Kemendikbud Akan Gelar Pertemuan Menteri Kebudayaan G20 di Borobudur

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid saat menemui Gubernur Jateng.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

ViVA Edukasi – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia akan menggelar pertemuan para Menteri Bidang Kebudayaan seluruh negara anggota G20. Pertemuan itu akan digelar di Candi Borobudur, Magelang.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Rencananya para menteri tak hanya datang untuk kegiatan formal tapi juga akan melihat budaya dan kearifan lokal di sekitar Borobudur.

Hal itu disampaikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek, Hilmar Farid saat menemui Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di kantornya, Selasa (26/7).

Menkopolhukam Minta Semua Pihak Hormati Langkah Kubu Anies dan Ganjar Gugat Hasil Pemilu ke MK

"Jadi kami menemui pak gubernur, dan mengharap kehadiran beliau. Nanti di sana kegiatannya banyak ada gala dinner, orkestra sampai ruwatan bumi," jelas Hilmar.

Hilmar menambahkan, pada pertemuan tersebut Gubernur minta agar masyarakat sekitar Candi Borobudur dilibatkan lebih banyak secara langsung.

Andi Arief Prediksi Nol Persen Kemungkinan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud Menang di MK

"Dan memang begitu rencananya, kita akan kerjasama dengan para seniman dan pelaku budaya yang ada di sana," kata Hilmar.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, event ini tak sekadar ajang berkumpulnya menteri dan budayawan tapi sekaligus kesempatan promosi Candi Borobudur.

"Event ini dan presidensi G20 ini dengan kegiatan yang sekaligus bisa mempromosikan Borobudur, tapi jadi meeting point bertemunya budayawan seluruh dunia," ungkapnya.

Yang cukup penting dalam kegiatan tersebut adalah adanya agenda penggalangan dana abadi kebudayaan. Dana tersebut digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memajukan kebudayaan lokal, hingga internasional.

"Kalau ini bisa dibuat bisa dinamai Indonesia Inisiatif atau Borobudur Inisiatif sehingga dana abadi ini harapannya bisa diberikan kepada seluruh seniman budayawan seluruh dunia. Sehingga ini bisa menjadi agenda G20 yang jadi membernya itu negara-negara ini kira-kira punya lah dana abadi untuk kebudayaan. Dan itu menurut saya bagus," kata Ganjar.  (Teguh Joko Sutrisno/tvOne/Semarang)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya