Kemendikbud Akan Gelar Pertemuan Menteri Kebudayaan G20 di Borobudur

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid saat menemui Gubernur Jateng.
Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid saat menemui Gubernur Jateng.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

ViVA Edukasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan menggelar pertemuan para Menteri Bidang Kebudayaan seluruh negara anggota G20. Pertemuan itu akan digelar di Candi Borobudur, Magelang.

Rencananya para menteri tak hanya datang untuk kegiatan formal tapi juga akan melihat budaya dan kearifan lokal di sekitar Borobudur.

Hal itu disampaikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid saat menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (26/7).

"Jadi kami menemui pak gubernur, dan mengharap kehadiran beliau. Nanti di sana kegiatannya banyak ada gala dinner, orkestra sampai ruwatan bumi," jelas Hilmar.

Hilmar menambahkan, pada pertemuan tersebut Gubernur minta agar masyarakat sekitar Candi Borobudur dilibatkan lebih banyak secara langsung.

"Dan memang begitu rencananya, kita akan kerjasama dengan para seniman dan pelaku budaya yang ada di sana," kata Hilmar.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, event ini tak sekadar ajang berkumpulnya menteri dan budayawan tapi sekaligus kesempatan promosi Candi Borobudur.