Menilik Sejarah Hingga Semarak Kegiatan Hari Anak Nasional 2022

Hari Anak Nasional
Sumber :
  • Twitter Joko Widodo

VIVA Edukasi – Anak-anak di Indonesia memiliki hari spesial dengan adanya peringatan Hari Anak Nasional yakni pada 23 Juli setiap tahunnya. Hari Anak Nasional ini diperingati sebagai bentuk kepedulian pada anak-anak di Indonesia.

Nah, Viva kali ini merangkum dari berbagai sumber seperti apa sejarah dibuatnya peringatan Hari Anak Nasional dan semarak hal-hal lain dalam peringatannya sebagai berikut.

Longsor Tewaskan 20 Orang, Pemerintah Tetapkan Tana Toraja Status Tanggap Darurat 

Sejarah Hari Anak Nasional

Bermula saat Presiden RI ke-2, Soeharto yang mencetuskan Hari Anak Nasional ini ada. Ia memiliki sebuah gagasan yang berkeinginan melihat anak-anak sebagai aset kemajuan bangsa.

HGBT Industri Genjot Penerimaan Negara hingga Investasi, Begini Penjelasanya

Hingga diterbitkannya Keputusan Presiden RI No. 44 tahun 1984 yang menetapkan 23 Juli sebagai Hari Anak Nasional. Sejak tahun 1986, peringatan Hari Anak Nasional pun dilaksanakan setiap tahun hingga saat ini.

Melalui peringatan Hari Anak Nasional, setiap anak Indonesia diharapkan dapat merasakan makna Hari Anak Nasional dan seluruh lapisan masyarakat lebih peduli pada hak-hak pendidikan. Bersatu Mewujudkan Indonesia Ramah Anak dengan kasih sayang dan keteladanan.

Pilmapres Unimed 2024, Jaring Mahasiswa Berprestasi, Kreatif dan Terampil Berkomunikasi

Tema Hari Anak Nasional 2022

Melansir dari situs resmi Kemenppa RI, Hari Anak Nasional (HAN) 2022 mengusung tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju" dengan tagline

#PeduliPascaPandemiCOVID19
#AnakTangguhPascaPandemiCOVID19
#AnakTangguhIndonesiaLestari.

Meskipun dilaksanakan dalam masa pandemi Corona, diharapkan HAN 2022 dapat menjangkau lebih banyak anak-anak di seluruh Indonesia.

Kegiatan Hari Anak Nasipnal 2022

Walaupun masih dalam kondisi pandemi, tetap ada kegiatan seru dan menarik di Hari Anak Nasional 2022. Berikut ini rangkaian agenda dalam pelaksanaan Hari Anak Nasional 2022.

  • Webinar tentang 'Pemenuhan Hak Anak'
  • Challenge Video Pendek Hari Anak Nasional Tahun 2022: "Suarakan HakMU Stop Perkawinan Anak"
  • Lomba Penulisan Artikel dengan tema "Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak 0-3 Tahun"
  • Bakti Sosial: Pelaksanaan pemeriksaan skrining mata anak SD di seluruh provinsi oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Acara puncak HAN 2022 secara hybrid dilakukan di ruang terbuka (outdoor) dengan jumlah peserta terbatas di Taman Teijsmann Kebun Raya Bogor, Sabtu 23 Juli 2022 pada pukul 09.00 - 10.30 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya