Fungsi Al Quran Bagi Manusia, Sebagai Petunjuk Kehidupan

Al Quran, Islam
Sumber :
  • Pixabay/ Pexels

VIVA Edukasi – Fungsi Al Quran bagi umat manusia sangat banyak. Bagi umat muslim, Al Quran ini sebagai petunjuk kehidupan. Al Quran adalah kitab suci terakhir yang diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad melalui perantaraan Malaikat Jibril selama 22 tahun 2 bulan 22 hari.

Profil Daud Kim YouTuber Korea yang Dituding Bangun Masjid Hanya Demi Konten

Fungsi Al Quran ini tercantum pada surat-surat di dalamnya. Berikut penjelasannya.

Fungsi Al-Quran dalam Agama Islam

Kemenag Berikan Bantuan untuk Pendidikan Islam dan Pesantren: Simak Syarat dan Ketentuannya

1. Al-Huda (Petunjuk)

Di dalam Al-quran ada tiga posisi Al-quran yang fungsinya sebagai petunjuk. Al-quran menjadi petunjuk bagi manusia secara umum, petunjuk bagi orang-orang yang bertakwa, dan petunjuk bagi orang-orang yang beriman. Jadi Al-quran tidak hanya sebagai petunjuk bagi umat Islam saja tapi bagi manusia secara umum. 

Pj Bupati Purwakarta Ingatkan Integritas ASN dan Mitigasi Wabah DBD

Petunjuk bagi orang yang beriman berarti bagi orang yang memiliki iman Islam dalam dirinya yaitu yang mengakui bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah dan Allah merupakan satu-satunya Tuhan Semesta Alam.

Sementara untuk orang yang bertakwa berarti bagi orang-orang yang benar-benar menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. 

2. Al-Furqon (Pemisah)

Nama lain Al-quran adalah Al-Furqon atau pemisah. Ini berkaitan dengan fungsi Al-quran sebagai Keajaiban Al-Qur’an di Dunia lainnya yang bisa menjadi pemisah antara yang hak dan yang batil, atau antara yang benar dan yang salah. Di dalam Al-quran dijelaskan berbagai macam hal yang termasuk kategori salah dan benar atau hak dan yang batil. 

3. Al-Asyifa (Obat)

Al Quran adalah obat bagi penyakit yang ada di dalam dada manusia. Penyakit dalam tubuh manusia memang tak hanya berupa penyakit fisik saja melainkan bisa juga penyakit mental atau psikologis. Manfaat Membaca Al- Qur’an dan mengamalkannya dapat terhindar dari berbagai penyakit hati tersebut. Al Quran memang hanya berupa tulisan saja tapi Keutamaan Membaca Al Quran dapat memberikan pencerahan bagi setiap orang yang beriman. 

4. Al-Mau’izah (Nasihat)

Al Quran juga berfungsi sebagai pembawa nasihat bagi orang-orang yang bertakwa dan juga sebagai sumber pokok ajaran islam. Di dalam Al-Quran terdapat banyak pengajaran, nasihat-nasihat, peringatan tentang kehidupan bagi orang-orang yang bertakwa, yang berjalan di jalan Allah. Nasihat yang terdapat di dalam Al-Quran biasanya berkaitan dengan sebuah peristiwa atau kejadian, yang bisa dijadikan pelajaran bagi orang-orang di masa sekarang atau masa setelahnya.

Fungsi Al-Quran Bagi Kehidupan Manusia

6. Ilmu Pendidikan Islam

Ilmu Pendidikan Islam diajarkan di sekolah-sekolah supaya para siswa lebih memahami tentang agama Islam yang mereka anut. Di dalam Hakikat Pendidikan Islam, Al-quran menjadi salah satu sumber utama untuk mempelajari Islam. Pendidikan anak dalam Islam juga menuntut agar para siswa dapat membaca Al-quran dan mengerti artinya yang nantinya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian ulasan tentang fungsi Al Quran yang sangat bermakna bagi kehidupan. Semoga dengan penjelasan ini, sebagai umat muslim lebih giat lagi membaca Al Quran agar mendapat petunjuk dan tidak tersesat di dunia ini. Semoga artikel ini bermanfaat.

Ketua RMI PBNU KH Hodri Ariev

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

PBNU resmi membuka kegiatan Santri Super Camp 2024 yang merupakan program beasiswa bimbel intensif selama 30 hari yang diikuti ribuan santri.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024