Cerita Fabel, Ini Penjelasan Lengkap dengan Contohnya

Ilustrasi cerita fabel
Sumber :
  • pixabay

VIVA Edukasi – Cerita fabel merupakan sebuah kisah yang menceritakan tentang hewan, tumbuhan atau kekuatan alam yang antropomorfis (mengingat kualitas manusia). Sebuah dongeng selalu diakhiri dengan 'moral'. Ini adalah pelajaran yang dimaksudkan untuk dipelajari melalui membaca cerita.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Kata "fabel" berasal dari bahasa Latin "fabula," atau "cerita." Seseorang yang menulis dongeng adalah fabulist.
Fabel yang paling terkenal di dunia adalah Fabel Aesop. Aesop adalah seorang pendongeng Yunani Kuno dan dongeng-dongengnya telah dikumpulkan selama berabad-abad dalam berbagai bahasa dalam tradisi mendongeng yang berlanjut hingga hari ini. 

Fabel mungkin digunakan oleh penyanyi abad pertengahan, musisi, dan penyair untuk menyampaikan cerita mereka secara lisan kepada orang-orang. Ini adalah salah satu bentuk sastra rakyat yang paling banyak digunakan sepanjang sejarah. Beberapa frasa sehari-hari berasal dari dongeng, seperti "Serigala berbulu domba" dan "Burung di tangan bernilai dua di semak-semak."

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Salah satu fabel yang paling terkenal adalah The Tortoise and the Hare. Dalam fabel ini, kedua hewan tersebut diantropomorfisasi karena mereka dapat berbicara dan bersaing satu sama lain dalam suatu perlombaan. 
Kelinci arogan berhenti untuk tidur di tengah perlombaan karena dia yakin dia punya cukup waktu untuk melakukan ini dan kemudian bergabung kembali dalam perlombaan dan memenangkannya. Sementara itu, kura-kura yang lambat namun penuh tekad terus berjalan dan menang saat kelinci tertidur.

Dongeng tradisional adalah cerita yang telah diceritakan dan diceritakan kembali selama bertahun-tahun, juga dikenal sebagai dongeng (misalnya, Cinderella atau Little Red Riding Hood).

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

Cerita fabel yang paling terkenal

Ilustrasi cerita fabel

Photo :
  • pixabay

Berikut daftar fabel dan pelajaran moralnya versi juicyenglish:

- The Fox and the Grapes - "Sangat mudah untuk membenci apa yang tidak dapat kamu miliki."
- The Tortoise and the Hare - "Pelan dan mantap memenangkan perlombaan."
- The Lion and the Mouse - "Kebaikan tidak pernah sia-sia."
- The Ant and the Grasshopper - "Ada waktu untuk bekerja dan ada waktu untuk bermain."
- The Crow and the Pitcher - "Jangan menyerah pada tanda pertama kegagalan. Faktanya, jangan pernah menyerah!"
- The wolf in Sheep’s Clothing - "Jangan berasumsi atau menilai sesuatu berdasarkan penampilan."
- The Fox and the Crow - "Jangan pernah jatuh cinta pada kata-kata yang menyanjung."
- The Dog and his reflection - "Ketamakan dapat menyebabkan perilaku bodoh yang mahal."
- The Town Mouse and Country Mouse - "Lebih baik kacang dan daging dalam damai daripada kue dan bir dalam ketakutan".
- The Boy who cried Wolf - "Tidak ada pembohong yang percaya, bahkan ketika dia mengatakan yang sebenarnya."
- The Wolf and the Crane - "Kamu harus membantu hanya siapa yang pantas mendapatkannya."
- The North Wind and the Sun - "Kebaikan lebih berpengaruh daripada keparahan."
- The Gnat and the Bull - "Kita sering lebih penting di mata kita sendiri daripada di mata tetangga kita."
- The Goose and the Golden Egg - "Mereka yang memiliki banyak menginginkan lebih dan kehilangan semua yang mereka miliki."
The Hawk and The Nightingale - "Seekor burung di tangan bernilai dua di semak-semak."

