USK Peringkat ke-8 PTN Terbaik Indonesia Versi Webometrics

Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh
Sumber :
  • Dok. Universitas Syiah Kuala

VIVA EdukasiUniversitas Syiah Kuala (USK) Darusalam Banda Aceh masuk peringkat kedelapan besar perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia berdasarkan lembaga pemeringkatan dunia Webometrics.

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

“Posisi USK ini naik cukup signifikan jika dibanding tahun sebelumnya yaitu USK berada di peringkat 17,” kata Rektor USK Prof Marwan di Banda Aceh, Selasa (9/8).

Ia menjelaskan capaian tersebut tidak lepas dari kuatnya komitmen perguruan tinggi untuk terus meningkatkan kualitas riset dan publikasi ilmiah di kalangan peneliti kampus ini.

Unimed Terima 2.621 Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Universitas Syiah Kuala Kukuhkan Tiga Guru Besar

Photo :
  • antara

Ia mengatakan dalam waktu dekat USK akan segera bertransformasi menjadi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum (PTN BH).

Guru Besar dan Dosen USK Aceh Ingatkan Pemerintah Tak Berpihak di Pemilu 2024

Menurut dia dengan statuta baru tersebut, maka perhatian USK terhadap riset akan semakin besar sehingga mampu bersanding dengan perguruan tinggi ternama lainnya di Indonesia.

“Alhamdulillah, prestasi ini menjadi motivasi bagi USK untuk terus menguatkan institusinya, khususnya bidang riset yang telah menjadi perhatian serius USK selama ini,” kata Rektor.

Pelantikan Rektor Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Ir. Marwan, IPU

Photo :
  • antara

Sebelumnya pada Juli, salah satu lembaga pemeringkatan dunia lainnya yaitu Scimago Institutions Ranking (SIR) juga mempublikasikan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Berdasarkan informasi tersebut, USK berada di peringkat 11 sebagai perguruan tinggi nasional.
Dalam publikasi tersebut sejumlah bidang keilmuan USK turut berada di posisi yang mengesankan misalnya, bidang kimia yang berada di peringkat I, bidang matematika peringkat 1 dan bidang bahasa atau linguistik berada di peringkat 5.

Selanjutnya bidang teknik peringkat 7, bidang kedokteran hewan peringkat 6, bidang kedokteran peringkat 8, bidang ilmu komputer peringkat 14, bidang pertanian peringkat 19, dan bidang ekonomi di peringkat 23.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya