Mengenal Tugas Malaikat Mikail Selain Memberikan Rezeki

Doa Malaikat
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Tugas malaikat Mikail harus diketahui oleh semua umat Muslim. Sebab, Mengimani akan adanya malaikat termasuk ke dalam salah satu rukun iman yang harus melekat dalam diri setiap umat muslim. Malaikat adalah makhluk Ciptaan Allah SWT yang diutus untuk melaksanakan tugas mulia dari-Nya. Iman kepada malaikat hukumnya fardu ‘ain. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran berikut ini. 

Viral MUA Ceritakan Kisah Pengantin Kesurupan Gegara Tidak Ziarah Kubur Sebelum Nikah

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya." (QS. an-Nisa: 136).

Hukum Beriman Kepada Malaikat

Kisah Tantowi Yahya Ditarik Sosok Misterius di Raudhah Masjid Nabawi

Dalam sebuah hadits juga dijelaskan mengenai hukum beriman kepada malaikat yang berasal dari Abu Hurairah ra. Dari Abu Hurairah ra. bahwa pada suatu hari Rasulullah SAW muncul di tengah orang banyak, lalu beliau didatangi oleh seorang laki-laki. Orang itu bertanya:

"Wahai Rasulullah SAW, apakah iman itu?" Beliau menjawab: "Iman adalah kamu harus percaya kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kebangkitan di akhirat nanti..." (HR. Bukhari dan Muslim).

Kisah Tantowi Yahya Bertemu Malaikat di Taman Raudhah: Ganteng Wangi Diberi Buku Doa

Malaikat

Malaikat berasal dari bahasa Arab mala’ikah yang merupakan bentuk jamak dari kata malak yang diambil dari kata la’aka. Kata ini mempunyai arti menyampaikan sesuatu. Sedangkan secara istilah, malaikat merupakan makhluk gaib yang diciptakan Allah SWT dari cahaya sebagai utusan-Nya. 

Mereka sangat taat, patuh, dan tidak pernah membangkang terhadap perintah-perintah Allah SWT. Dalam sebuah hadits Nabi SAW, disebutkan bahwa Allah SWT menciptakan malaikat berjumlah ribuan. Meski demikian, jumlah pasti malaikat yang diciptakan hanya Allah SWT yang mengetahuinya. 

Dari Ali ia berkata, "Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa mengunjungi saudaranya sesama muslim maka seakan ia berjalan di bawah pepohonan surga hingga ia duduk, jika telah duduk maka rahmat akan melingkupinya. 

Jika mengunjunginya di waktu pagi, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bersholawat kepadanya hingga sore hari, dan jika ia mengunjunginya di waktu sore, maka tujuh puluh ribu malaikat akan bersholawat kepadanya hingga pagi hari," (HR. Ibnu Majah)

Allah SWT memberikan nama kepada malaikat yang terdiri atas Jibril, Mikail, Izrail, Israfil, Munkar, Nakir, Rakib, Atid, Malik, dan Ridwan. Malaikat mempunyai tugas masing-masing. Secara umum, malaikat memiliki tugas untuk beribadah kepada Allah SWT dengan bertasbih kepada-Nya siang dan malam tanpa rasa bosan. 

Tugas Malaikat Mikail 

Tugas malaikat Mikail adalah untuk memberikan rezeki kepada seluruh makhluk yang ada di Bumi. Maka, seluruh makhluk yang ada di dunia ini akan diberikan rezeki oleh Allah SWT lewat malaikat Mikail. Dengan kata lain, yang menerima rezeki bukan hanya manusia saja, tetapi semua makhluk yang ada di muka Bumi akan mendapatkan rezeki. 

Tugas malaikat Mikail berikutnya adalah untuk mengatur hujan dan angin. Selain itu, malaikat Mikail juga memiliki tugas untuk mengatur tanaman. Seluruh kendali tentang hal-hal itu berada di tangan malaikat Mikail dan tentu saja atas izin dari Allah SWT. Rasulullah SAW juga pernah menyebutkan nama Malaikat Mikail. 

Rasulullah SAW mengatakan bahwa malaikat Mikail merupakan salah seorang pembantu Rasulullah SAW dari atas langit. Dalam sebuah hadis riwayat Ibnu Abbas, Nabi SAW bersabda,  “Sesungguhnya Allah SWT menguatkanku dengan empat pembantu: dua dari penduduk langit itu yaitu Jibril dan Mikail. Dan dua dari penduduk bumi adalah Abu Bakar dan Umar”.

Selain memiliki tugas untuk membagikan rezeki dan mengatur turunnya hujan, malaikat Mikail juga memiliki tugas dalam mendampingi malaikat Jibril dalam melaksanakan tugasnya. Berikut adalah tugas malaikat Mikail yang pernah dilaksanakan bersama dengan malaikat Jibril. 

Saat malaikat Jibril melaksanakan tugas membelah dada Nabi Muhammad SAW untuk dicuci hatinya, malaikat Mikail mempunyai tugas untuk mengambilkan air zam-zam untuk mencuci hati Nabi Muhammad SAW. Kemudian saat Rasulullah SAW melakukan Isra’ dan Mi’raj, malaikat Mikail bersama Jibril turut mendampingi selama perjalanan. 

Selain pernah memiliki tugas bersama dengan malaikat Jibril, tugas malaikat Mikail juga pernah dilaksanakan bersama dengan malaikat maut. Ia mempunyai tugas untuk menyampaikan lembaran yang bertuliskan nama, tempat, dan sebab-sebab pencabutan nyawa untuk orang yang dimaksud. 

Parida Kerayuphan (kanan) dan Kantong Passarapon

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Transgender Thailand Parida Kerayuphan dan Kantong Passarapon meminta pembebasan tugas dinas wajib militer.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024