Karakteristik cerita fabel

- Ini adalah cerita pendek yang melibatkan unsur fantasi.
- Bisa dalam bentuk syair atau prosa.
- Ini ditujukan untuk anak-anak.
- Ini umumnya ditulis dalam orang ketiga, yang berarti bahwa narator bukanlah karakter dalam cerita.
- Settingnya bisa dimana saja.
- Alur cerita fabel meliputi eksposisi, konflik sederhana, dan resolusi.
- Biasanya tidak lebih dari dua atau tiga karakter.
- Biasanya menampilkan hewan yang berperilaku dan berbicara sebagai manusia. Mereka memiliki kekuatan dan kelemahan.
- Beberapa hewan memiliki ciri-ciri khusus yang terkait dengan mereka. Misalnya, burung hantu itu bijaksana, rubah itu licik, dan singa itu pemberani.
- Ini memiliki nada lucu, akrab dan lucu, menggunakan sebagian besar sindiran untuk mengkritik perilaku dan perilaku.
- Pelajaran moral terungkap di bagian akhir untuk mengajari pembaca sesuatu tentang kehidupan.
- Fabel memaparkan bahaya kejahatan dan sikap antisosial, seperti keserakahan, iri hati, kurangnya empati, kesombongan, keserakahan, kepercayaan diri yang berlebihan, dll.

Tujuan cerita fabel

Ilustrasi cerita fabel

Photo :
  • pixabay

Tujuan utama dari dongeng adalah untuk mengajarkan pelajaran moral. Biasanya, cerita fabel ditujukan untuk anak-anak dengan penggunaan fantasi dan karakter aneh seperti manusia. Sejauh menyangkut penonton anak-anak, dongeng dapat mengajarkan melalui contoh-contoh di mana tindakan baik dihargai dan tindakan jahat dihukum dengan tingkat tertinggi.

Dalam arti yang lebih luas, cerita fabel memberikan kesempatan kepada penonton untuk menemukan humor dalam cobaan kondisi manusia. Dalam kasus tertentu, fabel juga dapat berfungsi sebagai sindiran dan kritik yang menarik perhatian pada masalah budaya, sosial, atau umat manusia yang lebih besar.

Cerita fabel adalah cara yang baik untuk menyampaikan makna moral karena sifatnya yang sederhana dan dapat dengan mudah dicerna oleh semua jenis orang. Secara tradisional, banyak fabel diturunkan dari generasi ke generasi secara lisan dan meskipun mereka biasanya ditemukan dalam format tertulis pada titik ini dalam sejarah, mereka tidak sulit untuk diceritakan kembali secara lisan.

Contoh cerita fabel

The Tortoise and the Hare

Photo :
  • archive.org

The Tortoise and the Hare

Pernah ada Kelinci yang cepat yang membual tentang seberapa cepat dia bisa berlari. Bosan mendengarnya bermegah, Kura-kura, menantangnya untuk berlomba. Kelinci segera menghilang dari pandangan, dan untuk membuat Kura-kura merasa sangat dalam betapa konyolnya baginya untuk mencoba balapan dengan Kelinci, dia berbaring di samping lapangan untuk tidur siang sampai Kura-kura mengejarnya. Sementara itu, kura-kura terus berjalan perlahan, namun mantap. Dia bertekad untuk tidak menyerah. Setelah beberapa saat, dia melewati tempat di mana Kelinci sedang tidur. Pada akhirnya, kura-kura menang.
Pesan moral: "Pelan dan mantap memenangkan perlombaan."

The Fox and the Crow

Suatu hari, seekor Rubah sangat lapar, dan dia sedang mencari sesuatu untuk dimakan. Kemudian, dia melihat seekor Gagak duduk di dahan pohon yang paling tinggi. Gagak memiliki sepotong keju di paruhnya. "Selamat pagi, Nyonya Gagak," teriaknya. "Seberapa baik penampilanmu hari ini! Betapa mengkilapnya bulumu! Betapa cerahnya matamu! Aku yakin suaramu pasti melebihi suara burung lain, sama seperti sosokmu. Biarkan aku mendengar satu lagu darimu agar aku bisa menyapamu sebagai Ratu Burung."

Mendengarkan kata-kata menyanjung ini, Gagak melupakan semua kecurigaannya, dan juga sarapannya. Dia sangat ingin disebut Ratu Burung. Jadi, Gagak mengangkat kepalanya dan mulai mengeluarkan suara terbaiknya, tetapi saat dia membuka mulutnya, potongan keju itu jatuh ke tanah, hanya untuk diambil oleh Rubah.
Pesan moral: "Jangan pernah jatuh cinta pada kata-kata yang menyanjung."

Demikian ulasan pengertian cerita fabel, karakteristik, tujuan, dan contoh-contoh cerita fabel. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya