Surat Al Insyirah, Bacaan, Arti, dan Keutamaannya

Al-Quran
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Surat Al Insyirah merupakan surat ke-94 dalam Alquran. Surat ini memiliki arti 'Kelapangan'. Surat Al Insyirah terdiri dari 8 ayat dan termasuk golongan surat Makiyah. Surat ini diturunkan sesudah surat Ad-Duha.

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

Surat ini berisi tentang keutamaan dalam bersikap lapang dada dan sebagai pengingat bahwa setiap kesulitan pasti akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT.

Surat Al Insyirah merupakan surat Makiyah karena turun di Kota Mekkah. Surat Al Insyirah turun saat Nabi Muhammad SAW masih tinggal di Kota Mekkah dan belum hijrah ke Madinah.

Alasan Ria Ricis Tulis Sepucuk Surat Tentang Perceraiannya dengan Teuku Ryan

Surat Al Insyirah turun ketika Nabi Muhammad SAW sedang menghadapi perlawanan dari kaumnya, sehingga Nabi Muhammad SAW harus lapang dada terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Tak hanya pahala yang didapat bagi orang yang membacanya, keutamaan membaca surat Al Insyirah juga dapat membuka pintu rezeki.

Houthi: Arab Saudi Ingin Hapus Ayat Al Quran dari Buku Pelajaran untuk Menenangkan Tuntutan Zionis

Membaca Alquran merupakan salah satu amalan yang bisa membantu umat muslim dalam mempersiapkan kehidupan yang abadi yaitu akhirat, dan juga dapat memperberat timbangan kebaikan saat hari perhitungan. Begitu juga dengan membaca Surat Al Insyirah. Berikut bacaan surat Al Insyirah lengkap dengan artinya.

Bacaan Latin Surat Al Insyirah 1-8 dan Artinya

Surat Al Insyirah

Photo :
  • Tangkapan layar

1. “Alam nasyrah laka sadrak
Artinya: Bukankah Kami telah melapangkan dadamu (Muhammad)?
2. “Wa wada’na ‘anka-wizrak
Artinya: dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu
3. “Alladzi an-qada dzahrak
Artinya: yang memberatkan punggungmu,
4. “Wa rafa’na laka dzikrak
Artinya: dan Kami tinggikan sebutan (namamu) bagimu.
5. “Fa inna ma’al ‘usri yusraa
Artinya: Maka sesungguhnya beserta kesulitan ada kemudahan.
6. “Inna ma’al ‘usri yusraa
Artinya: Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan,
7. “Fa idza faraghta-fansab
Artinya: Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras (untuk urusan yang lain).
8. “Wa ilaa rabbika farghab
Artinya: Dan Hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap.

Manfaat membaca surat Al Insyirah

Al Quran, Islam

Photo :
  • Pixabay/ Pexels

Menurut Ahmad Jamaluddin, Nabi Muhammad pernah berkata “Barang siapa yang membaca surat alam nasyrah maka seakan-akan orang tadi datang menemuiku di kala aku sedang dalam keadaan susah, kemudian dengan datangnya orang tersebut menghiburku maka hilanglah segala kesusahanku.”

Sementara dalam kitab Haqqi An-Nazili, terdapat enam manfaat jika mengamalkan Surah Al Insyirah.

1. Orang yang mengamalkan surat Al Insyirah dalam sholat, maka Allah akan memberi kemudahan dalam urusannya dan kesusahannya. 

“Barangsiapa membaca Al Insyirah secara rutin setiap selesai salat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga.” 

2. Melantunkan surat Al Insyirah sebanyak sembilan kali setiap selesai melaksanakan sholat, maka Allah SWT akan menghilangkan kesulitan dan memudahkan rezekinya. 

“Barangsiapa membaca Al Insyirah secara rutin setiap selesai salat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga.” 

3. Orang yang membaca surat Al Insyirah sebanyak 40 kali setiap selesai sholat selama tujuh hari berturut-turut, maka Allah akan mencukupi segala kebutuhan dalam hidupnya. 

4. Membaca surat ini dan melaksanakan sholat hajat, maka atas izin Allah akan dikabulkan hajatnya.  

5. Orang yang membaca surat Al Insyirah sebanyak 200 kali, maka orang tersebut akan melihat kejadian yang ada dalam dirinya.

“Barang siapa membaca surat Al Insyirah setiap hari pada waktu Duha sebanyak dua ratus kali, maka dia akan melihat hal-hal yang istimewa dan rahasia-rahasia yang aneh.”  

6. Jika ingin mendapatkan sesuatu yang dicita-citakan, bacalah surat Al Insyirah sebanyak 700 atau 1.000 kali disertai basmallah hingga keinginan tersebut tercapai.  

Sementara itu, menurut Habib Ali bin Hasan bin Zein Bilfaqih, jika seseorang ingin mendapatkan kebahagiaan, terbukanya pintu rezeki dan berkah, serta mendapatkan ilmu yang menancap di hati, maka orang tersebut dianjurkan membaca: Surat Al Insyirah sebanyak 3 kali, Ya Fattah 70 kali,  Surat Al Fatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, dan terakhir surat Al Qadr sebanyak 11 kali.

Keutamaan surat Al Insyirah

Membaca Alquran

Photo :
  • vstory

Surat Al Insyirah merupakan sumber utama dari beberapa potensi manfaat dan penyembuhan spiritual. Surat ini sering dipasangkan dengan Surat Al-Duha untuk mendapatkan keuntungan efektif mereka. 

Nabi Suci berkata: "Orang yang membaca Surat Al-Inshirah serupa dengan orang yang bertemu Nabi Muhammad dan jika dalam keadaan sedih, Allah akan menghapus kesedihannya."

Imam Shadiq berkata: "Barang siapa yang berulang kali membaca surat Al-Inshirah di siang dan malam hari, semua anggota tubuhnya akan bersaksi untuk kebaikannya pada Hari Pembalasan."

Imam Baqir meriwayatkan tentang pembaca surat Al-Inshirah: “Barangsiapa membaca surat Al Insyirah pada siang dan malam, akan mati sebagai syahid dan dibangkitkan sebagai syahid dan menyerupai orang yang berperang di jalan. Allah dengan pedangnya bersama Nabi Muhammad. 

Nabi Muhammad berkata: "Siapa pun yang membaca surat Al Insyirah dan surat Al-Fil di Sholat Subuh tidak akan pernah menjadi buta." 

Juga telah diriwayatkan oleh Nabi Allah (SAW) bahwa Allah (SWT) juga memberikan keberuntungan dan iman dalam agama untuk pembaca surat Al Insyirah. Selain manfaat spiritual dan keutamaan Surat Al Insyirah ini, ada berbagai manfaat fisik dari bacaan surah ini.

1. Membaca Surah Al-Inshirah baik untuk, 
2. Meredakan sakit jantung dan dada. 
3. Memberikan kesehatan dan kepastian. 
4. Melindungi saat bepergian di laut. 
5. Membantu proses persalinan yang mudah.

Demikian ulasan tentang bacaan surat Al Insyirah, serta manfaat dan keutamaan jika membacanya secara rutin. Semoga artikel ini bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya