i3L Mou Hibah Penelitian dengan LLDIKTI Kemendikbudristek

i3L Mou Hibah Penelitian dengan LLDIKTI Kemendikbudristek
Sumber :
  • i3L

VIVA Edukasi – Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) terpilih menjadi penyelenggara penandatanganan kontrak hibah penelitian sesuai dengan informasi dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah III. Hal ini dikarenakan i3L dianggap sebagai salah satu institusi baru dengan peningkatan perolehan dana hibah penelitian yang signifikan. 

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

i3L pertama kali berpartisipasi dalam hibah kompetitif penelitian nasional pada tahun 2018 dan berhasil memperoleh dana hibah penelitian sebesar Rp 300 juta. Pada tahun 2019, kluster penelitian i3L yang semula berada pada kelas Binaan meningkat menjadi klaster Madya. Hal ini menunjukan adanya peningkatan kapasistas penelitian di i3L.

Pada tahun 2022, total sebanyak 7 proposal penelitian yang diajukan oleh i3L didanai oleh Kemendikud. 

Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Lima proposal merupukan proposal penelitian lanjutan untuk pendanaan tahun kedua dan 2 proposal lainnya merupakan proposal baru dengan total dana hibah sebesar 1,7M. Saat ini, i3L memiliki 3 penelitian dengan skema penugasan dimana salah satu diantaranya merupakan skema penugasan kemitraan SEA-JFS. Pada skema ini, Marsia Gustiananda, Ph.D. selaku ketua peneliti bekerjasma dengan Universitätsklinikum Tuebingen, Jerman dan Mahidol University, Thailand. Total dana penelitian keseluruhan dari konsorsium ini mencapai EUR 326,000.

Rektor Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L), Katherine, Ph.D. dalam pidato sambutannya menjelaskan bahwa peningkatan penelitian i3L tidak terlepas dari strategi i3L dalam melakukan penelitian itu sendiri. Di i3L, pelaksanaan kegiatan penelitian tidak dibagi berdasarkan studi program melainkan berdasarkan pada kluster bidang penelitian. Terdapat 5 bidang penelitian utama i3L yaitu Inovasi Pangan dan Nutrisi, Bioteknologi untuk Masyarakat Berkelanjutan, Ilmu Hayati untuk Kesehatan dan kesejahteraan, Teknologi Informasi pada Ilmu Hayati, dan Valorisasi Ilmu Hayati. Hal ini diyakini telah berhasil meningkatkan kerjasama penelitian lintas disiplin di i3L. 

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

“Adapun strategi lainnya yaitu dengan melibatkan mahasiswa secara aktif dalam kegiatan penelitian dosen. Tidak hanya sebagai tugas akhir atau skripsi, mahasiswa i3L telah terlibat secara aktif dalam kegiatan penelitian dosen dari tahun awal perkuliahan,” ungkap Katherine dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jumat (29/7)..

Pencanangan program Merdeka Belajar oleh pemerintah dan pelaksanaan program tersebut di i3l juga telah membantu peningkatan kegiatan penelitian di i3L. Sebagai perguruan tinggi dengan bahasa pengantar yaitu bahasa inggris, dosen maupun mahasiswa i3L memiliki kemampuan bahasa inggris yang mumpuni. Hal ini juga menjadi faktor pendukung publikasi hasil penelitian pada jurnal-jurnal internasional bereputasi. 

Sharing strategi penelitian i3L dalam penandatanganan kontrak penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kretivitas mahasiswa LLDIKTI wilayah 3 diharapkan dapat memotivasi universitas khusunya institusi baru di lingkungan LLDIKTI 3 untuk meningkatkan perolehan pendanaan hibah di tahun mendatang.

Penandatanganan kontrak ini dilaksanakan antara Kepala LLDikti Wilayah III dengan PTS yang lolos penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  serta program kreativitas mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan materi terkait strategi menghasilkan luaran pada penelitian yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., IPM., SMIEEE. dari Universitas Bina Nusantara serta materi terkait PKM Pimnas dan Konversi SKS pada Program Kreativitas Mahasiswa yang disampaikan oleh Dr. Ujang Suwarna, M.Sc.F. dari Institut Pertanian Bogor. Kedua narasumber tersebut juga merupakan reviewer nasional yang dimiliki oleh Kemendikbudristek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya