Seleksi Mandiri USU Diikuti 8.377 Peserta dengan Kuota 3.723 Orang

Rektor USU Dr Muryanto Amin saat meninjau UTBK Seleksi Mandiri di Kampus USU
Sumber :
  • B.S.Putra (Medan)

VIVA Edukasi - Sebanyak 8.377 peserta mengikuti mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Mandiri Universitas Sumatera Utara (USU). UTBK sendiri berlangsung sejak 25 hingga 31 Juli 2022. Pelaksanaan ujian digelar dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara ketat.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Alhamdulillah hari ini, kita lakukan pemantauan berjalan dengan lancar," sebut Rektor USU, Dr Muryanto Amin kepada wartawan, usai meninjau pelaksanaan UTBK Seleksi Mandiri di Kampus USU, Selasa 26 Juli 2022.

Muryanto menjelaskan untuk peserta UTBK Seleksi Mandiri sebanyak 8.377 orang, terdiri Sarjana (S1) 7768 peserta dan Diploma III berjumlah 609 orang.

SNBP Tahun 2024, USU Terima 2.244 Mahasiswa Baru

"Untuk kuota 3.723 orang terdiri, Sarjan (S1) 2.452 orang dan Diploma III 1.271 orang," jelas Muryanto.

Muryanto mengatakan untuk pengumuman UTBK Seleksi Mandiri akan diumumkan pada tanggal 7 Agustus 2022. Untuk pengumuman akan disampaikan melalui halaman website USU.

Ikuti Pameran APAIE di Australia, Mengenalkan USU di Kancah Pendidikan Internasional

Di sisi lain, Muryanto mengungkapkan ada sejumlah Program Studi (Prodi) yang kurang peminat pelamarnya di USU seperti Sastra Arab, Etimologi pada UTBK SNMPTN, UTBK SNMPTN hingga UTBK Seleksi Mandiri. 

Namun, Muryanto tidak serta menutup prodi yang minim peminat setiap tahun pada penerimaan mahasiswa baru.

"Setiap tahun kita evaluasi, tapi bukan kita tutup seperti Sastra Arab, Etimologi. Antara pelamar dan Kouta, lebih banyak koutanya ketimbang pelamarnya," jelas Muryanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya