Banyak di Pulau Jawa, Ini 5 Deretan Klenteng Tertua di Indonesia

Kelenteng Semarang.
Kelenteng Semarang.
Sumber :
  • Teguh Joko Sutrisno

VIVA Edukasi – Klenteng adalah sebutan untuk tempat ibadah penganut kepercayaan tradisional Tionghoa. Dikarenakan di Indonesia, Penganut kepercayaan tradisional Tionghoa sering disamakan sebagai Penganut agama Konghucu, maka klenteng dengan sendirinya sering dianggap sama dengan tempat ibadah umat Konghucu

Sebenarnya untuk mengetahui pasti mengenai klenteng tertua di Indonesia agak sulit, karena kebanyakan keterangan klenteng tidak ditemukan tahun pasti, jadi hanya ditemukan data tahun perkiraan berdasarkan informasi tertentu yang kadang kurang akurat, atau cerita dari para pendahulu.

Di Kelenteng juga jarang ditemukan prasasti, bahkan sejumlah klenteng tua kebanyakan sudah hancur atau lenyap tak berbekas lagi. Berikut ini adalah beberapa klenteng tertua di Indonesia yang Viva rangkum dari berbagai sumber.

1. Klenteng Hong Tiek Hian, Surabaya

Warga beribadah di momen Imlek di Klenteng Hong Tiek Tiang Surabaya

Warga beribadah di momen Imlek di Klenteng Hong Tiek Tiang Surabaya

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal

Klenteng ini diperkirakan berdiri pada tahun 1293. Klenteng Hong Tiek Hian ini merupakan klenteng tertua di Surabaya dan yang tertua di Indonesia juga.

Klenteng tersebut dibangun oleh pasukan Tartar pada zaman Khu Bilai Khan di awal Kerajaan Majapahit sekitar abad ke 13. Khu Bilai Khan bersama rombongannya melakukan perjalanan ke Indonesia, lalu setibanya di Surabaya mereka membangun tempat beribadah klenteng tersebut.