Mahasiswi Jurusan Teknik Ini Penasaran dengan Dunia Robotik

Faizah Ulyannisa A R, mahasiswi President University
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Edukasi  – Sosok Faizah Ulyannisa A R, seorang mahasiswi jurusan Mechanical Engineering di President University menjadi jadi sorotan. 

Rektor UNU Gorontalo Diduga Lecehkan 12 Mahasiswi, Dosen dan Staf di Kampus

Faizah tengah menjalani perkuliahan pada semester 6 dan tidak lama lagi sudah memasuki semester 7 untuk memulai program magang. Ini adalah kali pertama bagi perempuan muda ini tinggal di Jakarta.

“Sebelumnya saya seringkali berpindah-pindah. Saya merupakan lulusan SMAN 5 Makassar,” kata Faizah dalam keterangannya yang diterima VIVA, Jakarta, Senin (1/8).

Mahasiswi dan IRT Jual Diri di Michat Demi Kebutuhan Hidup, Sekali Kencan Rp 200 Ribu

Faizah mengatakan, sebagai seorang perempuan yang kuliah di jurusan yang mayoritas peminatnya adalah laki-laki, dirinya sering ditanya kenapa memilih Mechanical Engineering (ME).

Ia mengaku tertarik bergabung menjadi bagian ME lantaran ingin tahu mengenai robotik. Pertanyaan ini bukanlah yang pertama kali diutarakan kepadanya. Hal ini kemudian seringkali dipertanyakan karena orang-orang pada umumnya melihat ME sebagai jurusan yang hanya bergerak di bidang otomotif yang mana pekerjaannya hanya seputar kendaraan bermotor.

Kasus Penganiayaan Sesama Mahasiswi di Karawaci, Korban Minta Tersangka Dihukum Berat

Hal ini tentunya tidak sepenuhnya salah dan tidak sepenuhnya benar karena ME merupakan sebuah jurusan yang juga meliputi seputar Robotik dan Mekatronik di dalamnya.

“Selain itu, ME juga meliputi Aerodinamik bahkan seputar perabotan rumah tangga seperti laptop, handphone, dan masih banyak lagi,” urainya penuh semangat.

Tak hanya itu, ternyata masih timbul pertanyaan lain, yakni mengenai kekhawatiran terkait kekuatan fisik. Namun, baginya tidak ada masalah soal ini.  Untuk mengimbanngi, ia berupaya berperan aktif dan terus mengupayakan diri untuk mengikuti aktivitas bela diri dan olahraga lainnya dengan baik.

Oleh karena itu, tak salah Faizah menjadi Brand Ambassador ME President University. “Saya rasa menjadi seorang perempuan di ranah teknik tidak seharusnya menjadi hal yang tabu, bisa kita lihat bahwa banyak sekali perempuan hebat yang memiliki pengaruh besar di ranah teknik seperti Edith Clarke, Tahani Amer, hingga Diana Trujillo yang baru-baru ini menjadi seorang direktur penerbangan Perseverance Rover pada Mars 2020,” ungkapnya.

Sejak kecil,  Faizah sering melihat ayahnya memperbaiki hingga merakit berbagai perabot di rumah membuat dirinya takjub. Maka hal inilah yang menginspirasi dirinya untuk merakit berbagai perabotan elektronik dan produk lainnya yang akan berguna bagi masyarakat.

“Lalu inilah yang menjadi alasan saya memilih berkuliah di jurusan ME di President University, satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang berfokus kepada bidang Robotik dan Mekatronik yang kini menjadi salah satu bidang terkemuka di ranah teknik. Saya harap, dengan kuliah di bidang yang saat ini terkemuka dan akan lebih terkemuka lagi di masa depan akan membantu saya membangun karier, pendidikan, dan prestasi ke depannya,” ujarnya.

Selama menempuh pendidikan di President University, Faizah telah berpartisipasi dalam kegiatan di Laboratorium Kerja. Hal ini juga meliputi pelatihan Simulasi dan Aplikasi Desain seperti ANYS, AutoCAD, Fusion360, dan masih banyak lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya