Contoh Surat Rekomendasi yang Baik dan Benar, Pahami Strukturnya!

Ilustrasi menulis.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Edukasi – Kamu mungkin pernah disuruh untuk membuat contoh surat rekomendasi bagi seseorang yang akan melamar pekerjaan, magang, perguruan tinggi atau universitas, jabatan tertentu, atau keperluan yang lainnya. Tujuan membuat surat rekomendasi ini adalah untuk menguatkan apa yang sudah dipelajari mengenai orang tersebut dan memberikan rincian positif tambahan mengenai kinerja atau kebiasaan orang yang direkomendasikan. 

Pilkada 2024 Golkar Rekomendasikan 14 Lembaga Survei ke Daerah, Ada yang Dukung Anies dan Ganjar

Di sisi lain, nantinya kamu juga mungkin harus meminta seseorang untuk menuliskan surat rekomendasi untuk diri kamu. Pertimbangkan untuk meminta surat rekomendasi dari mantan manajer, kolega, guru, mentor, klien, atau mungkin vendor kamu. Mereka juga perlu seseorang yang mempunyai hubungan kerja positif dengan diri kamu. 

Selain itu, mereka bisa dengan serius mendiskusikan keterampilan dan kemampuan kamu. Siapa saja yang kamu putuskan untuk bertanya, bicarakan dengan mereka terlebih dahulu mengenai permintaan kamu, kemudian kirim email formal dengan detail yang jelas. Jangan lupa untuk menyertakan resume, deskripsi pekerjaan, detail pengiriman, dan tenggat waktunya. 

Bank Indonesia Salurkan Beasiswa untuk 305 Penerima Program GenBi 2024

Pengertian Surat Rekomendasi

Ilustrasi Menulis

Photo :
  • pixabay.com
Mandor Bangunan Gantung Diri, Tinggalkan Surat untuk Pacar dan Klien

Contoh surat rekomendasi adalah sebuah surat referensi yang menjamin seseorang menurut karakteristik atau kualifikasi. Surat rekomendasi harus menjelaskan tentang kualitas unik seseorang, potensi kepemimpinan, sampai integritas. Surat rekomendasi akan sangat membantu untuk melengkapi aplikasi yang diajukan oleh pemohon. 

Meminta atau menulis surat rekomendasi yang kuat dari dan sebagai seorang guru, konselor, manajer, atau rekan kerja bisa membantu para pelamar menjadi tampak lebih unggul dalam persaingan mereka. Lebih jelasnya, surat rekomendasi ini merupakan jenis surat yang dibuat oleh seseorang yang mempunyai jabatan lebih tinggi di suatu instansi maupun organisasi. 

Tujuan utamanya adalah untuk memberikan keterangan atas individu yang meminta surat rekomendasi tersebut. Dengan begitu, surat tersebut dapat dipakai untuk menguatkan, menyatakan atau membenarkan sebuah hal sehingga pemohon surat bisa dipercaya. 

Fungsi Surat Rekomendasi

Ilustrasi menulis esai (pexels/Zen Chung)

Photo :
  • vstory

Surat rekomendasi ini memainkan peranan penting untuk mengomunikasikan dan mengungkapkan informasi mengenai seseorang. Contoh surat rekomendasi bermanfaat untuk memberikan bukti tambahan mengenai keterampilan dan juga karakter seseorang. Pengamatan dan rekomendasi tersebut akan membantu perekrut dan manajer rekrut.

Tim rekrutmen nantinya akan mendapatkan pandangan yang lebih baik mengenai pelamar dan potensi mereka untuk berhasil lebih jauh lagi. Bahkan, dengan mempunyai surat rekomendasi bisa meningkatkan peluang untuk memperoleh pekerjaan. Lebih jauh, surat rekomendasi ini bukan hanya sebagai pelengkap, tapi mempunyai fungsi yang penting. 

  • Memberikan dukungan moral lantaran isi surat mengakui capaian prestasi, kemampuan yang mumpuni, dan segala nilai positif yang dimiliki oleh pemohon surat. 
  • Menjadi bahan pertimbangan untuk pihak penerima surat untuk menerima pelamar yang bersangkutan. 
  • Mendorong adanya jalinan kerja sama antara pihak pengirim surat dengan penerima surat. 
  • Memudahkan seseorang dalam memperoleh pekerjaan baru. 
  • Mempermudah pelajar untuk mendapatkan beasiswa atau jurusan yang diinginkan. 

Jenis-jenis Surat Rekomendasi 

Ilustrasi belajar menulis | istock

Photo :
  • U-Report

Surat rekomendasi ini dibuat untuk memberikan impresi yang kuat untuk sejumlah pribadi dengan kepentingan masing-masing. Tidak heran bila surat ini terdiri atas beberapa kategori yang didasarkan pada tujuan pemakaian. Supaya lebih jelas, berikut adalah beberapa jenis surat rekomendasi. 

Rekomendasi Kerja

Jenis surat rekomendasi yang pertama ini biasanya dibuat oleh atasan untuk memberikan penjelasan mengenai pegawai yang memohon surat tersebut. Sementara untuk perusahaan, surat ini adalah dokumen penting yang mempunyai banyak fungsi. Karena menjelaskan status pegawai saat itu sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan HRD dalam mencari pekerja. 

Rekomendasi Beasiswa

Biasanya, contoh surat rekomendasi ini diperlukan oleh para pelajar yang menargetkan jenis beasiswa tertentu. Misalnya adalah beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, beasiswa keringanan biaya pendidikan, beasiswa penelitian dan beasiswa pertukaran pelajar. 

Rekomendasi Sekolah

Surat rekomendasi ini adalah untuk melanjutkan pendidikan. Misalnya, ada seorang mahasiswa yang ingin melanjutkan ke program S2, maka ia memerlukan rekomendasi kuliah S2 dari kampus sebelumnya. Selain itu, untuk yang akan pindah sekolah juga membutuhkan surat tersebut. Dengan demikian, pihak sekolah yang dituju akan meyakini bahwa siswa itu berkeluan baik. 

Struktur Surat Rekomendasi

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • U-Report

Setiap organisasi maupun perusahaan mempunyai persyaratan format surat rekomendasi yang berbeda-beda. Pastikan kamu bertanya kepada pemohon tentang pedoman khusus. Secara umum, contoh surat rekomendasi ini terdiri atas tiga bagian, mulai dari pendahuluan, isi dan penutup. Surat-surat ini lebih profesional dan langsung. 

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Ilustrasi menulis.

Photo :
  • Pixabay/ StartupStockPhotos

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : …………………………………………………………..

NPP : …………………………………………………………..

Jabatan : Dekan Fakultas… atau Ketua Program Studi…

Unit Kerja : Fakultas… atau Program Studi…. Universitas ………………

Dengan ini memberikan rekomendasi terhadap mahasiswa di bawah ini

Nama :

NPM :

Program Studi :

Fakultas :

Untuk mengikuti Program Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi periode tahun …… dan bahwa kondisi dan syarat-syarat yang telah ditentukan telah dipenuhi oleh yang bersangkutan.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagai mestinya.

…………….., ………………

Dekan Fakultas… atau Ketua Program Studi…

(nama lengkap pejabat yang bersangkutan)

Film Mukidi

7 Rekomendasi Film Menarik untuk Temani Liburan Kamu

Ada sederet film menarik yang wajib kamu tonton untuk mengisi waktu liburan. Mulai dari uji nyali dengan cerita horor viral Di Ambang Kematian hingga kisah komedi MUKIDI.

img_title
VIVA.co.id
8 April 2024