ke waktu. Ini penting untuk tujuan pajak, karena aset yang lebih besar yang memengaruhi kemampuan bisnis Anda untuk menghasilkan uang dapat dihapuskan berdasarkan penyusutannya. (Kami akan membahas pengeluaran dan penghapusan pajak nanti.)

Ekuitas

Ekuitas mengacu pada jumlah uang yang diinvestasikan dalam bisnis oleh pemiliknya. Ini juga dikenal sebagai "ekuitas pemilik" dan dapat mencakup hal-hal yang tidak bernilai moneter seperti waktu, energi, dan sumber daya lainnya. (Pernah mendengar tentang "ekuitas keringat"?)

Ekuitas juga dapat didefinisikan sebagai perbedaan antara aset bisnis Anda (apa yang Anda miliki) dan kewajiban (apa yang Anda berutang).

Bisnis dengan ekuitas yang sehat (positif) menarik bagi calon investor, pemberi pinjaman, dan pembeli. Investor dan analis juga melihat EBITDA bisnis Anda, yang merupakan singkatan dari pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi.

Pengeluaran

Pengeluaran termasuk setiap pembelian yang Anda lakukan atau uang yang Anda keluarkan dalam upaya untuk menghasilkan pendapatan. Beban juga disebut sebagai "biaya melakukan bisnis".

Ada empat jenis pengeluaran utama, meskipun beberapa pengeluaran termasuk dalam lebih dari satu kategori.

Pengeluaran tetap adalah pengeluaran yang konsisten, seperti sewa atau gaji. Pengeluaran ini biasanya tidak dipengaruhi oleh penjualan perusahaan atau tren pasar.
Biaya variabel berfluktuasi dengan kinerja dan produksi perusahaan, seperti utilitas dan bahan baku.
Biaya yang masih harus dibayar adalah biaya tunggal yang telah dicatat atau dilaporkan tetapi belum dibayar. (Ini akan termasuk dalam utang usaha, seperti yang telah kita bahas di atas.)
Biaya operasional diperlukan bagi perusahaan untuk melakukan bisnis dan menghasilkan pendapatan, seperti sewa, utilitas, penggajian, dan utilitas.
Tahun Anggaran

Tahun fiskal adalah periode waktu yang digunakan perusahaan untuk akuntansi. Tanggal mulai dan akhir tahun fiskal Anda ditentukan oleh perusahaan Anda; beberapa bertepatan dengan tahun kalender, sementara yang lain bervariasi berdasarkan kapan akuntan dapat menyiapkan laporan keuangan.

Kewajiban

Kewajiban adalah segala sesuatu yang perusahaan Anda berutang dalam jangka panjang atau pendek. Kewajiban Anda dapat mencakup saldo kartu kredit, gaji, pajak, atau pinjaman.

Keuntungan

Dalam istilah akuntansi, laba atau “garis bawah”adalah selisih antara pendapatan, COGS, dan pengeluaran Anda (termasuk biaya operasional, bunga, dan depresiasi).

Pendapatan

Pendapatan Anda adalah jumlah total uang yang Anda kumpulkan sebagai imbalan atas barang atau jasa Anda sebelum pengeluaran apa pun dikeluarkan.

Margin Kotor

Margin kotor Anda (atau pendapatan kotor), yang merupakan total penjualan Anda dikurangi COGS Anda angka ini menunjukkan keberlanjutan bisnis Anda.

Sekali lagi, istilah-istilah ini hanyalah pengantar akuntansi bisnis. Namun, mereka akan membantu Anda lebih memahami cara melakukan akuntansi untuk bisnis kecil Anda — yang akan kami ulas selanjutnya.

Penuaan

Baik akun A/P dan A/R mencakup penuaan, yang merupakan cara sederhana untuk mengelola uang masuk atau uang keluar. A/P aging menampilkan daftar semua tagihan yang saat ini terutang kepada vendor dan pemasok, melacak tanggal jatuh tempo dan memberi tahu Anda kapan pembayaran jatuh tempo, atau kapan terlambat.

A/R memberikan informasi yang sama untuk pembayaran pelanggan yang belum dibayar, sekali lagi memberi tahu Anda saat pembayaran pelanggan terlambat. Setelah Anda memiliki banyak pelanggan atau vendor, laporan penuaan dapat menjadi sangat berharga bagi bisnis Anda.

Entri jurnal

Meskipun perangkat lunak akuntansi Anda kemungkinan akan menangani sebagian besar entri yang diperlukan untuk bisnis Anda, mungkin ada kalanya Anda perlu memasukkan entri jurnal .

Hal ini dapat terjadi untuk hal-hal seperti biaya bank yang mungkin Anda temukan ketika Anda merekonsiliasi rekening bank Anda di akhir bulan. Atau, bisa juga untuk entri depresiasi jika Anda mencatat depresiasi untuk barang-barang berharga besar (seperti pembelian gedung, sistem komputer yang mahal, atau pembelian kendaraan perusahaan).

Semua transaksi ini perlu dimasukkan ke dalam perangkat lunak akuntansi Anda dengan membuat entri jurnal. Itulah tadi dasar-dasar akuntansi yang perlu Anda ketahui.

Gedung Bank Indonesia (BI).

Ekonom Proyeksikan BI Bakal Kembali Tahan Suku Bunga Acuan 6 Persen

Bank Indonesia (BI) akan mengumumkan, hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Rabu siang, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024