Simak! Contoh Surat Lamaran CPNS jika Ingin Kerja di Pemerintahan

Ilustrasi surat lamaran pekerjaan
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Para pemburu kerja di pemerintahan tentu harus mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam proses melamar pekerjaan. Pasalnya, ada yang salah dikit bisa membuat Anda gagal menjadi salah satu pegawai di salah satu instansi pemerintah.

Lulusan Ma'had Aly Kini Bisa Jadi PNS, Begini Kata Menag

Begitulah, peringatan yang perlu diingat bagi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil di mana semua hal tentang dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk kelengkapan syarat harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

Bagi para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil tentu harus mengetahui dasar-dasar proses melamar pekerjaan, seperti salah satunya memahami pembuatan contoh surat lamaran CPNS yang baik dan benar.

Lulusan Ma'had Aly Berpeluang Ikut Seleksi CPNS

Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan protokol kesehatan ketat.

Photo :

Pasalnya, dokumen tersebut merupakan salah satu berkas penting yang sangat diperlukan dalam proses seleksi administrasi. Jadi para pelamar harus benar-benar berhati-hati dalam membuat surat lamaran kerja CPNS tersebut.

Ada 2,3 Juta Formasi untuk CASN di 2024, Peserta Seleksi Bisa Ikhtiar Lewat Ini

Surat lamaran pekerjaan untuk mendaftar menjadi salah satu anggota CPNS, biasanya mengharuskan untuk ditulis  tangan. Kendati demikian, masih ada juga  instansi pemerintah lainnya yang meminta pelamarnya untuk menulis surat lamaran dengan tinta berwarna hitam.

Dalam proses pembuatan lamaran ini tidak sedikit calon pelamar yang mencari contoh surat lamaran kerja CPNS yang tepat agar bisa menghasilkan tulisan yang benar.  Lantas, seperti apa contoh surat lamaran kerja CPNS yang baik dan benar itu?

Sama seperti surat lamaran kerja pada umumnya, di dalam surat lamaran CPNS juga wajib memuat identitas pelamar sekaligus posisi yang dilamar.  Pelamar juga harus mencantumkan dokumen-dokumen yang dilampirkan sebagai syarat untuk melamar posisi CPNS.

Syarat-syarat tersebut biasanya diinformasikan saat pengumuman pendaftaran CPNS.  Biasanya, sebagian instansi mengumumkan jadwal serta syarat dan ketentuan proses seleksi CPNS di laman websitenya masing-masing. Termasuk juga menampilkan contoh surat pernyataan dan format surat lamaran kerja.

Nah berikut ini ada contoh surat lamaran kerja CPNS yang bisa Anda simak, yang dilansir dari laman cpns.kemdikbud.go.id:

Contoh surat lamaran CPNS 2019

Photo :
  • Kemedagri.go.id

Contoh Surat Lamaran Kerja CPNS

Bagi pelamar CPNS yang masih bingung dan khawatir, bagaimana penulisan surat lamaran kerja CPNS yang benar. Berikut contoh surat lamaran kerja CPNS untuk Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Ristek, dan Teknologi. 

Yth. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, 
Riset,dan Teknologi
di
Jakarta


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : .......................................................
Tempat/Tanggal Lahir : .............., .......................................
Jenis Kelamin : .......................................................
Pendidikan : .......................................................
Formasi Dilamar 
Jalur : ................................
Jabatan : ...............................
Unit Kerja Penempatan: ...............................
Alamat Domisili : .......................................................

Dengan ini menyampaikan surat lamaran untuk dapat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021.

Sebagai bahan pertimbangan, disampaikan berkas kelengkapan yang telah diunggah sebagai berikut:

1. Surat lamaran yang ditulis tangan dan ditandatangani sendiri dengan tinta hitam, ditujukan kepada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi;
2. Surat pernyataan;
3. KTP elektronik (e-KTP) asli;
4. Pasfoto berlatar belakang merah;
5. Ijazah asli;
6. Transkip/daftar nilai asli;
7. Sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi;*)
8. Surat keterangan asli dari dokter yang menerangkan tentang jenis dan/atau tingkat disabilitas yang dialami;**)
9. Asli akta kelahiran dan/atau surat keterangan lahir

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah telah menyiapkan jumlah kebutuhan ASN di IKN.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024