Bom Gak Mempan? Ini 7 Percobaan Pembunuhan Presiden Soekarno

Bung Karno
Bung Karno
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Dody Handoko

VIVA Edukasi – Presiden pertama Indonesia Soekarno atau yang kerap disapa dengan Bung Karno ternyata memiliki kisah hidup yang cukup mengejutkan lantaran dirinya yang kerap mengalami percobaan pembunuhan. Semasa hidupnya, percobaan pembunuhan Soekarno telah dialami mulai dari tingkat baru rencana hingga eksekusi sebanyak 23 kali. 

Berdasarkan cerita dari ajudan Soekarno yakni Sudarto Danusubroto, dirinya mengungkapkan bahwa ada 7 percobaan pembunuhan terhadap Soekarno yang paling menggemparkan. Melalui buku Total Bung Karno karya Roso Daras dituliskan bahwa kisah Bung Karno yang selalu lolos dari percobaan pembunuhan meskipun dihujani granat hingga bom pesawat tempur. Berikut ini tujuh percobaan pembunuhan Soekarno yang paling menghebohkan. 

1. Granat Cikini - 30 November 1957

Pidato presiden Soekarno.

Pidato presiden Soekarno.

Photo :
  • U-Report

Percobaan pembunuhan Soekarno pernah terjadi pada 30 November 1957. Pada saat itu, Presiden Soekarno tengah mendatangi Perguruan Cikini (Percik), tempat putra-putrinya bersekolah dalam rangka perayaan ulang tahun Perguruan Cikini yang ke-15. 

Tiba-tiba saja granat meledak di tengah-tengah pesta penyambutan presiden. Akibatnya sebanyak 9 orang tewas dan 100 orang mengalami luka, termasuk juga pengawal presiden. Namun, Soekarno berhasil selamat dengan putra-putrinya. Tragedi granat Cikini tersebut membuat tiga orang perantauan dari Bima ditangkap diduga sebagai antek teror gerakan DI/TII. 

2. Penembakan di Istana - 9 Maret 1960